Tanaman Buah Hasilkan Usaha Budidaya Menguntungkan Petani

tanaman buah,budidaya tanaman,benih buah,benih tanaman,pertanian,melon,semangka,lmga agro

Semangka

Tanaman buah semangka bisa menjadi pilihan lain bagi petani untuk memulai usaha budidaya tanaman buah pada lahan pertanian. Seperti melon, buah semangka termasuk dalam salah satu jenis buah yang digolongkan sebagai komoditas pangan unggulan dari jenis buah-buahan.

Semangka merupakan jenis tanaman yang memiliki nama latin Citrullus lanatus dan masih satu keluarga dengan suku Cucurbitaceae seperti melon. Tanaman semangka dapat bertumbuh dengan cara merambat pada permukaan tanah dan mampu menghasilkan buah dengan ukuran cukup besar. Tanaman semangka memiliki daerah asal dari wilayah tropis setengah gurun di Afrika bagian selatan.

Lingkungan asal yang sudah panas membuat semangka bisa dengan mudah beradaptasi dengan daerah Indonesia yang memiliki iklim tropis. Sehingga budidaya buah semangka pada lahan pertanian menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi petani dan pelaku usaha pertanian. Proses penjualan buah semangka yang mudah ke pasaran juga menjadi faktor penunjang bagi petani dan pelaku usaha pertanian.

Petani dan pelaku usaha pertanian dapat membudidayakan semangka pada daerah dataran rendah dan melakukan perawatan secara teratur. Petani melakukan perawatan budidaya tanaman buah semangka agar kualitas pertumbuhan tanaman meningkat dan mencegah serangan hama tanaman. Sehingga menghasilkan panen buah semangka kualitas terbaik dan menguntungkan bagi petani dan pelaku usaha pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih semangka kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani. Jenis varietas benih semangka yang tersedia adalah benih semangka berbiji, semangka tanpa biji dan semangka lonjong.

Baca Juga : Benih Semangka dan Melon Berkualitas yang Direkomendasikan

Tabulampot, Solusi Tanam Buah Pada Halaman Rumah

tabulampot,budidaya tanaman,benih tanaman,benih buah,pertanian,melon,semangka,lmga agro

Budidaya tanaman buah menjadi salah satu peluang usaha pertanian menguntungkan bagi petani dan pelaku usaha pertanian. Penghobi tanaman atau hobiis tanaman juga dapat melakukan usaha budidaya tanaman buah selain petani dan pelaku usaha pertanian. Namun, para penghobi tanaman memiliki kendala utama dalam memulai usaha budidaya buah, yaitu lahan yang terbatas.

Tabulampot atau tanaman buah dalam pot bisa menjadi solusi terbaik bagi penghobi tanaman untuk memulai usaha budidaya buah. Penghobi tanaman bisa memanfaatkan sistem tabulampot pada lingkungan lahan terbatas seperti halaman rumah maupun pekarangan rumah. Hal ini karena sistem tabulampot hanya memerlukan wadah seperti pot atau semacamnya untuk pertumbuhan tanaman buah.

Budidaya tanaman buah dalam pot bisa memanfaatkan beberapa jenis buah yang terbukti mampu tumbuh pada lingkungan lahan terbatas. Hal ini karena, tidak semua jenis tanaman buah mampu tumbuh dengan cara sistem tabulampot pada kawasan terbatas seperti halaman rumah.

Beberapa jenis buah yang mampu tumbuh dengan sistem tabulampot memiliki bentuk tanaman yang kecil hingga sedang. Delima, stroberi, jambu air, jeruk nipis, jambu biji, tomat, dan blueberry menjadi jenis buah yang menjadi rekomendasi bagi penghobi tanaman.

Sistem tabulampot juga memiliki beberapa keuntungan bagi penghobi tanaman, yaitu lingkungan halaman atau pekarangan rumah menjadi lebih asri. Selain itu, penggunaan sistem tabulampot juga menguntungkan apabila mampu menghasilkan buah yang cukup lebat. Buah-buah hasil budidaya sistem tabulampot bisa menjadi bahan konsumsi secara langsung ataupun melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Baca Juga : Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman Di Halaman Rumah

Peluang Usaha Jual Sarana Budidaya Buah

Budidaya tanaman buah menjadi salah satu peluang usaha pertanian yang mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi petani dan pelaku usaha pertanian. Sehingga petani dan pelaku usaha pertanian membutuhkan beberapa sarana pertanian terbaik untuk memulainya, seperti benih tanaman hingga alat pertanian.

Beberapa sarana pertanain yang petani dan pelaku usaha pertanian butuhkan adalah benih tanaman buah, pupuk, pestisida, dan alat pertanian. Varietas benih buah berkualitas menjadi sarana pertanian paling penting bagi petani sebelum melakukan usaha budidaya buah.

Melihat hal tersebut, pelaku usaha pertanian lain mempunyai ide untuk menciptakan peluang usaha seperti membuka toko pertanian offline maupun online. Toko pertanian merupakan tempat yang tepat bagi petani untuk mencari semua sarana pertanian untuk mendukung usaha budidaya tanaman buah. Selain membantu petani dalam usaha budidaya buah, pemilik toko juga dapat mengambil keuntungan dari penjualan sarana pertanian.

Peluang usaha toko pertanian offline dan online memiliki cara-cara berbeda dalam hal menarik pelanggan atau petani untuk berbelanja sarana pertanian. Toko pertanian offline lebih menitik beratkan pada lokasi strategis yang memudahkan petani untuk datang, seperti dekat pemukiman maupun lahan pertanian. Sedangkan, toko pertanian online dapat menarik minat konsumen dengan cara melakukan iklan pada media sosial seperti pinterest dan twitter.

Toko pertanian online maupun toko pertanian offline sama-sama memiliki banyak peminat dari kalangan petani maupun penghobi tanaman. Sehingga, keduanya termasuk dalam peluang usaha pertanian yang menguntungkan pelaku usaha sekaligus petani dan penghobi tanaman.

Baca Juga : Tanaman Hortikultura Jadi Peluang Usaha Tani Di Masa Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *