MANISNYA BUDIDAYA KAPRI TAICHUNG DARI KNOWN YOU SEED

Beri Penilaian

taichung, kapri taichung, kapri, kacang kapriMANISNYA BUDIDAYA KAPRI TAICHUNG DARI KNOWN YOU SEED. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Kapri atau kacang kapri (Pisum sativum L. ssp. Sativum) merupakan jenis tanaman sayur yang tergolong dalam suku polong-polongan (Fabaceae).

Bagian tanaman ini yang biasa kita jadikan sayur atau kita konsumsi adalah buahnya. Buahnya berbentuk polong dan memanennya ketika masih muda dengan biji yang masih lunak sehingga bentuknya masih pipih. Apabila terlalu tua ketika panen maka polong kacang kapri akan berserat tebal dan tidak enak untuk konsumsi. (Rev. 04-02-21)

Penggunaan kapri sebagai sayuran konsumsi, cukup populer pada kalangan masyarakat. Kandungan gizi protein dan asam amino yang tinggi serta mudahnya tubuh untuk mencerna menjadi alasan mengapa kapri sangat populer masyarakat konsumsi.

Yang mana dalam hal ini penggunaannya untuk konsumsi seringkali sebagai tambahan ke berbagai masakan seperti nasi goreng, sup, cap jay, tumis, dll. Masyarakat sangat menyukai rasa dari sayur ini dan tentu saja tidak sulit untuk menemui sayur ini karena pada pasar-pasar tradisional banyak pedangang yang menjualnya.

Konsumsi masyarakat terhadap sayur kapri terbilang tinggi namun sayangnya produksi kapri dari para petani tidak mendukung hal ini  sehingga terkadang stok pada pasaran menjadi menipis. Memang hingga saat ini, kapri masih menjadi salah satu jenis sayur yang tidak banyak pembudidayaannya seperti layaknya cabai atau tomat.

Terbatasnya pembudidayaan ini menjadikan kapri memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi sehingga berpeluang besar bagi petani sebagai ladang mencari rupiah. Terutama pada musim penghujan, kurangnya pasokan yang tidak mampu memenuhi permintaan membuat harga kapri melambung tinggi.

Budidaya kapri sebenarnya dapat menjadi alternatif untuk menambah pundi-pundi pemasukan. Umurnya yang pendek dan harga jual hasil panen yang relatif tinggi adalah alasan mengapa kapri layak menjadi pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.