MELON ORANGE TAHAN VIRUS HDO 3

Beri Penilaian

MELON F1 HDO3, HDO 3, benih, benih melon, tahan virus, melon orangeMelon Orange Tahan Virus HDO 3. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Budidaya melon merupakan salah satu kegiatan bisnis pada bidang pertanian yang lumayan menguntungkan.

Mengapa demikian? Hal ini karena melon sebagai buah-buahan hortikultura yang memiliki banyak peminat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua menyukai buah melon.

Buah melon memiliki tekstur yang renyah serta cita rasa manis dan menyegarkan. Tambah lagi buah ini cukup mudah kiat temui pada berbagai tempat penjualan buah seperti pasar tradisional, kios buah, swalayan, hingga hypermart. (Rev. 04-02-21).

Tingginya tingkat konsumsi buah melon pada masyarakat membuat permintaannya juga semakin meningkat. Permintaan yang semakin meningkat ini cukup memberikan peluang besar bagi petani untuk memulai berbisnis melon terutama untuk jenis melon berdaging orange.

Melon daging orange bisa kita bilang memiliki potensi pasar yang lebih luas bila membandingkannya dengan melon daging putih. Potensi pasar dari melon ini tidak hanya pasar domestik saja tetapi juga marambah ke pasar-pasar kawasan luar negeri. Seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Cina, dan Korea Selatan.

Selain itu jenis melon ini juga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dan kualitas rasa yang lebih manis. Untuk mendapatkan kualitas melon yang bagus dan unggul petani juga perlu memperhatikan faktor pemilihan benih. Benih yang petani melon pilih harus memiliki kualitas yang unggul.

Pemilihan benih untuk jenis melon daging orange sekarang ini sudah beragam dan banyak beredar pada pasaran. Beberapa varian benih melon daging orange tersebut antara lain ada benih melon F1 Madesta, melon F1 Elegan, melon F1 Glamour,  melon F1 Red Aroma, melon F1 Sunny Red, melon F1 Sonya,  melon F1 Dainty, melon F1 Golden Aroma, melon F1 Okasa, dan melon HDO 3

MELON DAGING ORANGE HDO 3

Salah satu jenis benih melon daging orange yang berkualitas baik dan unggul serta layak menjadi pilihan petani adalah benih melon HDO 3. Melon HDO 3 merupakan benih melon orange tahan virus yang memiliki banyak peminat. Berikut adapun deskripsi dari melon orange tahan virus HDO 3 antara lain :

  • Tanaman kuat dan vigour
  • Umur panen 60-63 HST di dataran rendah
  • Berat buah 2,3 – 2,6 kg
  • Rasa buah manis 12-13 brix
  • Tahan virus

Melon HDO 3 memiliki keunggulan sifat tahan virus. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa kebutuhan benih melon tahan virus tidak akan berhenti, terutama pada daerah sentra penanaman melon. Budidaya melon yang intensif menyebabkan terjadinya perkembangan dan resistansi hama penyakit.

Hal ini menjadikan pemilihan benih yang tahan terhadap penyakit sebagai pilihan wajib bagi petani melon terutama pada daerah endemik. Pada umumnya jenis penyakit yang menyerang tanaman melon adalah layu fusarium dan layu bakteri.

Penyakit ini bisa terjadi karena akibat faktor cuaca yang tidak menentu, kelembaban yang tinggi, drainase yang buruk serta proses pemupukan yang tidak seimbang. Jika hal ini terjadi dan tidak segera mengatasinya maka bisa saja petani mengalami resiko kerugian dan bahkan kegagalan panen.

Hal ini karena penyakit tersebut sangat mudah menyebar dan berpotensi menurunkan produktivitas tanaman dengan cepat. Sebagai solusi efektif untuk mengatasi serangan virus dan penyakit pada tanaman melon tersebut yaitu dapat melakukannya dengan cara menggunakan benih melon tahan virus seperti HDO 3.

Selain ketahanan virusnya, konsumen juga sangat menyukai dan mengincar melon HDO 3 sebagai jenis melon orange karena rasanya yang manis dan harga yang lebih ekonomis. Dengan begitu bagi petani yang membudidayakannya pasti akan mendapat keuntungan yang memuaskan asalkan dengan syarat menggunakan cara dan teknik budidaya yang haus benar dan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.