Pupuk NPK Nutrisi Penting Bagi Tanaman Petani

Pupuk npk, nutrisi, penting, tanaman, petani
Fosfor (P)

Fosfor (P) merupakan salah satu jenis unsur hara selain nitrogen (n) yang memiliki fungsi untuk menyimpan dan menyalurkan energy yang digunakan untuk aktifitas dari metabolisme tanaman.

Kandungan unsur hara fosfor dapat membantu pertumbuhan tunas dan akar. Selain itu fosfor juga membantu perkembangan jaringan. Fosfor juga meningkatkan kekebalan terhadap penyakit.

Fosfor juga dapat memperkuat batang dan juga dapat merangsang proses matangnya buah dan juga membantu pembentukan dari bunga pada tanaman.

Kalium (K)

Kalium (K) merupakan salah satu unsur hara selain nitrogen dan fosfor yang bermanfaat membantu pembuahan dan pembungaan pada tanaman.

Unsur hara kalium juga membantu mengaktifkan enzim ketika proses metabolisme pada tanaman sedang berlangsung.

Kalium juga dapat membantu tanaman ketika menyerap air dan hara di dalam tanah. Kalium juga membantu menyebarkan hasil asimilasi ke seluruh jaringan tanaman dari daun.

Baca Juga : Mengenal Manfaat dan Jenis Pupuk

Manfaat Pupuk NPK

Manfaat pupuk npk untuk kesuburan tanah sangat banyak. Kesuburan tanah diperlukan tanaman agar dapat tumbuh dengan optimal.

Merangsang Pertumbuhan Akar

Pupuk NPK yang diberikan pada lahan penanaman akan membuat tanah menjadi gembur dan subur. Dengan demikian akar tanaman dapat tumbuh menjadi baik. Akar menjadi lebih cepat tumbuh dan lebih sehat ketika ternutrisi oleh pupuk npk.

Membantu Metabolisme Tanaman

Unsur hara yang terdapat pada pupuk npk dapat membantu proses metabolisme pada tanaman dengan cara mengaktifkan enzim.

Pembentukan vitamin dan enzim

Pembentukan vitamin dan enzim dapat dibantu dengan pemberian pupuk npk pada tanaman. Vitamin dan enzim ini sangat berguna untuk pertumbuhan dari tanaman.

Menguatkan Tanaman

Kandungan unsur hara pada pupuk npk dapat membantu tanaman menjadi lebih kuat terhadap penyakit. Sehingga daya tahan dari tanaman akan menjadi lebih baik.

Menghindarkan dari Hama

Hama yang mendekati tanaman yang telah diberi pupuk npk akan mati. Hal ini dikarenakan di dalam pupuk npk terdapat zat senyawa yang melindungi tanaman dari hama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *