MERAUP UNTUNG DENGAN BUDIDAYA MELON

melon, budidaya melon, lmga agro, toko pertanianBudidaya melon merupakan salah satu usaha yang menguntungkan. Produktifitas melon yang bisa mencapai sekitar 35-40 ton/ha dengan harga jual Rp 5 ribu – Rp 7 ribu/kg sangatlah menggiurkan.

Hasil panen melon nasional tidak hanya untuk memenuhi pasar dalam negeri saja tetapi juga merambah ke pasar ekspor terutama untuk jenis melon berdaging merah/orange.(Rev.30-01-21)

Negara tujuan ekspor ini mencangkup negara-negara pada Asia seperti Singapura, Jepang, Thailand, China dan Korea Selatan. Dalam satu tahun kebutuhan akan buah melon untuk pasar luar negeri mencapai 2 hingga 3 ton/tahun.

Dengan ini membuktikan bahwa potensi dan peluang pasar buah melon masih terbuka lebar untuk memenuhi pasar domestik maupun pasar internasional. Selain itu, buah melon memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi sebanding dengan tingkat kesulitan dalam budidaya melon.

Sebagai gambaran umum dalam budidaya melon, biasanya biaya perawatan melon hingga masa panen membutuhkan sekitar Rp 4500/tanaman. Biaya perawatan ini meliputi pemupukan, penyemprotan, penyiangan, dan pemangkasan cabang dengan membutuhkan modal awal dalam 1 hektar sekitar Rp 20-50 juta.

Modal tersebut tidak termasuk untuk biaya sewa lahan namun penggunaannya untuk membeli benih, merawat tanaman dan tanah serta untuk biaya tenaga kerja.

BUDIDAYA MELON YANG BAIK DAN BENAR

Untuk para petani pemula, biasanya membuahkan melon 1 buah/tanaman dengan kisaran berat buah 2,5 kg/tanaman – 3,5 kg/tanaman dalam satu kali pertanaman. Akan tetapi jika petani sudah terampil bisa membuahkan melon lebih dari satu buah per tanaman.

Hal ini tentu saja akan membuat hasil panen menjadi 2 kali lipat lebih besar. Mengingat harga jual melon pada pasaran sekitar Rp 5 ribu/kg maka membuahkan tanaman melon dalam satu pertanaman setidaknya akan menghasilkan 12.500-17.500/tanaman.

Dengan ini keuntungan yang didapat petani bisa bisa kita hitung mencapai kurang lebih Rp 150 juta dan bahkan bisa lebih besar lagi. Keuntungan yang besar tentu saja tidak bisa memperolehnya begitu saja. Perlu melalui tahapan proses dan teknik budidaya yang baik dan benar.

Teknik budidaya melon yang baik dan benar secara detail pernah kami jabarkan pada www.lmgaagro.web.id dengan judul “Sukses Budidaya Melon”. Pada tulisan tersebut telah kami jabarkan tentang tahapan–tahapan dalam budidaya melon dari mulai pembenihan, pengolahaan dan persiapan lahan, penanaman hingga perawatan.

Jika kesemuanya tahapan tersebut bisa melakukannya secara baik dan benar, maka jadi jaminan bila budidaya melon akan menghasilkan keuntungan yang memuaskan. Tentunya dengan melandasinya pula dengan sikap ketelatenan, keuletan, kecermatan, ketrampilan dan pantang menyerah.

Selain perlu memperhatikan teknik budidaya, pemilihan benih yang tepat sangat mendukung keberhasilan budidaya melon. Benih melon sebaiknya yang memiliki kualitas unggulan dan juga tahan virus. Sekarang ini benih melon tahan virus menjadi salah satu mayoritas pilihan petani pada sentra melon.

Benih melon tahan virus tersebut meliputi benih Melon F1 Dhona, Melon F1 Merlin, Melon F1 Jumbo dari Bintang Asia, Melon F1 Gracia, Melon Madesta, Melon Stella, Melon Alisha Cap Panah Merah, Melon F1 Melindo 15 Cap Kapal Terbang, Melon F1 Erna dan Erni dari Mutiara Bumi, Melon F1 Apollo dari Known You Seed, Melon F1 Glamour dari Sakata Seed, dan Melon F1 Red Aroma dari Known You Seed.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *