Penggunaan ZPT Tanaman Padi Terbaru Panen Meningkat

Waktu Aplikasi Pupuk ZPT Tanaman Padi

Waktu Aplikasi Hormon ( ZPT )

Pada kesempatan kali ini Hormon GA3 yang kita pakai adalah ZPT SUPER GIB 20 T (yang berbentuk Tablet) atau SUPER GIBB 40 SL (Berbentuk Cair).

Bisa memilih sesuai keinginan. Sebenarnya fungsi baik ZPT SUPER GIB 20 T maupun SUPER GIBB 40 SL adalah sama. Yaitu sebagai hormon/zat pengatur tumbuh bagi tanaman.

Cakupannya cukup luas, mulai dari memecah masa dormansi sampai memacu pembungaan.

Namun dalam budidaya padi, fungsi dari  GA3 Super Gib 20 T dan Super Gibb 20 SL penggunaannya untuk memperbanyak jumlah anakan produktif. Dan juga mempercepat (keseragaman) keluarnya malai.

Dengan demikian, waktu aplikasi GA3  Super Gib 20 T atau  Super Gibb 20 SL pada tanaman padi cukup 2 (dua) kali. Yaitu pada saat menyelesaikan fase vegetatif atau setelah fase perbanyakan anakan (tillering stage).

Yang dalam istilah jawa sering kita sebut mapak anak dan ketika malai mulai keluar (flowering stage).

Jika kita asumsikan pada tanaman padi berumur sedang, maka aplikasinya pada umur 30-35 dan 55-60 Hari setelah tanam.

Aplikasi ZPT Super Gib 20 T Dan Super Gibb 40 SL

GA3, ZPT, Super Gib, Tablet, Tanaman Padi, Cara Aplikasi, Dosis, Pupuk, Rendemen Tinggi, LMGA, AGRO, LMGA AGRO, Harga Murah, Toko Pertanian, OnlineAplikasi ini akan lebih bagus (meningkat sampai  30%) kalau petani kombinasi dengan pupuk Magnesium Sulfat (mengandung MgO 18% dan Sulfur 13%), Kalium Nitrat (mengadung N N03 13% dan K2O 45%) dan Mono Kalium Phosphate (mengandung P2O5 52% dan K2O 34%) dan Hara VITAFORA (Hara Mikro). Vitaflora berfungsi sebagai stimulator agar persentase bunga jadi buah menjadi tinggi.

Aplikasi yang pertama (Umur 30-35 HST) sebetulnya bukan menambah banyaknya anakan lagi. Tetapi mempercepat pertumbuhan anakan baru sehingga bisa menyamai bibit, anakan primer atau anakan sekunder.

Dengan pertumbuhan  seragam dan kompak, maka saat keluarnya malai anakan baru tidak tertinggal dari bibitnya, sehingga masa pemasakan bulir pun bersamaan.

Batang tanaman padi bisa memanjang secara optimal sehingga calon malai memungkinkan lebih panjang banding dengan tanaman yang berbatang pendek.

Aplikasi yang kedua ketika malai yang keluar sekitar 3–5% (umur 55-60 HST) dengan tujuan mempercepat dan menyeragamkan keluarnya malai.

Pada umumnya malai keluar 100% setelah 7 hari dari pertama malai muncul, dengan pemberian GA3 ZPT SUPER GIB 20 T (yang berbentuk Table ) atau SUPER GIBB 40 SL (Berbentuk Cair).

Dengan Kombinasi pupuk yang kita sebutkan pada atas, akan mempercepat antara 5–7 hari. Dengan kata lain, waktu panennya pun akan lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *