Pupuk NPK Nutrisi Penting Bagi Tanaman Petani

Pupuk npk, nutrisi, penting, tanaman, petani

Pupuk NPK Nutrisi Penting Bagi Tanaman Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Jenis dan macam – macam unsur hara punya kaitan dengan kebutuhan unsur hara yang ada pada tanaman. Karakter dari berbagai jenis tanaman menyangkut kebutuhan unsur hara yang berbeda juga. Kebutuhan unsur hara pada tanaman berbeda sesuai dengan fasenya. Unsur hara yang dibutuhkan ketika fase vegetatif berbeda dengan saat tanaman mencapai fase generatif.


Pupuk

Pupuk merupakan bahan yang mengandung beberapa unsur hara yang bermanfaat untuk menutrisi tanaman. Pupuk biasanya diaplikasikan dengan cara mencampurkan atau menambahkan di media penanaman.

Pupuk bisa berasal dari bahan organik maupun anorganik. Pupuk sangat membantu tanaman dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Proses metabolisme pada tanaman juga menjadi lancar dengan penggunaan pupuk pada tanaman.

Pemberian pupuk ke tanaman sebaiknya sesuai dosis dan tidak berlebihan. Tanaman yang kekurangan pupuk akan menjadi terhambat perkembangan dan pertumbuhannya.

Begitu pula sebaliknya, jika pemberian pupuk berlebihan juga dapat memberikan efek negative ke pada tanaman maupun tanah.

Jenis Pupuk

Jenis pupuk ada dua yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Kedua jenis pupuk ini dibedakan berdasarkan bahan baku pembuatannya.

Pupuk organik biasanya terbuat dari bahan – bahan alami sisa dari makhluk hidup seperti tanaman, kotoran manusia, kotoran hewan, kayu dll. Beberapa jenis pupuk organik seperti kompos, humus, hayati dan serasah.

Pupuk anorganik biasanya terbuat dari bahan kimia sintetis. Pupuk anorganik dibedakan menjadi pupuk kimia tunggal dan pupuk kimia majemuk.
Pupuk kimia tunggal hanya memiliki satu macam unsur hara. Pupuk kimia majemuk memiliki unsur hara yang lengkap.

Pupuk Organik

Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari sisa – sisa mahkluk hidup seperti kotoran hewan, kotoran manusia, kayu, tanaman dll.

Pupuk organik dapat digunakan untuk meningkatkan kandungan unsur hara yang ada di dalam tanah agar tanah menjadi subur dan tanaman bisa tumbuh optimal dan produktif.

Beberapa jenis pupuk organik diantaranya adalah :

– Pupuk kandang (Kompos), terbuat dari kotoran hewan ternak.
– Pupuk hijau, terbuat dari tanaman atau tumbuhan.
– Humus, terbuat dari pelapukan ranting dan daun yang membusuk.
– Pupuk hayati merupakan pupuk mikrobiologis yang terbuat dengan memanfaatkan organisme hidup.
– Pupuk serasah, terbuat dari limbah organik komponen nabati atau tanaman.

Kelebihan Pupuk Organik

Pupuk organik terbuat dari beberapa bahan – bahan alami yang aman bagi lingkungan. Berikut ini adalah kelebihan dari pupuk organik :

– Bahan baku pembuatan pupuk organik mudah di dapatkan
– Harga pupuk organik lebih murah
– Lebih aman untuk lingkungan dan sehat
– Mengandung mikroorganisme tinggi
– Menjaga kesuburan tanah
– Memelihara unsur hara
– Menjaga kelembaban tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *