MELON TAHAN VIRUS STR 11

str-11, melon str 11, benih melon, benih tahan virus, melon tahan virusAkhir-akhir ini, agrobisnis melon menjadi hal yang umum dan banyak dipilih petani untuk menghasilkan keuntungan. Bisa dibilang bisnis ini mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan melalui luasan area budidaya melon yang semakin bertambah serta teknik budidaya yang semakin membaik.

Berawal dari area budidaya melon yang dulu hanya terpusat di Cisarua Bogor dan Kalianda Lampung, kini telah menyebar dan meluas ke berbagai wilayah di Indonesia seperti Grobogan, Malang, Blitar, Ngawi, Madiun, Pacitan, Sukoharjo, Karang Anyar, Surakarta, Klaten, Kulon Progo, Banten, dsb.Karena luasnya area budidaya melon, angka produksi melon pun juga ikut meningkat. Berdasarkan data BPS produksi melon mengalami peningkatan dari tahun 2013 sebesar 125.207 ton menjadi 150.356 ton pada tahun 2014.  Selain itu, jika dulunya petani masih menggunakan benih lokal atau benih hasil buatan sendiri kini petani beralih dengan menggunakan benih melon produksi pabrikan. Benih melon produksi pabrikan dipercaya petani telah memiliki standar kualitas yang teruji dan terjamin keunggulannya.

Budidaya melon merupakan salah satu kegiatan usaha yang dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Mengingat melon sebagai buah-buahan hortikultura yang memiliki nilai ekonomis tinggi serta banyak peminatnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasa buah yang manis serta aroma yang khas menjadi daya tarik utama dari buah ini.  Potensi pasarnya pun juga sangat luas dandapat diterima oleh semua pasar buah dari tradisional hingga modern. Hal ini tentu saja akan memberikan peluang besar bagi petani untuk memulai bisnis melon.

Mulai banyaknya petani yang membudidayakan melon serta area tanam yang semakin luas membuat petani harus berpikir tepat dan waspada. Karena tingginya intensitas penanaman melon dapat memicu timbulnya hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman melon. Hama dan penyakit sangat mudah menyebar apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat terutama jika hal ini diakibatkan oleh serangan virus yaitu gemini virus. Serangan gemini virus selain menyerang tanaman melon juga dapat menyerang tanaman lain yang sefamili dengannya seperti semangka dan mentimun. Faktor penyebab timbulnya virus ini seringkali diakibatkan oleh sistem drainase yang buruk, cuaca yang tak menentu, kelembaban yang tinggi, serta pemupukan yang tidak seimbang. Apabila tidak segera ditangani serangan virus ini akan berdampak sangat merugikan bagi petani dan bisa saja petani akan gagal panen total.

Saat ini beberapa perusahaan sudah mengeluarkan produk melon yang tahan Virus di antaranya adalah dari Sejahtera Seed ada Melon STR 11 dan HDO3, Mutiara Bumi mengeluarkan benih Melon   tahan Virus   hibrida Erna dan Erni,  dari Panah Merah menambah koleksi melon tahan virus lagi yang di beri nama Alisha dan Stella begitu pula Bintang Citra Asia mengeluarkan melon tahan Virus yang baru yaitu Melon Merlin dan Jumbo.

Pada kesempatan ini saya akan membahas benih tahan virus STR 11 yang di keluarkan oleh Sejahtera Seed. Ssebagai solusi untuk mengatasi serangan virus pada tanaman melon dapat menggunakan benih melon yang tahan virus. Benih melon tahan virus salah satunya adalah melon STR 11. Benih Melon STR 11 pada beberapa daerah endemik virus di Jawa Tengah terbukti mampu bertahan dari serangan virus hingga masa panen berakhir. Adapun deskripsi dari melon STR 11 ini sebagai berikut :

  • Tanaman kuat dan vigorous
  • Umur panen 60-63 HST
  • Berat buah 2,2 -2,5 kg
  • Buah memiliki rasa manis (11-12 Brix)
  • Daging buah renyah dan krispi
  • Ketahanannya terhadap tinggi

Dengan menggunakan benih melon STR 11 yang telah terbukti ketahanannya terhadap virus menjadikan tanaman melon mampu menghasilkan buah yang utuh dari masa berbuah hingga waktu panen berakhir bahkan sampai pada pengangkutan. Selain itu melon STR 11 termasuk jenis melon daging putih yang mayoritas mendominasi pasar-pasar buah sehingga dengan menggunakan benih melon ini petani akan diuntungkan.

Apabila berminat Benih melon tahan virus STR 11 bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI,  KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *