Tanaman Tomat dan Cara Menanam Tomat Di Musim Hujan

Tips Cara Budidaya Tomat Di Musim Hujan

Cara tanam tomat musim hujan di kebun memiliki tantangan tersendiri bagi petani tomat dan juragan tomat. Menanam tomat di musim hujan dan perawatannya memerlukan keseriusan dan ketelatenan. Mengingat resiko gagal panen atau tanaman rusak lebih besar.

Berikut ini beberapa hal yang perlu petani perhatikan dalam tanam tomat di musim hujan agar berhasil panen.

1. Tips cara pemupukan tomat saat musim hujan, termasuk penggunaan pupuk untuk tomat yang tepat.
  • Gunakan pupuk untuk tomat yang mengandung kadar Magnesium, Kalsium, Phosphat, Kalium lebih tinggi dari pupuk yang petani gunakan pada musim kemarau. Hal ini untuk mencegah layu pada organ tanaman tomat.
  • Kurangi hingga hindari penggunaan pupuk organik seperti pupuk kandang, karena bisa memicu pertumbuhan OPT dari tanah lebih cepat pada musim hujan. Gunakan pupuk anorganik seperti NPK, KCL, TSP.
  • Pemupukan dengan cara petani tanam pada lubang pupuk, 10 cm dari pohon tomat. Sebanyak setengah genggaman tangan, setiap 2 minggu sekali. Hindari penggunaan cara penyebaran, karena bisa hanyut terbawa hujan.
2. Tips cara merawat tomat di musim hujan meliputi pengaturan drainase, penyiangan, pembubunan/pendangiran dan pengaturan kelembaban tanah.
  • Cara merawat tomat di musim hujan bisa petani lakukan dengan mengatur kebutuhan air pada lahan budidaya tanaman tomat, untuk menghindari terjadinya genangan air berlebih akibat hujan. Dengan cara sistem buka tutup pengairan pada parit lahan. Dan membuat akses buang air bila hujan turun deras.
  • Hal ini berkaitan dengan pengaturan kelembaban tanah akibat dari besar kecilnya volume air pada lahan bedengan. Suhu tanah, pH tanah, unsur hara tanah tetap terjaga karena tidak tererosi oleh limpahan air. Sehingga tanaman terjaga dari kelayuan.
  • Lakukan pembubunan tanaman tomat/pendangiran dengan memperbaiki lahan sekitar bedengan yang tergerus air hujan. Dengan petani cangkul dan petani gemburkan, akan membantu transportasi air pada jaringan akar tanaman tomat.
  • Lakukan penyiangan juga pada saat pendangiran, dengan mencabuti tanaman pengganggu seperti gulma. Lakukan lebih sering mengingat musim hujan pertumbuhan gulma akan cepat tak terkendali.
3. Tips cara pengendalian hama dan penyakit tanaman tomat baik dengan penggunaan pestisida maupun sanitasi lingkungan budidaya tomat.
  • Gunakan Bakterisida dan Fungisida untuk tomat di musim hujan agar mampu mengendalikan Layu Jamur dan Layu bakteri. Semisal penggunaan Arashi. Untuk informasi mengenai hama penyakit dan cara penanganan serta pestisida yang dibutuhkan bisa menghubungi LMGA AGRO.
  • Menjaga sanitasi lingkungan budidaya tanaman tomat petani perlukan dengan cara mencabut tanaman yang mati terserang penyakit parah. Memperlancarkan saluran irigasi, membersihkan sampah yang terbawa hujan. Agar tanaman tomat bisa tumbuh subur.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Hibrida Harga Murah Terpercaya

Cara Menanam Tomat Pada Budidaya Tomat

TANAMAN TOMAT, CARA MENANAM TOMAT, JURAGAN TOMAT, BIBIT TOMAT, JUAL BIBIT TOMAT, LMGA AGRO
Tanaman Tomat Siap Panen

Pada kesempatan ini juga perlu juga kami sertakan mengenai bagaimana cara tanam tomat untuk budidaya tomat dengan hasil buah tomat yang melimpah. Tentunya perlu mengetahui syarat tumbuh dari tanaman tomat terlebih dahulu. Dan tidak lupa menyesuaikan dengan tips cara menanam tomat di musim hujan diatas.

Pemilihan varietas tomat musim hujan atau benih tomat yang tahan kondisi cuaca serta penyakit yang dapat terjadi pada musim hujan. Adaptasi untuk lahan tanamnya, kondisi struktur unsur hara tanah, dan terpenting apakah kawasan sudah terserang virus Gemini apa belum.

Selain itu perhitungan anggaran yang petani butuhkan selama proses budidaya serta antisipasinya apabila muncul biaya operasional mendadak, perlu juragan tomat siapkan. Hal ini perlu petani cermati terlebih dahulu sebelum mulai menanam benih tomat. Untuk menghindari kegagalan dalam budidaya tomat nantinya.

Tanaman tomat dulu yang sering budidaya adalah Juragan Tomat yang ada di Pasar Induk sayur. Juragan tomat selain budidaya tomat sendiri juga memberi pinjaman modal berupa benih tomat ke petani yang menjadi mitranya. Juragan tomat akan memberi panjaman benih tomat terbaik kemudian panen buah tomat akan pedagang ambil untuk selanjutnya masuk ke proses distribusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *