Pupuk NPK Nutrisi Penting Bagi Tanaman Petani

Pupuk npk, nutrisi, penting, tanaman, petani
Pupuk Urea

Pupuk urea atau ammonium carbamide memiliki rumus kimia CO(NH2)2. Pupuk urea merupakan campuran dari NH3 (gas amoniak) dan (CO2) gas arang.

Pupuk urea memiliki bentuk kristal dengan warna merah muda dan putih. Pupuk urea mengandung 46% Nitrogen. Pupuk urea memiliki reaksi asam dan mudah larut dalam air.

Pupuk ZA

Pupuk ZA atau zwavelzure ammonium memiliki rumus kimia (NH4)2SO4. Pupuk ZA terbuat dari S (asam belerang) dan NH4+ (gas ammonium).

Pupuk ZA memiliki warna putih, merah muda, abu – abu, kuning dan biru. Pupuk ini memiliki bentuk kristal.

Pupuk ZA cocok digunakan untuk pupuk dasar. Pupuk ZA memiliki reaksi asam yang kurang baik untuk tanah yang kekurangan kalsium (alkali). Pupuk ini mudah larut di dalam air.

Pupuk TSP

Pupuk TSP atau triple super phosphate memiliki rumus kimia Ca(H2PO4). Pupuk TSP mengandung fosfor sebanyak 44 – 46% berbentuk P2O5. Pupuk TSP memiliki warna kecoklatan dan berbentuk butiran atau granul.

Pupuk TSP menjadi sumber fosfor yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Pupuk TSP dapat dilarutkan dengan air. Pupuk TSP bisa digunakan sebagai pupuk dasar dan juga pupuk susulan.

Pupuk NPK

Pupuk NPK atau nitrogen phosphate kalium memiliki rumus kimia NPK. Memiliki kadar air maksimal 2%. Pupuk NPK memiliki reaksi netral dan bisa digunakan di berbagai jenis tanah. Pupuk NPK bisa digunakan sebagai pupuk dasar dan pupuk lanjutan.

Pupuk NPK Nutrisi Penting Tanaman

Pupuk NPK, nutrisi, penting, tanaman

Pupuk NPK merupakan salah satu jenis pupuk yang digunakan petani untuk tanaman. Tanaman yang diberi pupuk akan mendapatkan nutrisi dan dapat mengoptimalkan pertumbuhan.

Pupuk NPK termasuk salah satu jenis dari pupuk majemuk yang digunakan petani. Pupuk NPK memiliki bentuk cair dan padat berupa bubuk, granul, briket, pellet dan tablet.

Pupuk NPK juga menjadi salah satu pupuk andalan petani karena manfaatnya yang baik untuk menutrisi tanaman para petani dan juga dapat menyuburkan tanah.

Tidak heran jika pupuk ini sangat diminati petani dan menjadi laris dipasaran. Hal ini dapat menjadi peluang untuk bisnis berjualan pupuk.

Kandungan Pupuk NPK

Kandungan Pupuk NPK adalah unsur hara utama yang sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanah dan dapat menjadi nutrisi bagi tanaman.

Pupuk NPK terdiri dari unsur hara utama yaitu nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium(K). Semua unsur hara tersebut sangat bermanfaat menutrisi tanaman agar dapat tumbuh dengan optimal.

Nitrogen (N)

Nitrogen (N) merupakan salah satu jenis unsur hara yang memiliki fungsi untuk menyusun protein (asam amino), asam nukleat, klorofil dan nukleotida.

Unsur hara nitrogen dapat membantu pertumbuhan vegetatif terutama pada daun yang dan menjadikan tanaman menjadi lebih hijau dan membantu pertumbuhan dari tanaman menjadi optimal dan produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *