Tips Menggunakan Pestisida Yang Baik Dan Benar

  • Pestisida kontak, merupakan pestisida yang cara kerjanya akan bereaksi saat bersentuhan dengan hama. Kelebihan pestisidadaconil, fungisida, pestisida, lmga agro, toko pertanian, jual pestisida murah kontak adalah reaksinya langsung, tidakmenunggu hama memakan bagian tanaman. Kekurangannya adalah bisa hilang bila tersiram air. Pestisida ini cocok untuk tanaman yang telah terserang hama.
  • Pestisida sistemik, merupakan pestisida yang dapat masuk dan terserap tanaman, sehingga tanaman akan menjadi racun bagi hama yang memakannya. Kelebihan pestisida sistemik adalah tidak mudah hilang bila tersiram air. Kekurangannya adalah menunggu ada hama yang memakan bagian tanaman, baru terjadi reaksi. Pestisida ini cocok untuk pencegahan.

Cara Penggunaan Pestisida Yang Tepat Guna

TIPS MENGGUNAKAN PESTISIDA YANG BAIK DAN BENAR

Pengertian  menarik yang menyatakan bahwa pestisida adalah racun ekonomis. Jadi Pestisida adalah racun yang mempunyai sifat ekonomis, penggunaan pestisida dapat memberikan keuntungan, tetapi juga dapat mengakibatkan kerugian.

Pengalaman menunjukan bahwa penggunaan pestisida sebagai racun, sebenarnya lebih merugikan banding menguntungkan, yaitu dengan munculnya berbagai dampak negatif akibat dari penggunaan pestisida tersebut. Karena alasan tersebut, maka dalam penggunaan pestisida harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Penggunaan Pestisida hanya sebagai alternatif terakhir, apabila belum menemukan cara pengendalian daya racun rendah dan bersifat selektif.
  2. Apabila terpaksa menggunakan pestisida, maka gunakan pestisida yang mempunyai daya racun rendah dan bersifat selektif.
  3. Apabila terpaksa menggunakan pestisida, lakukan secara bijaksana.

Penggunaan Pestisida secara bijaksana adalah penggunaan pestisida yang memperhatikan prinsip 5 (lima) tepat, yaitu :

1. Tepat Sasaran

Menentukan terlebih dahulu untuk pengendalian jenis tanaman dan hama sasarannya, sebaiknya tentukan pula unsur-unsur abiotik dan biotik lainnya. Sasaran yang tepat akan mempermudah dalam usaha pengendalian hama dan penyakit yang ada.

2. Tepat Jenis

Setelah mengetahui hasil analisis agro ekosistem, maka dapat menentukan pula penggunaan jenis pestisida apa nantinya, misalnya : untuk hama serangga gunakan insektisida, untuk tikus gunakan rodentisida, untuk nematode gunakan nematisida, untuk bakteri gunakan bakterisida atau jenis pestisida sesuai dengan sasaran.

Pilihlah pestisida yang paling tepat antara sekian banyak pilihan, misalnya : untuk pengendalian hama ulat grayak pada tanaman kedelai. Berdasarkan Izin dari Menteri Pertanian tersedia ± 150 nama dagang insektisida.

Jangan menggunakan pestisida tidak berlabel, kecuali pestisida botani racikan sendiri yang membuatnya berdasarkan ketetapan anjuran yang ada sesuai pilihan tersebut dengan alat aplikasi yang tersedia atau akan tersedia.

Pengaplikasian Pestisida

3. Tepat Waktu

Waktu aplikasi adalah pilihan rentang waktu yang tepat untuk mengaplikasikan pestisida. Pestisida paling tepat jika pengaplikasian pada saat organisme pengganggu tanaman berada pada stadium paling peka terhadap pestisida. Aplikasi pada waktu yang tepat juga seringkali lebih murah dan lebih aman. Harus menetukan waktu pengendalian yang paling tepat berdasarkan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *