Budidaya Tanaman Kangkung Peluang Bisnis Komoditas Sayuran

budidaya, tanaman, kangkung ,peluang, bisnis, komoditas, sayuran

Budidaya Tanaman Kangkung Peluang Bisnis Komoditas Sayuran. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Kangkung merupakan salah satu komoditi sayuran yang laris di pasaran. Masyarakat sering mengolah kangkung menjadi berbagai olahan masakan.

Olahan masakan dari kangkung selain lezat juga menyehatkan. Kangkung mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain dikonsumsi manusia, kangkung juga bisa digunakan sebagai makanan hewan ternak seperti kelinci, kura – kura, iguana dll.

Menanam kangkung untuk usaha budidaya sudah banyak dilakukan masyarakat. Budidaya kangkung dapat dilakukan di area persawahan maupun di kebun rumah.

Tanaman Kangkung

Kangkung adalah salah satu jenis tanaman sayuran yang banyak dijadikan sebagai bahan makanan oleh masyarakat.

Tanaman ini berasal dari India dan telah menyebar ke beberapa negara seperti Indonesia, Australia, Burma, China Selatan, Malaysia dan Afrika.

Sayuran kangkung banyak dijumpai dijual di pasar tradisional maupun pasar modern. Kangkung sering diolah menjadi beberapa olahan masakan menyehatkan.

Kangkung mengandung beberapa nutrisi yang sangat baik untuk membantu menutrisi tubuh agar tetap terjaga kesehatannya. Rasa dari kangkung terkadang manis dan segar.

Terdapat dua jenis kangkung yaitu kangkung air dan kangkung darat. Kangkung darat merupakan jenis kangkung yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.

Bentuk daun kangkung umumnya panjang dan runcing pada ujungnya. Daun kangkung air lebih besar dari kangkung darat. Warna daun kangkung air hijau pucat sedangkan kangkung darat hijau tua.

Batang tanaman kangkung berongga dan ruas batangnya berwarna hijau serta tidak terlalu besar. Akarnya tunggang dan mempunyai akar kecil disekitarnya yang bisa menembus kedalaman 100 cm  dalam tanah.

Kangkung darat memiliki nama latin Ipomoea reptans P. Tanaman Kangkung darat hidup dengan media penanamannya menggunakan tanah. Kangkung darat bisa juga dibudidayakan dengan sistem hidroponik.

Sedangkan kangkung air dengan nama latin  Ipomoea aquatic F tidak dapat hidup pada tanah karena habitatnya pada area air pada persawahan maupun rawa – rawa.

Baca Juga : Tanaman Hibrida Hasilkan Panen Berkualitas Menguntungkan Petani

Budidaya

Merupakan suatu kegiatan mengembangkan sumber daya hayati seperti hewan atau tumbuhan yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Budidaya hewan dapat memenuhi kebutuhan protein hewani kalangan masyarakat. Selain itu budidaya hewan juga menjadi peluang bisnis bagi masyarakat.

Budidaya tumbuhan atau tanaman dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dari sayur atau buah masyarakat.

Kegiatan budidaya umumnya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu budidaya juga bisa sebagai peluang bisnis.

Salah satunya adalah budidaya tanaman sayuran. Sayuran merupakan salah satu kebutuhan bahan makanan yang diperlukan masyarakat.

Sayuran memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu banyak petani yang membudidayakan sayuran untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *