Cara Menanam Cabai Columbus Bebas Layu

1. Cara Menanam Cabai Columbus Sebelum Tanam

  • Sejarah Penggunaan Lahan

Kita semua harus mengetahui sejarah lahan yang akan kita gunakan untuk budidaya cabai Columbus.

Kita jangan menyewa lahan untuk berkebun cabe sebelumnya sudah digunakan untuk tanaman cabe atau tanaman yang masih satu famili dengan cabe.

Apalagi kalau lahan yang kita gunakan mempunyai sejarah banyak layu baik karena serangan jamur atau bakteri. Hindari hal yang seperti ini !!

Penyakit jamur hingga bakteri bisa bertahan lama dalam media tanah yang sudah tersebar spora kedua penyakit ini.

Karena hanya dengan mengetahui sejarah penggunaan lahan tersebut maka kita akan bisa menghindari dini penyakit layu pada mandiri bisnis tanaman cabe kita.

Apalagi harga benih cabe Columbus ini cukup tinggi di pasaran. Pilihlah lahan menanam cabai Columbus dari bekas tanaman padi, ini akan memberi hasil terbaik.

Setelah kita mendapatkan lahan hingga memastikan bahwa lahan bukan dari bekas tanaman cabai serta yang satu famili, maka langkah berikutnya adalah cara pengolahan lahan.

Cara menanam cabai Columbus agar terbebas dari serangan mati karena jamur dan bakteri harus memperhatikan cara pengolahan lahan.

Cara pengolahan meliputi : pembajakan, pengelantangan, pembuatan bedengan, pemberian pupuk dasar hingga aplikasi Arashi.

Mari kita bahas satu persatu bab pengolahan lahan ini. Sehingga petani serta pembaca semua bisa jelas dan mengerti.

Pembajakan lahan adalah salah satu cara menanam cabai Columbus agar terbebas dari serangan layu.

Pembajakan bertujuan untuk membalik tanah dan memperkecil struktur tanah sehingga aerasi dalam tanah akan bisa berlangsung baik.

Proses aerasi akan menyebabkan tanah kaya akan oksigen yang ini akan sangat di butuhkan perakaran tanaman serta hewan mikro dalam tanah.

Baca Juga : Menanam Cabe Columbus

Pengolahan Lahan Cara Menanam Cabai Columbus

Cara ini maka unsur dalam tanah akan semakin tinggi dan akan cocok untuk tanaman cabai Columbus Cap Kapal Terbang.

Dengan cara pembajakan akan memperkecil butiran tanah maka akar tanaman cabai besar Columbus tidak mudah terputus.

Perakaran tanaman yang luka karena terputus akan menyebabkan tanaman cabai mati. Butiran tanah yang halus juga lebih mudah menyimpan nutrisi hingga air.

Pengelantangan ( tanah dibiarkan terkena panas dan hujan ) bertujuan agar bakteri dan jamur yang merugikan tanaman mati.

Saat ini kegiatan ini jarang petani lakukan dengan alasan rugi waktu. Padahal aktivitas pengelantangan lahan tanaman akan berpengaruh besar terhadap cara menanam cabai Columbus.

Lahan dengan proses pengelantangan memberi hasil berbeda nyata bila kita banding tanpa perlakuan pengelantangan. Waktu pengelatangan terbaik adalah 2 hingga 3 minggu.

Setelah lahan kita lakukan kelantang maka langkah berikutnya cara menanam cabe Columbus adalah menyiapkan bedengan tanaman cabe.

Persyaratan pembuatan bedengan yang baik dalam budidaya cabe Columbus yaitu lebar bedengan ideal untuk musim penghujan.

Berapa ukuran bedengan yang benar sehingga aman saat kita menanam cabai Columbus saat musim hujan tiba.

Buat bedengan lebar 120 Cm, dengan ketinggian 30 Cm, jarak antar bedeng 50 Cm. Kedalaman saluran air tengah 40 Cm dan saluran tepi terluar adalah 50 Cm.

Sistem penanam cara zik zak ( Gigi walang ). Jarak tanaman 70 Cm x 70 Cm.

Dengan cara seperti ini diharapkan tanaman cabe Columbus akan mendapatkan ruang yang optimal sehingga pertumbuhan bisa maksimal.

Cara menanam cabe Columbus bebas layu di musim penghujan berikutnya adalah pemberian pupuk dasar.

Pemberian pupuk dasar yang saya maksud disini terdiri dari pupuk fermentasi, pupuk ZA, TSP dan KCL hingga Dolomit ( Kapur pertanian ).

Apakah anda semua mengetahui bahwa salah satu penyebab tingginya layu saat musim penghujan adalah efek dari pemakaian pupuk kandang yang masih mentah.

Baca Juga : Teknik Mengurangi Cacar Buah Tanaman Cabai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *