MERAUP UNTUNG BUDIDAYA KENIKIR

Benih, benih kenikir, murah, budidaya kenikir, lmga agro, toko pertanian, jual benih
Budidaya Kenikir

MERAUP UNTUNG BUDIDAYA KENIKIR. Tentunya dengan cara budidaya yang tepat dan pemasaran hasil panen yang lancar.

Toko Online Pertanian LMGA AGRO menjual benih kenikir berkualitas, harga murah. Hubungi 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.(Rev.13-01-21)

Tanaman sayuran indigenous merupakan tanaman yang berasal dari suatu wilayah atau ekosistem tertentu. Kemudian proses pengenalan dan dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan asli Indonesia sehingga dapat masyarakat Indonesia konsumsi.

Perkembangan Budidaya Kenikir

Tanaman sayuran indigenous pada umumnya terkenal terlebih dahulu oleh masyarakat karena khasiatnya sebagai obat. Kemudian dalam perkembangannya masyarakat mulai mencoba mengkonsumsinya sebagai sayuran.

Tanaman sayuran indigenous pada umumnya memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan tanaman sayuran lain seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serat, dan mineral.

Kenikir (Cosmos caudatus) merupakan sayuran indigenous berasal dari Amerika tropis yang tersebar luas pada daerah tropis. Tanaman kenikir dapat tumbuh dengan baik pada Indonesia sehingga sayuran ini juga tersebar pada beberapa daerah Indonesia.

Nama lain dari kenikir adalah Ulam Raja yang artinya sayuran raja yang terpakai pada bahasa Melayu, randa midang (Jawa Barat) dan daun suring (Medan). Tinggi tanaman kenikir bisa mencapai 2.5 m, merupakan tanaman setahun dengan daun–daun yang sederhana.

Daun tanaman kenikir tersusun bergantian sepanjang batang tanaman dengan bentuk ovate and pinnatisect atau bulat telur dan anak-anak daun tidak terpisah secara nyata pada tulang daun utama. Bunga-bunga mempunyai banyak petal, pada Negara subtropis berbunga dari bulan Juni sampai dengan Oktober.

Sedangkan pada daerah tropis seperti Indonesia, bisa tumbuh sepanjang tahun. Biji tanaman kenikir berbentuk seperti jarum berwarna hitam. Tanaman kenikir menyukai tempat tumbuh yang langsung terkena sinar dengan air yang cukup.

Daun kenikir memiliki manfaat sebagai penambah nafsu makan, obat lemah lambung dan untuk mengusir serangga. Manfaat daun kenikir untuk penambah nafsu makan caranya pakai +/- 100 gram daun segar kenikir, cuci, dan makan sebagai lalap.

Manfaat Kenikir

Daun kenikir mengandung saponin, flavonoida dan polifenol, tambah minyak atsiri. Daun kenikir memiliki manfaat sebagai sayuran berkhasiat obat karena memiliki kemampuan menetralisasikan radikal bebas.

Jenis kenikir yang dapat kita makan adalah Cosmos caudatus dengan bunga berwarna merah muda dan berukuran kecil, jenis lain adalah Cosmos sulphureus dengan rasa daun yang berbeda.

Kenikir (Cosmos caudatus) yang cukup akrab pada telinga masyarakat Jawa, sering menjadikan daun ini sebagai salah satu pelengkap sayuran pada pecel juga dapat untuk sayur lodeh.

Bagi orang Sunda, sering memakainya sebagai lalap atau trancam. Daun kenikir memiliki aroma yang cukup khas, sedikit wangi dan rasa yang agak getir.

Budidaya tanaman kenikir sangat mudah untuk melakukannya. Dapat membudidayakan pada lahan yang luas maupun hanya budidayakan pada perkarangan rumah. Pembudidayaan kenikir biasa menggunakan benih.

Benih kenikir cukup menebarkannya saja pada atas media tanam dan sehari setelah tebar akan langsung berkecambah. Sebaiknya saat akan budidaya kenikir, semai benih terlebih dahulu pada tray semai.

Setelah 2 minggu atau telah tumbuh 3-4 daun kenikir pada persemaian dapat pindah pada lahan budidaya. Kenikir panen pada bagian pucuk untuk konsumsi sebagai sayur maupun lalapan.

Kenikir dapat panen setelah berumur 3 minggu setelah tanam, dan kelebihan tanaman kenikir ini adalah pucuk kenikir dapat  panen secara berulang selang 1-2 minggu sampai tanaman tidak produktif.

Keunggulan lainnya, tanaman kenikir mudah tumbuh, tidak sulit pemeliharaannya dan bebas organisme pengganggu tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *