Semangka Merah Jenis Buah – buahan Favorit Masyarakat Idola Petani Sukses

semangka, merah, jenis, buah - buahan, favorit, masyarakat, idola, petani, sukses

Semangka Merah Jenis Buah – buahan Favorit Masyarakat Idola Petani Sukses. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak peminatnya. Hal ini karena cita rasa dari buah semangka yang enak dan menyehatkan.

Semangka juga merupakan buah yang menyegarkan karena mengandung banyak air. Selain itu buah semangka juga dapat membantu untuk melancarkan pencernaan.

Pencernaan yang sehat juga dapat membantu kesehatan tubuh agar tetap terjaga. Kandungan nurisi dalam buah semangka juga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh.

Semangka

Semangka memiliki nama latin Citrullus lanatus. Tanaman semangka tumbuh dengan cara merambat. Buah semangka masih satu kerabat dengan timun, melon dan labu – Labuan.

Bentuk dari buah semangka sangat beragam. Ada yang berbentuk bulat, lonjong bahkan persegi. Warna kulit dari buah ini biasanya hijau muda hingga hijau tua dengan garis – garis berwarna hijau tua pada kulitnya.

Kulit dari buah semangka memiliki tekstur yang keras dan tebal. Bagian dalam kulit buah semangka memiliki warna putih kehijauan.

Daging dari buah semangka ada yang berwarna merah dan juga kuning jika sudah matang dan memiliki biji pada daging buahnya. Rasa dari daging buah semangka renyah, manis dan berair.

Kandungan air dalam buah semangka sangat banyak. Sehingga buah ini sangat cocok untuk hidangan ketika siang hari.

Masyarakat sering mengkonsumsi buah semangka langsung maupun menjadikannya sebagai bahan olahan seperti jus buah semangka, salad buah, rujak buah dll.

Banyak masyarakat yang memanfaatkan buah semangka sebagai hidangan ketika bulan ramadhan terutama saat berbuka puasa.

Hal ini bisa membuat permintaan buah semangka saat bulan ramadhan menjadi meningkat. Dengan meningkatnya permintaan buah semangka maka petani menjadi untung karena banyaknya permintaan buah semangka.

Banyak petani yang membudidayakan buah semangka pada lahan pertanian. Petani bisa menjadikan budidaya semangka sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Setelah panen petani dapat menjual buah semangka ke pedagang buah pada pasar tradisional maupun pasar modern.

Jenis – jenis Semangka

Terdapat beberapa jenis varietas buah semangka dengan ciri khas masing – masing. Beberapa jenis varian buah semangka ini semakin membuat masyarakat untuk berminat mengkonsumsinya.

Selain itu petani juga menjadi lebih bersemangat dalam melakukan budidaya tanaman semangka dengan beberapa jenis varian yang berbeda tiap jenisnya.

Semangka Merah

Semangka merah merupakan salah satu jenis buah semangka yang banyak peminatnya. Selain itu banyak juga petani yang membudidayakannya.

Masyarakat bisa membelinya saat berbelanja pada pasar modern maupun tradisional. Pedagang buah sudah pasti banyak yang menjual buah semangka merah. Hal ini karena memang rasanya yang manis dan juga harganya tidak terlalu mahal.

Buah semangka merah ada yang memiliki bentuk inul dan juga bulat. Terdapat juga jenis buah semangka merah yang memiliki biji dan tanpa biji.

Semangka Kuning

Semangka kuning juga merupakan salah satu jenis buah semangka yang ada pada pasaran. Petani juga sudah banyak yang membudidayakan buah semangka kuning.

Buah semangka kuning sudah banyak terdapat pada pasar modern maupun tradisional. Para pedagang buah juga banyak yang menjual buah semangka kuning.

Bentuk dari buah semangka kuning ada yang bulat dan juga inul. Selain itu terdapat juga jenis buah semangka yang memiliki biji maupun tanpa biji.

Kandungan Buah Semangka

Kandungan buah semangka sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan. Terdapat beberapa kandungan nutrisi yang berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah semangka maka beberapa kebutuhan gizi dalam tubuh akan terpenuhi. Berikut ini adalah beberapa kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah semangka :

– Vitamin A, C, B6
– Thiamin
– Ribloflavin
– Niasin
– Asam Pantotenat
– Folat
– Beta karoten
– Likopen
– Triptofan
– Arginin
– Kalsium
– Kalium
– Zinc
– Kolin
– Lutein
– Fosfor
– Besi
– Magnesium
– Air
– Serat
– Protein
– Gula
– Karbohidrat
– Kalori

Baca Juga : Daun Semangka Tumbuh Sehat Tanpa Bercak, Keriting dan Kuning

Semangka Merah Jenis Buah – buahan Favorit Masyarakat

semangka, merah, jenis, buah - buahan, favorit, masyarakat

Jenis semangka merah menjadi salah satu jenis buah – buahan favorit masyarakat. Harganya yang terjangkau banyak menarik minat pembeli.

Buah semangka terkenal dengan kandungan airnya yang melimpah. Daging buah yang empuk, renyah dan memiliki rasa manis menjadikannya semakin banyak peminatnya.

Selain itu kandungan dari buah semangka merah juga sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Dengan terpenuhinya gizi dalam tubuh maka kesehatan akan terjaga.

Jus semangka merah merupakan salah satu olahan dari buah semangka merah yang lezat dan menyehatkan. Salad dan rujak buah juga biasanya menggunakan bahan semangka merah sebagai bahan pembuatanya.

Petani banyak yang membudidayakan jenis buah semangka merah. Hal ini karena buah semangka merah banyak peminatnya.

Budidaya buah semangka merah lebih sering pada lahan pertanian. Permintaan buah semangka merah akan meningkat saat menjelang bulan ramadhan.

Ketika panen para petani kemudian menjualnya pada para pedagang buah maupun pada pasar tradisional dan modern.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Beberapa kandungan gizi pada buah semangka sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mengkonsumsi buah semangka bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh.

Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi buah semangka bagi kesehatan :

Menyehatkan Jantung

Kandungan likopen dan karoten dalam buah semangka bisa untuk membantu meningkatkan kinerja dari jantung.

Karoten, kalium dan vitamin C yang terkandung dalam semangka dapat membantu mengurangi kadar kolesterol yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung.

Menyehatkan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah semangka dapat bermanfaat untuk membantu menutrisi dan menjaga kesehatan mata.

Kandungan karoten dan lutein dalam buah semangka juga memiliki fungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata.

Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam buah semangka dapat membantu kolagen dalam tubuh untuk tetap menjaga agar kulit tetap sehat.

Kandungan vitamin A pada buah semangka juga dapat berfungsi untuk menutrisi kulit agar tetap sehat dan terlihat muda.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium, kalium dan vitamin A dalam buah semangka dapat berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

Beberapa kandungan mineral dan vitamin tersebut juga dapat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dari tulang.

Menjaga Kesehatan Gusi

Mengkonsumsi buah yang mengandung Vitamin C seperti semangka dapat mencegah pendarahan dan peradangan pada gusi. Dengan mengkonsumsi buah semangka maka dapat membantu menjaga kesehatan dari gusi.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan antioksidan dalam buah semangka seperti vitamin C, vitamin A dll dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem imun yang kuat maka tubuh akan terhindar dari penyakit.

Menu Diet

Kandungan kalori dan karbohidrat pada buah semangka sedikit. Selain itu buah semangka juga mengandung vitamin dan nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh.

Mengurangi Kadar Kolesterol

Kalium, karoten, vitamin C dan serat dalam buah semangka dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

Mencegah Batu Ginjal

Kandungan air dan kalium dalam buah semangka dapat membantu untuk mendorong agar buang air dan membersihkan ginjal dari endapan yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Mencegah Asam Urat

Selain untuk mencegah batu ginjal, kandungan air dalam buah semangka yang banyak juga dapat membantu mendorong asam urat.

Asam urat akan terdorong dengan air dan keluar bersama urine. Dengan demikian buah semangka dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi dan merontokkan asam urat.

Mencegah Jerawat

Buah semangka mengandung vitamin A yang dapat berfungsi untuk membantu mengurangi jumlah minyak pada kulit yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Mencegah Impoten

Kandungan arginine pada bua hsemangka dapat membantu untuk menyembuhkan impoten. Libido akan bertambah jika mengkonsumsi buah semangka. Hal ini dikarenakan pengaruh dari asam amino citrulline yang ada pada kulit buah semangka.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Buah semangka mengandung kalium yang dapat berfungsi sebagai perangsang pembuluh darah agar tidak tegang.

Sehingga dapat mengurangi ketegangan sistem kardiovaskular. Kandungan karoten dalam buah semangka juga dapat mencegah dan mengurangi hipertensi.

Mencegah Radikal Bebas

Antioksidan yang terkandung dalam buah semangka sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Vitamin C dan likopen merupakan beberapa contoh kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah semangka.

Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C, vitamin A , likopen, dapat berfungsi sebagai antioksidan tubuh. Antioksidan ini dapat membantu menajga sel – sel dalam tubuh agar terhindar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

Mencegah Asma

Buah semangka mengandung vitamin A dan likopen yang berperan sebagai antioksidan yang dapat bermanfaat untuk mengurangi asma.

Mencegah Dehidrasi

Buah semangka juga mengandung banyak air yang dapat bermanfaat untuk mencegah tubuh agar tidak dehidrasi.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Utama Tanaman Semangka

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Semangka

Petani banyak yang membudidayakan tanaman semangka pada lahan pertanian yang mereka milii. Para petani membudidayakan buah semangka untuk memenuhi kebutuhan buah semangka.

Dalam melakukan budidaya semangka terkadang terdapat kendala salah satunya adalah serangan hama dan penyakit.

Serangan hama dan penyakit pada tanaman semangka sangat merugikan petani karena dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman semangka.

Hama Tanaman Semangka

Hama merupakan salah satu organisme pengganggu tanaman yang sering menyerang tanaman pertanian. Beberapa jenis hama juga terkadang menjadi pembawa penyakit yang dapat merusak tanaman pertanian.

Tak terkecuali tanaman semangka, beberapa jenis hama biasanya menyerang beberapa bagian dari tanaman semangka. Beberapa hama yang sering menyerang tanaman semangka adalah sebagai berikut :

– Kutu Aphids dan Thrips
– Lalat Buah
– Kutu Kebul
– Kumbang Daun
– Gangsir
– Penggerek Buah
– Ulat Grayak
– Ulat Tanah
– Kepik
– Tungau

Untuk menangani serangan hama biasanya petani menyemprotkan pestisida. Penyemprotan pestisida sebaiknya sesuai dosis agar tidak mencemari lingkungan dan membuat hama menjadi resisten.

Hal ini karena biasanya petani menggunakan pestisida yang berbahan baku kimia. Selain pestisida kimia sebetulnya ada pestisida alami yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan.

Penyakit Tanaman Semangka

Selain hama terdapat penyakit yang sering menyerang tanaman semangka. Penyakit ini juga biasanya terbawa oleh hama yang menyerang tanaman semangka dan menyebar dengan cepat.

Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang tanaman semangka petani adalah sebagai berikut :

– Embun Tepung
– Karat Daun
– Layu Bakteri
– Busuk Buah
– Bercak Daun
– Watermelon Virus

Penyebab penyakit ini biasanya adalah bakteri maupun virus yang terbawa dari hama. Untuk mencegahnya sebaiknya memilih benih yang berkualitas tahan serangan virus sebelum melakukan penanaman.

Toko Pertanian LMGA AGRO jual benih semangka berkualitas dan tahan virus dengan harga murah dan siap kirim ke seluruh Indonesia.

Baca Juga : Benih Semangka dan Melon Berkualitas Yang Direkomendasikan

Semangka Merah Sebagai Peluang Usaha Budidaya Buah – buahan

semangka, merah, peluang, usaha, budidaya, buah - buahan

Semangka merupakan salah satu jenis buah – buahan yang banyak peminatnya. Dengan semakin meningkatnya peminat buah semangka maka otomatis akan membuat permintaan buah semangka juga meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan semangka, petani membudidayakan buah semangka pada lahan pertanian yang mereka miliki.

Budidaya semangka menjadi peluang usaha budidaya buah – buahan yang menguntungkan bagi para petani.

Dalam budidaya semangka petani biasanya memperhatikan beberapa hal sebelum budidaya. Berikut adalah beberapa hal yang petani lakukan ketika melakukan budidaya buah semangka :

Memilih Benih Semangka Berkualitas

Benih berkualitas sangat penting, karena merupakan cikal bakal dari tanaman pepaya yang sehat. Tanaman pepaya yang sehat akan mengasilkan buah pepaya yang berkualitas juga.

Dengan menanam benih berkualitas maka tanaman para petani akan terhindar dari beberapa jenis penyakit. Selain itu tanaman juga bisa tumbuh dengan baik dan produktif.

Toko Pertanian LMGA AGRO jual benih semangka berkualitas dengan harga murah dan siap kirim ke seluruh Indonesia.

Menyemai Benih Semangka

Setelah mendapatkan benih semangka berkualitas, selanjutnya adalah proses penyamain benih sebelum melakukan penanaman.

Media penyemaian bisa dengan menggunakan polybag yang sebelumnya sudah terisi campuran tanah dan juga pupuk.

Lubangi media tanam dengan kedalaman 1 cm dan kemudian masukkan benih semangka kedalamnya lalu tutup lubangnya.

Sebelum melakukan penyemaian sebaiknya rendam semangka dengan menggunakan air kurang lebih selama 10 menit.

Letakkan polybag pada tempat yang terhindar dari hujan namun masih tersinari oleh matahari agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Tunggu hingga benih berkecambah dan tumbuh beberapa helai daun. Jika sudah maka benih siap untuk pindah tanam ke lahan pertanian.

Pindah Tanam

Sebelum melakukan pindah tanam, tanah pada area penanaman harus melalui proses pengolahan dahulu.

Mengolah lahan penanaman bisa dengan cara menggemburkan tanah dengan menggunakan cangkul maupun bajak.

Ketika proses penggemburan sebaiknya juga dengan menambahkan pupuk agar tanah bisa tercampur rata dengan pupuk.

Kemudian buat bedengan pada lahan penanaman dan beri lubang pada bedengan dengan jarak 20 cm tiap lubang bedengan.

Masukkan bibit semangka yang sudah siap pindah tanam ke dalam lubang bedengan. Pindah benih secara berhati – hati agar tidak merusak akar.

Bibit buah semangka yang melalui proses penyemaian selama satu bulan biasanya sudah siap untuk pindah tanam.

Perawatan Tanaman Semangka

Perawatan tanaman semangka meliputi penyiraman, pemupukan lanjutan dan pengendalian hama penyakit yang merugikan.

Siram tanaman semangka ketika waktu pagi dan sore hari, terutama pada saat musim kemarau tiba. Penyiraman sangat penting agar tanaman semangka tetap segar dan dapat tumbuh dengan optimal.

Pemupukan susulan berfungsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dari tanaman semangka agar dapat tumbuh dengan optimal dan bisa produktif.

Ketika terdapat hama yang menyerang segera lakukan penyemprotan pestisida. Sebaiknya menyemprot pestisida ke tanaman sesuai dosis dan tidak berlebihan.

Penyemprotan pestisida yang berlebihan dapat membuat hama menjadi resisten atau kebal. Selain itu juga pestisida dari bahan kimia dapat mencemari lingkungan jika penggunaannya berlebihan.

Jika terdapat tanaman gulma yang mengganggu segera bersihkan. Gulma dapat merugikan tanaman semangka dengan menyerap nutrisi yang ada dalam tanah.

Panen Buah Semangka

Panen buah semangka biasanya ketika tanaman sudah berumur kurang lebih 80 sampai 100 hari setelah pindah tanam.

Buah semangka yang siap untuk pemanenan memiliki umur cukup dengan ciri khas daging yang manis dan tidak berwarna pucat. Kulitnya berwarna hijau tua.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Semangka Merah Jenis Buah – buahan Favorit Masyarakat Idola Petani Sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *