Palawija Tanaman Penghasil Untung Petani

palawija, tanaman, penghasil, untung, petani

Palawija Tanaman Penghasil Untung Petani. 08125222117 WA / SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO jual kebutuhan petani murah dan lengkap. Kami menyediakan benih tanaman, pestisida, pupuk, zpt, dll dengan harga murah.

LMGA AGRO bekerja sama dengan berbagai perusahaan jasa logistik nasional terpercaya di Indonesia. LMGA AGRO bekerja sama dengan JNE, JNT, KI8, Wahana, Pos Indonesia, Indah Logistik, dll. Kami memberikan jaminan bahwa semua pesana yang Kami kirimkan akan sampai ke alamat tujuan.

Palawija. Banyak orang yang mungkin sudah sering mendengar kata ini. Lalu apa sebenarnya arti dari kata palawija ini ??

Palawija

tanaman, palawija, bercocok tanam, petani

Palawija adalah sebuah istilah tentang pertanian yang sangat populer di Indonesia. Secara harfiah, palawija berarti tanaman kedua. Istilah palawija ini berasal dari kata phalawidja dalam Bahasa Sansekerta.

Istilah palawija ini sering digunakan oleh petani di Pulau Jawa untuk menyebut tanaman pertanian selain padi. Palawija sering ditanam oleh petani setelah panen tanaman padi.

Tanaman Palawija

Beberapa tanaman palawija yang sering dimanfaatkan oleh petani yaitu :

  • Jagung

Jagung adalah salah satu tanaman penghasil karbohiart tinggi yang banyak dibudidayakan petani di Indonesia. Tanaman jagung merupakan komponen penting bagi penduduk Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Hal ini karena bagi mereka jagung dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok sehari – hari. Di masa sekarang jagung sudah menjadi komoditi penting sebagai pakan ternak.

Pemanfaatan lainnya bisa dengan contoh seperti sebagai bahan tepung maizena dan minyak pangan. Jagung juga menghasilkan berbagai produk dalam bidang industri farmasi, kecantikan, dan kimia.

Beberapa jenis jagung yang diketahui diantaranya yaitu :

  1. Jagung Hibrida

Jagung ini berasal dari pemuliaan dan persilangan antara jagung jantan dan jagung betina sehingga jagung hibrida ini memiliki keunggulan – keunggulan dari kedua induknya.

Keunggulan dari jagung hibrida adalah tingkat kapasitas produksinya cukup tinggi, yakni sekitar 8 – 12 ton per hektar. Sedangkan untuk kekeurangannya yaitu harganya yang cukup mahal sekitar 20 – 40 kali dari harga jagung konsumsi.

  1. Jagung Transgenik

Jagung transgenik adalah jagung yang proses pembuatannya berasal dari gen makhluk hidup agar menghasilkan varietas jagung unggulan yang tahan penyakit, tahan bahan kimia serta tahan hama. Sehingga jagung transgenik yang dihasilkan nantinya bisa menjadi tanaman super.

Keunggulan dari jagung transgenik yaitu tingkat kapasitas produksinya cukup tinggi yaitu sekitar 8 – 10 ton per hektar, tahan hama, penyakit serta bahan – bahan kimia.

Sedangkan untuk kekurangannya yaitu bibit jagung transgenik harus dibeli di toko pertanian dan tidak bisa diproduksi sendiri oleh petani karena dikhawatirkan akan menimbulkan banyak dampak negatif seperti kerusakan pada tanah, menimbulkan penyakit baru, serta membuat hama penyakit baru lebih kebal terhadap bahan kimia

  1. Jagung Komposit

Jagung Komposit adalah jagung lokal yang banyak ditanam petani jaman dulu. Keunggulan dari jagung komposit yaitu umurnya pendek, bisa ditanam berulang kali, tahan hama penyakit dan tidak menimbulkan ketergantungan.

Sedangkan untuk kekurangannya yaitu tingkat kapasitas produksinya cukup rendah yakni hanya sebesar 3 – 5 ton per hektar.

Baca Juga : Perangkap Lalat Buah Yellow Trap Murah dan Efektif

  • Kentang

Kentang merupakan salah satu dari banyak tanaman palawija yang sering ditemui di pasar dan menjadi kebutuhan sehari – hari. Bagian dari tumbuhan ini yang dimanfaatkan adalah bagian umbinya yang terletak di batangnya.

Tumbuhan ini masih merupakan keluarga dari Solanaceae. Di waktu umur tanaman kentang sekitar 3 – 4 bulan tanaman ini akan berbunga. Warna dari bunga tanaman kentang bisa bermacam- macam, contohnya seperti merah, pink, biru, ungu, ataupun bisa juga berwarna putih.

Kandungan nutrisi dari kentang yaitu asam folat, vitamin C, vitamin B, vitamin A, karbohidrat, polifenol, karotenoid, zat besi, kalium, fosfor dan protein.

Karbohidrat dalam kentang berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh, vitamin C berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan membantu penyerapan zat besi, dan zat fosfor berfungsi untuk mengurangi nyeri otot selesai berolahraga.

  • Kedelai

Kedelai merupakan tanaman yang masih masuk dalam keluarga polong – polongan. Kedelai banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman seperti tahu, tempe, kecap dan susu kedelai. Berdasarkan sejarah, diketahui bahwa budidaya kedelai sudah dilakukan sejak 3500 tahun lalu di daerah Asia Timur.

Kedelai  memiliki banyak nutrisi seperti protein, gula, lemak, kalsium, magnesium, sodium, zat besi, dll. Zat besi berfungsi sebagai penyalur oksigen dari paru – paru ke seluruh tubuh, magnesium berfungsi untuk membantu penyerapan vitamin D dan kalsium, dan lemak berfungsi sebagai cadangan tenaga bagi tubuh.

  • Singkong

Singkong merupakan tanaman yang sudah banyak dikenal luas masyarakat. Banyak bagian dari singkong untuk bisa dimanfaatkan. Diantara dari bagian – bagian itu yaitu bagian akar dan daunnya.

Bagian akar merupakan tempat dimana umbi nya disimpan. Umbi singkong sering digunakan sebagai bahan makanan karena merupakan sumber karbohidrat. Contohnya seperti makanan singkong rebus, ketela goreng, kolak, dll.

Bagian daun juga dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Daun singkong bisa diolah sebagai sayur atau bisa digunakan sebagai lalapan.

  • Wortel

Wortel merupakan tanaman sayur dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari. Bagian dari wortel yang dimanfaatkan adalah akarnya. Akar wortel adalah tempat wortel menyimpan cadangan makanan.

Nutrisi dalam wortel sangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Nutrisi di dalam wortel yatu seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B9, A (bermanfaat bagi kesehatan mata), kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, sodium dan kalium.

Vitamin B2 berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, kalsium bermanfaat dalam mencegah penyakit osteoporosis, dan vitamin B6 berfungsi menjaga kesehatan otak dan sistem syaraf tubuh.

  • Mentimun

Mentimun dikenal sebagai tanaman sayur dan banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari. Mentimun adalah tanaman sayur yang masih keluarga dari suku labu – labuan (Cucurbitaceae).

Buah dari tanaman inilah yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Mentimun bisa dijumpai dalam berbagai masakan dari seluruh dunia. Kandungan air dalam mentimun cukup banyak sehingga sangat segar untuk dikonsumsi.

Selain untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan, timun juga bisa digunakan sebagai bahan kecantikan. Bisa langsung digunakan pada wajah ataupun diolah terlebih dahulu menjadi produk kecantikan.

Kandungan nutrisi didalam timun seperti vitamin B, vitamin C, vitamin A, kalium, magnesium, silika, dan mangan. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, kekebalan tubuh serta pertumbuhan tubuh, vitamin C membantu merawat kesehatan tulang dan gigi, dan kalium berfungsi mengendalikan tekanan darah serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

  • Gembili

Gembili adalah tanaman sayur dan termasuk ke dalam keluarga suku gadung – gadungan (Dioscoreaceae). Gembili banyak ditanam di daerah pedesaan meskipun kini sudah jarang ditemui.

Gembili biasa dimanfaatkan sebagai bahan makanan ataupun diolah menjadi olahan lain, contohnya seperti tepung. Tepung gembili mampu digunakan sebagai bahan baku makanan ringan.

Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat. Daunnya berwarna hijau dengan batang berduri di sekitar umbi untuk melindungi umbi tersebut. Waktu panen umbi ini adalah sekitar 7 – 8 bulan dari waktu tanam.

Biasanya umbi gembili memiliki berat sekitar 100 – 200 gr dengan diameter berkisar 4 cm dan terdiri dari 5 – 20 umbi dalam satu permukaan tanah. Bentuk umbinya bulat dan juga bisa lonjong dengan permukaannya yang licin.

Daging umbinya berwarna putih keruh hingga putih bersih, sedangkan warna kulitnya krem sampai coklat muda. Ketebalan kulit umbi ini cukup tipis, yakni sekitar 0,04 cm. Hal ini tentu membuat kulit umbi gembili ini mudah untuk dilepaskan

  • Kacang Panjang

Kacang panjang adalah tanaman palawija dari keluarga kacang – kacangan dan banyak dimanfaatkan sebagai menu sayur dalam makanan di Indonesia. Bagian dari kacang hijau yang banyak dimanfaatkan adalah buahnya yang masih muda.

Kacang panjang selain sebagai bahan makanan juga dimanfaatkan sebagai obat. Kacang panjang diketahui dapat mengobati batu ginjal, leukemia, kanker payudara, gangguan saluran air kencing, meningkatkan nafsu makan, mengatasi rematik, kurang darah, penyakit demam berdarah dll.

Nutrisi dalam kacang panjang banyak sekali dan bermanfaat bagi tubuh. Protein, karbohidrat, lemak adalah beberapa nutrisi yang dimiliki kacang panjang.

Karbohidrat bermanfaat sebagai sumber tenaga bagi tubuh, lemak berfungsi untuk membantu menyehatkan kulit dan rambut, dan protein berfungsi sebagai pengatur metabolisme tubuh.

Baca Juga : Melon Kuning Alisha Tahan Virus

  • Talas

Talas merupakan tanaman sejenis ubi – ubian dan sering dijumpai di Indonesia. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan. Budidaya talas diketahui telah dilakukan sejak zaman purba.

Dan kini talas sudah menyebar dan bisa dijumpai di banyak tempat di dunia seperti Afrika Barat, China dan India. Bahkan beberapa kepulauan di Oceania sudah menjadikan tanaman talas sebagai makanan pokok.

  • Oyong

Oyong atau gambas merupakan tanaman sayur yang masih dalam keluarga labu – labuan. Budidaya oyong atau gambas biasa dilakukan di pekarangan rumah ataupun lahan lain yang lebih luas.

Bagian dari tanaman ini yang dimanfaatkan sebagai sayur adalah buahnya.

Manfaat dari oyong diantaranya yaitu mampu menyembuhkan penyakit (asma, radang usus), meningkatkan kadar ASI ibu, mencegah pilek, memperlancar siklus menstruasi dan menurunkan kadar gula dalam darah.

  • Kacang Hijau

Kacang hijau adalah tanaman palawija yang banyak ditanam di daerah tropis. Kacang hijau masuk dalam suku polong – polongan (Fabaceae). Bagian dari kacang hijau yang banyak dimanfaatkan adalah bijinya.

Biji kacang hijau biasa dimanfaatkan sebagai bubur atau dimakan secara langsung setelah direbus. Biji kacang hijau yang ditanam dan menjadi kecambah saat masih muda sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan dikenal sebagai tauge.

Biji kacang hijau juga bisa digunakan sebagai isian onde – onde dan bakpao. Kacang hijau juga bisa menjadi bahan tepung biji kacang hijau / tepung hunkue. Tepung ini dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi mi.

Kandungan dari kacang hijau sangat bermanfaat bagi tubuh. Ada kalsium, vitamin B1, lemak, protein, dan juga fosfor. Kalsium dan fosfor bermanfaat untuk tulang agar tulang menjadi lebih kuat.

Kandungan lemak yang rendah cocok digunakan sebagai bahan minuman dan makanan karena akan membuat makanan dan minuman menjadi tidak berbau.

Kandungan vitamin B1 dalam kacang hijau sangat cocok untuk pria karena mampu menambah vitalitas pria. Sedangkan kandungan protein dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk membentuk, memperbaiki serta memperkuat sel – sel tubuh.

Manfaat Bertanam Palawija

manfaat, bertanam, palawija, tanaman

  • Kebutuhan Nutrisi Tercukupi

Kandungan banyak nutrisi dalam tanaman palawija memiliki banyak manfaat sebagai penghasil kebutuhan gizi bagi masyarakat. Nutrisi – nutrisi tersebut bermanfaat bagi tubuh untuk memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan daya ingat, sumber energi bagi tubuh, dll.

  • Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Palawija bisa menjadi solusi utama bagi masyarakat yang ingin meningkatkan kondisi perekonomiannya menjadi lebih baik. Hal ini karena komoditas palawija memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran. Dengan harga jual tinggi tersebut maka sudah dipastikan jika penghasilan mereka akan bertambah dan kondisi perekonomiannya akan membaik.

Selain itu, jika harga jual komoditas tanaman utama mengalami penurunan maka komoditas palawija yang mempunyai harga jual tinggi bisa membantu menghasilkan keuntungan yang cukup untuk menutupi kekurangan dari harga jual komoditas tanaman utama.

  • Sebagai rotasi tanaman saat tanaman utama selesai dipanen

Salah satu fungsi atau manfaat utama dari tanaman palawija ini adalah sebagai rotasi saat tanaman utama (biasanya padi) sudah dipanen. Kekosongan lahan tersebut lah yang biasanya diisi dengan tanaman palawija

  • Kesuburan tanah tetap terjaga

Beberapa tanaman palawija memiliki kemampuan untuk menetralisir pH tanah. Dengan kemampuan tersebut, tingkat keasaman tanah tetap bisa dikendalikan.

Bahkan ada juga tanaman palawija yang mampu meningkatkan kesuburan tanah. Hal itu dilakukan dengan memanfaatkan simbiosis antara tanaman palawija dengan bakteri pemfiksasi nitrogen yang terdapat di udara

Cara Sukses Bertanam Palawija

Budidaya tanaman palawija bisa Anda manfaatkan sebagai penghasilan tambahan setelah Anda melewati masa panen padi.

Dengan kosongnya lahan pertanian setelah masa panen tanaman utama maka tidak ada salahnya jika bercocok tanam dengan tanaman palawija anda lakukan di lahan pertanian Anda.

Untuk sukses bertanam tanaman palawija, ada beberapa hal – hal yang harus diperhatikan agar sukses budidaya palawija. Hal – hal tersebut diantaranya yaitu :

  • Perhatikan waktu tanam palawija

Waktu tanam palawija yang baik adalah di saat musim penghujan. Dan tentu saja penanaman palawija dilakukan setelah tanaman utama atau kosongya lahan pertanian tanaman setelah waktu panen

  • Fokus mengembangkan usaha

Budidaya palawija sebagai sebuah usaha perlu terus untuk dikembangkan. Fokus mengembangkan budidaya tanaman palawija selalu harus jadi fokus utama agar berhasil dan sukses mengembangkan usaha ini

  • Tanam beberapa jenis palawija

Menanam beberapa jenis palawija dilakukan untuk menghindari jika harga jual palawija cukup rendah di pasaran. Ini dilakukan agar petani palawija tidak mengalami kerugian yang besar

Baca Juga : Budidaya Buncis Dengan Baik Dan Benar

Belanja Online Benih Tanaman Palawija Murah dan Lengkap di LMGA AGRO

belanja, online, benih, tanaman, palawija, murah, lengkap

Belanja Online Benih Tanaman Palawija Murah dan Lengkap hanya di Toko Pertanian LMGA AGRO. Semua benih palawija tersedia lengkap dengan harga murah.

LMGA AGRO siap mengirim benih tanaman palawija sampai ke alamat tujuan. LMGA AGRO bekerjasama dengan perusahaan jasa logistik nasional terpercaya di Indonesia untuk mengirimkan semua pesanan Anda.

Toko Pertanian LMGA AGRO juga memberikan layanan konsultasi pertanian bagi Anda. LMGA AGRO memberikan pelayanan terbaik untuk semua konsumen LMGA AGRO. Langsung saja meluncur ke LMGA AGRO untuk mendapatkan semua keperluan pertanian Anda.

Toko Pertanian LMGA AGRO bisa Anda hubungi melalui CP. 082141747141 (Khusus Layanan Telepon) atau bisa juga melalui CP. 08125222117 (Khusus Layanan WA / SMS). LMGA AGRO toko online pertanian terpercaya di Indonesia.

Sekian artikel tentang Palawija Tanaman Penghasil Untung Petani ini saya tulis dan sampaikan. Apabila ada hal – hal yang kurang jelas Anda bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon yang tertera di atas. Semoga artikel ini membawa manfaat untuk semua pembaca. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *