Penggunaan ZPT Tanaman Padi Terbaru Panen Meningkat

Dosis dan Aplikasi Pupuk ZPT

Dosis Aplikasi dan Kombinasi Pupuk :

Untuk dosis aplikasi biasanya ada dan tercantum dalam kemasan komersil produk berbahan aktif GA3, namun tidak semua merek merekomendasikan GA3 untuk tanaman padi. Demikian juga kandungan bahan aktif GA3 pada pasaran bermacam-macam, ada yang 5% dan ada pula yang 20% bahkan 40%.

Kondisi lingkungan juga berpengaruh, pemberian GA3 pada musim penghujan dengan musim tanam kedua juga berbeda.

Tanaman padi yang tumbuh pada lingkungan persawahan yang tanahnya subur butuh tambahan GA3 dalam jumlah sedikit banding pada padi yang tumbuh pada tanah yang miskin hara.

Padi, GA3, ZPT, Butir Padi, Rendemen Tinggi, Gibrellin, LMGA, AGRO, Toko, Pertanian, Online, Harga Murah, Jual
APLIKASI SUPER GIBB

Sebagai referensi, berdasarkan beberapa pengalaman petani dan penulis selama ini, dosis aplikasi untuk tanaman padi pada musim kedua (jawa : sadon) untuk Aplikasi pertama (3-35 HST) Tanki kapasitas 17 Liter menggunakan SUPER GIBB 40 SL yang mengandung 40% GA3 2.5 CC + 1 Sendok Makan Pupuk Magnesium Sulfat + 2 Sendok Makan Pupuk Kalium Nitrat + 1 Sendok Mono Kalium Phosphate + 20 Tetes Vitaflora (Tetes tanpa tekan).

Untuk aplikasi pemupukan yang kedua yaitu umur padi 55-60 HST penggunaan dosisnya adalah : Tanki kapasitas 17 Liter  menggunakan SUPER GIBB 40 SL yang mengandung 40% GA3 2.5 CC + 2 Sendok Makan Pupuk Magnesium Sulfat + 1 Sendok Makan Pupuk Kalium Nitrat + 2 Sendok Mono Kalium Phosphate + 30 Tetes Vitaflora (Tetes tanpa tekan).

Untuk aplikasi pada musim penghujan maka cukup GA3 (Super Gibb) dengan mengurangi dosisnya menjadi 1.5-2 CC.

Sebagai catatan tambahan, aplikasi GA3 pada tanaman padi sebaiknya telah terpupuk dan kondisi tanah tidak sedang kekeringan.

Kalau menggunakan Super Gib Tablet aplikasi pada tanaman padi bisa potong jadi 3 untuk musim kemarau dan potong jadi 4 untuk musim penghujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *