JUAL BENIH CABE KERITING HELIX HIBRIDA F1 KAPAL TERBANG

Syarat Tumbuh Menanam Cabe Keriting HELIX

Tanaman cabe keriting HELIX menginginkan suhu udara yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu lembab. Suhu lingkungan berada pada kisaran 24 – 27 °C, bila di fase pembentukan buah suhu lingkungan yang diinginkan adalah pada kisaran 16 – 23 °C.

Semua jenis tanah yang cocok untuk budidaya tanaman lain, maka cocok pula untuk menanam cabe keriting. Agar kualitas dan kuantitas hasil dapat maksimal, maka jenis tanah yang baik adalah yang subur, gembur, kaya akan organik, tidak mudah becek ( menggenang ), bebas cacing ( nematoda ) dan penyakit tular tanah. Kisaran pH tanah yang ideal antara 5,5 – 6,8.

PERSIAPAN MENANAM CABE KERITING HELIX

  1. Lahan penanaman diolah dan digemburkan dengan cara dicangkul atau dibajak sedalam 30 cm. Tebarkan pupuk kandang sebanyak 0,5 – 1 ton per 1000 m² dan disebarkan merata pada lahan sebelum penanaman.
  2. Setelah digemburkan dan disebarkan pupuk kandang, lahan dibiarkan selama 1 minggu.

  3. Apabila pH tanah masih asam, dapat ditambahkan Dolomit 0,25 ton per 1000 m² dan disebarkan merata.

  4. Selanjutnya dibuat bedengan lebarnya 100 cm, parIt lebarnya 80 cm dan jarak antar bedengan 60 cm, tinggi bedengan 30 – 40 cm.

  5. Setelah 1 minggu, bedengan sebaiknya ditutup dengan mulsa plastik hitam perak. Sebelum ditutup mulsa, bedengan disiram air hingga lembab. Fungsi mulsa adalah untuk mengendalikan pertumbuhan gulma, menekan erosi dan menjaga agar tanah tetap lembab. Beberapa hama juga dapat dikendalikan dengan adanya mulsa.

  6. Beberapa hari sebelum pemindahan bibit, pada mulsa diberi lubang tanam. Lubang tanam dibuat model zig-zag dengan ukuran 50 – 60 cm, dibuat 2 baris dalam 1 bedengan dan jarak antar baris 60 cm. Lubang tanam dibuat zig-zag tidak sejajar untuk meningkatkan penetrasi sinar matahari dan sirkulasi udara.

BACA JUGA : CABAI KERITING 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *