Hama Tanaman, Gangguan Meresahkan Usaha Budidaya Tanaman

hama tanaman,hama,budidaya tanaman,pertanian,pestisida,petani,lmga agro
Beri Penilaian

Masalah Pertanian, Tantangan Petani Indonesia

pertanian,budidaya tanaman,hama,hama tanaman,petani,lmga agro

Pertanian merupakan sektor usaha yang banyak petani sebagai pelaku usaha pertanian lakukan  dengan cara melakukan perawatan tanaman atau budidaya tanaman. Usaha budidaya tanaman ini dapat dilakukan petani dengan memanfaatkan lahan pertanian. Peluang usaha budidaya tanaman mampu menguntungkan bagi semua pihak termasuk petani yang menghasilkan panen bahan pangan unggulan.

Budidaya tanaman termasuk dalam sektor usaha pertanian yang tidak lepas dari masalah atau kendala dalam melakukannya pada lahan pertanian. Kendala atau masalah ini bisa datang dari beberapa faktor berbeda dan membuat petani harus memikirkan cara yang tepat untuk mengatasinya. Dibawah ini terdapat beberapa kendala atau masalah dalam usaha budidaya tanaman yang petani lakukan pada lahan pertanian.

Modal

Masalah pertanian pertama yang harus petani hadapi sebagai pelaku usaha pertanian adalah ketersediaan modal saat memulai usaha budidaya tanaman. Modal menjadi hal penting bagi petani ketika memulai usaha budidaya tanaman karena berfungsi membeli segala sarana pertanian seperti benih tanaman.

Ketersediaan modal yang kurang menjadi masalah bagi petani karena berpotensi menggagalkan usaha budidaya tanaman. Solusi dari masalah ketersediaan modal adalah melakukan peminjaman dana melalui koperasi petani yang telah terbentuk sebelumnya untuk membantu para petani. Sehingga, petani sebagai pelaku usaha pertanian bisa membeli sarana pertanian untuk memulai budidaya tanaman.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual segala sarana pertanian untuk kebutuhan usaha budidaya tanaman. Beberapa sarana pertanian yang tersedia adalah varietas benih tanaman unggulan, pupuk pertanian, pestisida, zpt, hingga alat pertanian. Semua sarana pertanian Toko Pertanian Online LMGA Agro memiliki harga murah dan terjangkau bagi petani.

Cuaca Ekstrim

Cuaca ekstrim menjadi salah satu kendala atau masalah pertanian yang seringkali petani temui sebelum atau saat usaha budidaya tanaman. Dampak cuaca ekstrim dapat terjadi pada setiap tanaman atau lahan pertanian tergantung musim yang terjadi pada suatu wilayah. Indonesia sebagai wilayah tropis menghasilkan 2 musim yang bertolak belakang, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Musim kemarau merupakan musim dimana iklim dan suhu menjadi lebih panas dan cukup berdampak pada usaha budidaya tanaman. Cuaca ekstrim pada musim kemarau bisa menimbulkan dampak merugikan bagi lahan pertanian, yaitu potensi kekeringan hingga membuat tanah pecah. Solusi dari permasalahan iklim dan suhu pada musim kemarau adalah melakukan pengairan pada tanaman secara teratur dan dosis tepat.

Musim hujan menjadi musim yang petani suka karena curah hujan mampu menggantikan proses pengairan pada usaha budidaya tanaman. Namun, apabila hujan turun dengan intensitas tinggi juga memiliki dampak buruk bagi budidaya tanaman seperti air yang menggenangi tanaman budidaya. Solusi dari air yang menggenang adalah melakukan instalasi irigasi yang baik untuk menghasilkan aliran air yang baik dan tidak menggenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.