Pohon Melon Kuning Buah Lebat Tahan Hama Dan Penyakit

tumbuhan melon, budidaya melon, cara menanam melon, tanam melon, manfaat melon

Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Kandungan Zat adenosine  yang terdapat pada buah melon dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung yang membahayakan hidup manusia.

Kandungan Adenosin juga bisa membantu sel darah agar bergerak lebih lancar dan menurunkan resiko terkena penyakit stroke dan serangan jantung.

Membantu Program Diet

Pada dasarnya hampir semua buah dan sayuran merupakan komoditas pangan yang sangat baik kita konsumsi ketika akan menjalankan program diet.

Melon merupakan salah satu buah yang bisa kita konsumsi ketika sedang ingin melakukan program diet seperti diet rendah kalori.

Buah melon memiliki kalori yang rendah sehingga cocok untuk konsumsi harian bagi pelaku diet rendah kalori

Baca Juga : MANFAAT BUAH MELON DAN CARA PRAKTIS MENANAMNYA

Budidaya Melon Kuning Menguntungkan Petani Melon

tumbuhan melon, budidaya melon, cara menanam melon, tanam melon, manfaat melon, melon kuning
Menanam Melon Kuning Berpotensi Untung

Budidaya tanaman pangan merupakan salah satu peluang usaha bidang pertanian yang bisa petani pilih agar mendapat keuntungan.

Salah satu budidaya tanaman pangan yang bisa petani atau pelaku usaha pertanian pilih adalah budidaya tanaman melon kuning.

Tanaman melon kuning merupakan tanaman buah yang bisa petani budidayakan dengan mudah pada dataran rendah hingga menengah.

Melon kuning merupakan jenis buah melon yang memiliki warna kulit kuning keemasan dan warna daging kuning segar.

Sebelum melakukan budidaya melon kuning, petani perlu melakukan tips sukses dalam budidaya pohon melon kuning.

Tips pertama yang bisa petani lakukan adalah dengan melakukan pemilihan benih melon kuning terbaik yang memiliki keunggulan dan memudahkan petani.

Benih melon kuning unggulan akan menghasilkan pohon melon kuning yang sehat dan memiliki potensi hasil panen melimpah dan berkualitas.

Selain itu, benih pohon melon kuning terbaik juga memiliki resistensi yang tinggi terhadap serangan hama dan penyakit tanaman melon.

Tips selanjutnya adalah petani perlu melakukan persiapan lahan dan pengolahan lahan pertanian yang ingin petani gunakan.

Lahan yang petani gunakan harus terkena sinar matahari penuh dengan suhu 25 – 30o C dengan ph tanah 5,8 – 7,2 pH.

Petani juga harus memastikan lahan yang akan petani pakai memiliki zat hara yang berguna sebagai nutrisi tanaman untuk fotosintesis.

Tips berikutnya petani perlu melakukan perawatan dan pengawasan tanaman seperti pemantauan irigasi dan pengendalian hama dan penyakit pohon melon kuning.

Irigasi lahan yang baik akan membuat pohon melon kuning tumbuh subur tanpa adanya jamur yang tumbuh karena kelembaban lahan stabil.

Hama dan penyakit akan mempengaruhi pertumbuhan pohon melon dan bisa menyebabkan pohon melon kuning mati yang mengakibatkan gagal panen.

Dengan mengkombinasikan ketiga tips tersebut petani bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal dengan buah yang berkualitas tinggi. Petani pun bisa mendapat keuntungan dari hasil penjualan melon kuning yang melimpah dan berkualitas.

Baca Juga : MERAUP UNTUNG DENGAN BUDIDAYA MELON

Hama Dan Penyakit Tanaman Melon

Dalam melakukan budidaya tanaman pangan petani pasti akan menemukan kendala tersendiri yang menghambat kinerja petani dan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Kendala yang biasa petani temui dan berpotensi merugikan petani adalah hama dan penyakit pada tanaman pangan.

Pada kasus budidaya pohon melon kuning juga bisa terjadi serangan hama dan penyakit yang bisa merugikan petani seperti rusaknya tanaman.

Tanaman yang rusak akan mempengaruhi hasil jumlah panen yang menurun dan buah tidak berkualitas hingga mengakibatkan gagal panen.

Untuk itu petani perlu melakukan pengendalian hama dan penyakit pohon melon kuning yang bisa merugikan petani melon.

Berikut merupakan hama dan penyakit pada pohon melon kuning.

Trips

hama trips merupakan hama tanaman melon yang akan menyerang tanaman pada daun muda, daun tua, bunga, dan buah.

Ciri-ciri tanaman melon yang terserang hama trips adalah daun muda dan tunas menjadi keriting, dan daun tua akan mengering.

Selain itu, hama trips akan membuat bunga pohon melon akan rontok,buah akan tumbuh tidak normal, dan juga tanaman menjadi cebol.

Untuk mengendalikan hama ini petani bisa melakukan beberapa cara seperti :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *