Pemupukan NPK Pada Tanaman Dapat Meningkatkan Hasil Pertanian

pemupukan, tanaman, meningkatkan, hasil, pertanian
Pupuk TSP

Pupuk TSP atau triple super phosphate dengan rumus kimia Ca(H2PO4). Pupuk TSP mengandung fosfor sebanyak 44 – 46 % berbentuk P2O5. Pupuk TSP berwarna coklat dan memiliki bentuk butiran atau granul.

Pupuk TSP bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman karena menjadi sumber fosfor. Pupuk TSP mudah dilarutkan dengan air. Pupuk TSP bisa digunakan untuk pupuk dasar dan juga pupuk susulan.

Pupuk NPK

Pupuk NPK atau nitrogen phosphate kalium memiliki rumus kimia NPK. Pupuk NPK memiliki kadar air maksimal 2%.

Pupuk NPK netral dan juga mudah digunakan diberbagai jenis tanah. Pupuk NPK bisa digunakan sebagai pupuk dasar dan juga pupuk lanjutan.

Pupuk NPK adalah salah satu jenis pupuk yang cocok digunakan untuk meningkatkan hasil pertanian para petani.

Pupuk NPK merupakan jenis pupuk majemuk karena mengandung beberapa unsur hara utama yang dibutuhkan oleh tanah.

Para petani mengandalkan pupuk npk sebagai pupuk pada tanaman di pertanian mereka karena memang pupuk ini juga terbukti bisa membuat tanah menjadi gembur dan subur.

Pemupukan NPK dapat meningkatkan hasil pertanian karena di dalam pupuk NPK terdapat unsur hara lengkap yang dapat menyuburkan tanah.

Pemupukan NPK yang dilakukan dapat meningkatkan unsur hara di dalam tanah dan dapat membuat tanah pertanian menjadi subur. Tanah yang subur dapat membuat tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

Tanaman yang optimal otomatis akan bisa tumbuh dan produktif. Tanaman yang produktif akan meningkatkan hasil panen pertanian dan dapat menguntungkan bagi para petani.

Pemupukan NPK sendiri sudah sering dan banyak di lakukan masyarakat. Hal ini dikarenakan pupuk NPK sendiri mengandung unsur hara yang lengkap dan baik untuk membantu meningkatkan kesuburan tanah.

Baca Juga : Sayuran Organik Peluang Budidaya Menguntungkan

Kandungan Pupuk NPK

Kandungan pupuk NPK bermanfaat untuk menyuburkan tanah yang dapat menutrisi tanamn karena mengandung unsur hara utama.

Unsur hara utama yang terkandung dalam pupuk NPK adalah nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium (K). Semua unsur hara tersebut bermanfaat untuk menutrisi tanaman agar tumbuh dengan baik.

Nitrogen (N)

Nitrogen (N) adalah unsur hara yang berfungsi sebagai penyusun asam amino (protein), asam nukleat, klorofil dan nukleotida.

Nitrogen membantu pertumbuhan vegetatif terutama pada daun. Menjadikan tanaman menjadi optimal dan produktif serta menjadi lebih hijau.

Fosfor (P)

Fosfor (P) berfungsi sebagai penyimpan dan penyalur energi yang berguna untuk aktifitas dari metabolisme tanaman.

Fosfor dapat menguatkan batang dan juga merangsang proses pematangan buah dan membantuk pembentukan bunga pada tanaman.

Fosfor juga membantu pertumbuhan dari akar dan tunas. Fosfor juga membantu perkembangan dari jaringan. Fosfor dapat membantu meningkatkan kekebalan terhadap penyakit.

Kalium (K)

Kalium (K) bermanfaat untuk membantu pembungaan dan pembuahan pada tanaman. Kalium juga dapat mengaktifkan enzim ketika proses metabolism berlangsung.

Kalium membantu tanaman untuk menyerap unsur hara dan air yang ada di dalam tanah. Kalium membantu menyebarkan hasil asimilasi dari daun ke seluruh jaringan.

Manfaat Pemupukan NPK dan Membuat Pupuk NPK

Manfaat pemupukan NPK pada tanaman adalah dapat meningkatkan kesuburan tanah agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal.

Membuat pupuk NPK sendiri bisa dilakukan dengan mencampurkan beberapa komponen pupuk seperti pupuk urea, sp-36 dan kalium.

Pupuk tunggal yang digunakan untuk membuat pupuk NPK adalah yang mengandung 54 % unsur N terdapat pada urea, 36 % unsur P terdapat dalam pupuk sp-36 dan 45 % unsur K terdapat dalam pupuk kalium.

Manfaat Pemupukan NPK

manfaat, pemupukan, npk

Manfaat pemupukan NPK pada tanaman petani sangat banyak dan sangat menguntungkan bagi tanaman petani. Berikut adalah manfaat pemupukan NPK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *