Sayuran Organik Peluang Budidaya Menguntungkan

sayuran, organik, peluang, budidaya, usaha, menguntungkan

Dan dengan harga cabai yang sering melonjak di pasaran sudah tentu budidaya cabai bisa menjadi pilihan dan solusi terbaik untuk dibudidayakan.

Cabai memiliki banyak varian, diantaranya yaitu cabai rawit, cabai merah, cabai setan, paprika, cabai gendot, dll.

Kangkung banyak dijumpai di pasar – pasar tradisional. Kangkung banyak dijumpai di daerah – daerah Asia . Habitat dari tanaman kangkung ini bisa ditemui di daerah – daerah berair seperti sawah, tepian parit ataupun parit itu sendiri.

Sayur kangkung bisa menjadi opsi alternatif jika Anda ingin budidaya sayuran organik. Budidaya kangkung ini memiliki masa panen yang relatif cepat. Masa panen kangkung yaitu sekitar 6 minggu setelah waktu tanam.

Banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat di dalam tanaman kangkung. Nutrisi – nutrisi yang terkandung di dalam kangkung yaitu lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, protein, serat, dll.

Dengan kandungan nutrisi yang banyak tersebut maka tidak salah jika kangkung cocok sekali dikonsumsi oleh tubuh.

  • Bayam

Bayam adalah jenis tumbuhan sayuran berdaun yang berasal dari Benua Amerika dan sekarang telah mencapai ke seluruh penjuru dunia. Sayur bayam ini adalah salah satu jenis sayur yang paling banyak dibudidayakan dalam budidaya sayuran organik.

Tanaman bayam ini semakin banyak disukai oleh masyarakat dan anak – anak dengan adanya serial kartun Popeye yang sempat tayang di Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Kandungan nutrisi dari bayam ini cukup banyak dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Nutrisi yang dimiliki dari bayam beberapa diantaranya yaitu vitamin C, vitamin A, magnesium, sodium, kalium, fosfor, kalsium, zat besi, karbohidrat, niacin, thiamin, riboflavin, dll.

  • Selada

Selada merupakan jenis tumbuhan sayur yang biasa ditanam di daerah tropis. Selada banyak dimanfaatkan sebagai salad. Tanaman salad berasal dari daerah daerah lembah timur Laut Tengah. Hal Ini didasarkan dari lukisan pemakaman zaman Mesir Kuno dimana menunjukkan bahwa tanaman selada sudah ditanam sejak 4500 SM.

Mungkin pada awalnya selada tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di zaman itu sebagai bahan makanan. Namun seiring berjalannya waktu secara perlahan selada mulai bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat, minyak dan sebagai bahan makanan.

  • Terong

Terong adalah satu jenis tumbuhan yang berasal dari daerah India dan Sri Lanka. Tanaman terong biasa ditanam dengan jarak waktu tanam dengan panen sekitar satu tahun. Daunnya berukuran besar dan memiliki lobus yang kasar. Panjang ukurannya bisa mencapai 10 – 20 cm dan memiliki lebar sepanjang 5 – 10 cm.

Tanaman terong sudah dikenal sejak zaman prasejarah. Budidaya tanaman terong diketahui pertama kali di bagian selatan dan timur Asia, namun baru dikenal peradaban Barat sekitar tahun 1500 – an. Tanaman terong buahnya memiliki varian warna. Beberapa warna buah terong yang banyak dijumpai yaitu ungu, hijau, dan putih.

  • Wortel

Wortel adalah tanaman sayur biennial (memiliki siklus hidup 12 – 24 bulan). Bagian dari wortel yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah umbinya. Budidaya wortel agar lebih optimal harus dilakukan di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 1000 mdpl dan memiliki temperature rata – rata 15 – 21 derajat Celsius.

  • Sawi

Sawi merupakan tanaman sayur berasal dari marga Brassica. Bagian dari sawi yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan adalah bagian daunnya.

One Comment on “Sayuran Organik Peluang Budidaya Menguntungkan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *