Tanaman Labu Buah Lezat, Bergizi dan Berserat

tanaman, labu, buah, lezat, bergizi, berserat

Tanaman Labu Buah Lezat, Bergizi dan Berserat. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Buah labu merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit masyarakat. Labu memiliki rasa yang lezat.

Buah labu banyak tersedia pada pasar tradisional dan pasar modern. Labu memiliki beragam jenis dengan ciri khas masing – masing. Buah labu sangat lezat jika sudah menjadi beberapa aneka masakan.

Masyarakat sering mengolah buah labu menjadi kolak, kue, pudding, salad, dan juga masakan lainnya yang lezat dan sehat.

Budidaya buah labu termasuk dalam usaha pertanian yang menjadi favorit dan idola petani Indonesia. Petani membudidayakan labu dan menjualnya ke pasaran.

Budidaya labu menguntungkan bagi petani dan juga dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan labu.

Tingkat konsumsi labu masyarakat yang semakin banyak mempengaruhi banyaknya permintaan labu hasil budidaya labu milik petani.

Baca Juga : Tanaman Hibrida Hasilkan Panen Berkualitas Menguntungkan Petani

Tanaman Labu

Labu memiliki nama latin Cucurbita spp adalah buah yang masih satu keluarga dengan labu – labuan yang berukuran besar dan memiliki bentuk bulat memanjang. Tanaman labu tumbuh dengan cara merambat pada permukaan tanah.

Umumnya buah labu memiliki warna orange pada daging buahnya. Buah labu memiliki bentuk besar bulat dan juga lonjong. Biji labu berukuran besar berwarna coklat.

Rasa dari buah labu adalah manis dan renyah. Banyaknya varietas buah labu membuat beberapa jenis buah memiliki warna kulit yang berbeda seperti hijau, kuning, orange hingga putih.

Masyarakat sangat suka mengkonsumsi labu karena rasanya yang renyah, manis dan menyehatkan. Sehingga masyarakat sering mengolah labu menjadi beragam jenis hidangan lezat.

Hasil olahan labu yang cukup beragam dan memiliki rasa yang lezat membuatnya bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuka peluang usaha menguntungkan dari produk olahan labu.

Dengan banyaknya masyarakat yang berbisnis dengan berjualan makanan berbahan dasar labu maka akan membuat permintaan labu menjadi meningkat.

Kondisi tersebut bisa menguntungkan bagi petani yang melakukan usaha budidaya labu karena permintaan buah labu berpotensi meningkat pesat.

Jenis – jenis Labu

Labu memiliki beragam jenis dan memiliki ciri khas setiap jenisnya. Keberagaman varietas labu ini membuat petani menjadi lebih bersemangat dalam budidaya labu.

Selain itu masyarakat juga menjadi banyak varian dalam memilih buah labu. Sehingga masyarakat tidak bosan dengan satu jenis labu saja. Berikut ini adalah jenis – jenis buah labu :

Labu Siam

Labu siam adalah jenis labu yang menjadi favorit dan idola konsumen. Jipang merupakan sebutan lain dari buah labu siam. Bentuk dari labu siam menyerupai buah pir dengan warna hijau keriput.

Labu siam memiliki banyak kandungan air. Masyarakat banyak yang mengolah labu siam menjadi beberapa masakan seperti tumis, sayur lodeh, sayur asam dll.

Labu Madu

Butternut squash atau labu madu merupakan jenis buah labu dengan ciri khas daging buah yang lembut dan rasa yang sangat manis.

Budidaya buah labu madu saat ini menjadi usaha pertanian favorit petani. Rasa yang manis dan banyak kandungan vitamin dan mineral membuat labu madu memiliki banyak peminat.

Labu Hijau

Buah Labu hijau terkenal juga dengan sebutan kabocha merupakan jenis labu yang cukup populer. Labu hijau memiliki penampilan yang unik karena tidak berbentuk bulat sempurna.

Buah labu kabocha memiliki daging dengan rasa yang manis. Labu kabocha berwarna hijau ketika belum matang dan juga sesudah matang.

Labu Air

Buah labu air atau blonceng merupakan salah satu jenis labu dengan ciri khas berbentuk lonjong dengan kulit yang berwarna kehijauan dan daging berwarna putih.

Masyarakat sering menjadikan blonceng sebagai campuran pada olahan masakan sayuran. Blonceng sering menjadi campuran pada sayur bening. Blonceng memiliki tekstur daging yang keras.

Untuk mengolah labu air, masyarakat harus melakukan proses perebusan agar daging dari blonceng lebih lunak. Rasa dari daging blonceng tawar. Sehingga pengolahan labu air haruslah mencampurnya dengan olahan sayuran agar lebih lezat.

Labu Kuning

Buah labu kuning adalah salah satu jenis labu yang banyak beredar. Labu kuning memiliki kulit berwarna kuning atau orange.

Masyarakat sering mengolah buah labu kuning menjadi beberapa olahan masakan seperti sup, kolak dan lain-lain.

Labu kuning mengandung banyak serat dan nutrisi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi dan menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga : Labu Air/Blonceng, Kandungan Gizi dan Manfaat Bagi Tubuh

Kandungan Buah Labu

Kandungan labu dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat dan mineral dalam tubuh agar terhindar dari serangan penyakit. Berikut adalah kandungan yang terdapat dalam buah labu :

– Serat
– Vitamin A
– Air
– Vitamin B1 (Thiamine)
– Karbohidrat
– Vitamin B2 (Ribloflavin)
– Kalori
– Vitamin B3 (Niacin)
– Protein Nabati
– Vitamin B5 (Panthotenic Acid)
– Gula
– Vitamin B9 (Folat)
– Beta Karoten
– Vitamin C
– Kalsium
– Vitamin D
– Fosfor
– Vitamin E
– Magnesium
– Vitamin K
– Sodium
– Seng
– Zat Besi
– Kalium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *