Jual Benih Cabe Keriting Kastilo Termurah

jual, benih, cabe, cabai, keriting, kastilo, termurah, f1, hibrida

Jual Benih Cabe Keriting Kastilo F1 Termurah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO adalah toko pertanian online yang jual beragam kebutuhan tani berkualitas.

Toko Pertanian LMGA AGRO jual berbagai kebutuhan pertanian murah dan lengkap. Produk – produk yang kami jual dan tawarkan diantaranya yaitu pestisida, pupuk, benih tanaman, alat pertanian dan spare part, zpt, dll. Tersedia dalam harga promo dan diskon.

LMGA AGRO bekerja sama dengan banyak perusahaan jasa pengiriman logistik untuk mengirim pesanan produk sampai ke alamat tujuan. Mitra pengiriman kami contohnya yaitu KI8, JNE, JNT, Pos Indonesia, Tiki, Indah Logistik, Wahana, dll. Pesanan dijamin pasti sampai ke alamat tujuan.

Cabai Keriting

Cabai keriting merupakan salah satu komoditi hortikultura unggulan di Indonesia. Tingginya permintaan komoditi cabe semakin membuat produktivitasnya menjadi semakin meningkat. Petani bisa memanfaatkan peluang ini untuk budidaya cabe keriting. Tanaman ini termasuk dalam bumbu dapur yang diperlukan dalam kehidupan sehari – hari. Maka tidak mengherankan jika permintaan komoditas cabe keriting cukup stabil pada pasar modern maupun pasar tradisional.

Pada umumnya, cabai keriting bisa ditanam di semua dataran. Mulai dari dataran rendah, menengah sampai dataran tinggi. Dan saat ini sudah banyak sekali berbagai varietas benih cabe keriting unggulan yang beredar di pasaran yang diproduksi .

Contohnya seperti benih cabai keriting Rimbun 3 (Cap Kapal Terbang), Laba (Cap Panah Merah), Helix (Cap Kapal Terbang), Lado (Cap Panah Merah ), Kastilo (Cap Panah Merah), Red Sabel (Takii Seed), Very Well (Tunas Agro), OR Twist 42 (Oriental Seeds), dll. Kali ini saya ingin membahas benih cabe keriting Kastilo F1 Cap Panah Merah.

Jual Benih Cabe Keriting Kastilo Termurah Cap Panah Merah

panah merah, cap panah merah, benih, cabe merah, cabai merah, kastilo f1, murah, eastwestseed, east west seed

Kastilo F1 adalah salahsatu produk benih cabe keriting hibrida unggulan Cap Panah Merah yang diproduksi PT East West Seed Indonesia.

Karakteristik dari Cabe Kastilo F1 diantaranya yaitu :

  1. Toleran terhadap hama thrips, aphid, dan penyakit antraknosa
  2. Memiliki vigor tanaman yang kokoh, tegak, memiliki ruas yang banyak serta banyak percabangan
  3. Cocok ditanam di daerah dataran menengah sampai dataran tinggi, baik pada musim hujan dan musim kemarau
  4. Menanam cabe keriting Kastilo F1 lebih mudah karena tahan hama serta penyakit
  5. Pembentukan buah lebih mudah
  6. Buahnya memiliki tekstur yang lentur sehingga tahan terhadap pengepakan dan pengangkutan jarak jauh
  7. Buahnya memiliki diameter ± 0,7 cm – 0,8 cm, dengan panjang 15 – 17 cm dan memiliki warna hijau saat masih muda dan berubah menjadi merah mengkilat saat sudah tua dengan rasa yang pedas
  8. Jual Benih Cabe Keriting Kastilo Termurah bisa Anda beli dan dapatkan di toko pertanian LMGA AGRO
  9. Tersedia dalam kemasan sachet berukuran 15 gram berisi 2000 butir
  10. Kebutuhan benih cabe Kastilo F1 per ha adalah sekitar 100 – 130 gram dengan diberikan jarak tanam ± 60 x 60 cm
  11. Bisa dipanen setelah tanaman berumur 100 – 115 hst dengan potensi hasil panen sekitar ± 18 – 20 ton per ha

Baca Juga : Tomat Diamona Tanaman Tahan Virus Dan Layu Buah Besar

Budidaya Cabe Kastilo F1

Cabe Kastilo F1 bisa dibudidayakan dan ditanam oleh petani cabe. Cabe Kastilo F1 ditanam dengan cara menanam cabe keriting yang baik dan benar. Proses budidaya cabe keriting Kastilo F1 yang baik dan benar yaitu :

·         Persiapan Lahan

Untuk persiapan lahan tanam, yang harus dilakukan pertama kali adalah mengolah lahan. Pengolahan lahan bisa menggunakan traktor atau cangkul. Pengolahan lahan tanam dengan cara ditraktor caranya dengan mengolah tanah menggunakan traktor lalu biarkan selama 1 minggu. Setelah jangka waktu 1 minggu, balikkan tanah menggunakan rotary.

Kemudian berikan kapur pertanian (disesuaikan dengan kebutuhan) dan campuran pupuk kandang sebesar 30 – 40 ton per ha, lalu biarkan selama 1 minggu lagi. Setelah 1 minggu, balikkan lagi tanah tersebut dan dibentuk bedengan. Pupuk dasar siap diberikan dengan cara ditaburkan pada lubang tanam secara merata pada bedengan. Lalu tutup dengan menggunakan mulsa dan biarkan selama jangka waktu 1 minggu.

Buka mulsa setelah 1 minggu. Buat lubang pada mulsa dan berikan jarak sekitar ± 50 x 40 cm pada penanaman single row dan 60 x 50 cm pada penanaman double row zig zag

·         Persemaian

Proses persemaian dilakukan dengan cara menyemai benih dalam polybag selama 18 – 28 hari. Media semai yang digunakan untuk menyemai benih cabe keriting adalah campuran pupuk kompos/kandang dan tanah dengan menggunakan perbandingan 1 : 1. Jika benih Kastilo F1 sebelumnya sudah diberikan proses coating maka tidak perlu untuk diperam.

·         Penanaman

Jika bibit cabai Kastilo sudah memiliki 5 helai daun, maka bibit sudah siap untuk dipindah pada lubang tanam. Pindahkan pada lubang tanam, setiap 1 lubang tanam untuk 1 bibit tanaman. Lakukan proses penanaman pada pagi atau sore hari agar menghindari sinar matahari yang panas pada siang hari agar tanaman terhindar dari panas sehingga tidak mati.

Jika tanaman sudah cukup tinggi maka lakukan proses pemasangan ajir / turus dan ikatkan pada tanaman cabe Kastilo menggunakan tali agar cabe Kastilo F1 tidak mudah roboh terkena terpaan angin / hujan

·         Pemeliharaan

Proses pemeliharaan dilakukan dalam beberapa tahap. Pemeliharaan penting dilakukan agar tanaman bisa terus tumbuh dan menghasilkan hasil panen yang sehat serta berkualitas terbaik dan memiliki nilai jual tinggi di pasaran.

Untuk penyiraman, dilakukan secara rutin dan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Selanjutnya, untuk aplikasi pemberian pemupukan susulan dilakukan secara berkala tiap 2 minggu sekali dengan cara menabur pupuk NPK di sekitar tanaman cabe lalu disiram dengan air.

Untuk aplikasi pemupukan dan waktu pemberiannya bisa dilihat dibawah ini :

  1. Pupuk Dasar = Pupuk Kandang dan pupuk Borate
  2. 14 HST = Pupuk NPK (25 – 7 – 7)
  3. 28 HST = Pupuk NPK (25 – 7 – 7)
  4. 42 HST = Pupuk NPK (25 – 7 – 7), Pupuk NPK (16 – 16 – 16), KCL, dan Kalsium
  5. 56 HST = Pupuk NPK (16 – 16 – 16), KCL, dan Kalsium
  6. 70 HST = Pupuk KP dan Kalsium
  7. 84 HST = Pupuk KP
  8. 100 HST = Pupuk KP
·         Pengendalian Hama Dan Penyakit

Beberapa hama dan penyakit ini sangat sering menyerang tanaman cabe keriting. Contohnya seperti :

1.        Antraknosa

Penyakit antraknosa merupakan salah satu penyakit utama dalam budidaya cabe. Antraknosa disebabkan oleh cendawan Colletrotichum sp. Cendawan ini akan berkembang dengan pesat pada suhu dibawah 32° C dan tingkat kelembaban 90 persen.

Cendawan ini mampu bertahan hidup di dalam tanah dan pada sisa – sisa tanaman / buah yang telah terinfeksi. Untuk penularannya penyakit antraknosa bisa disebarkan melalui manusia, penyemprotan pestisida, percikan air hujan, alat pertanian, maupun lewat hembusan angin.

Antraknosa pada umumnya bisa menyerang berbagai bagian tanaman, mulai dari cabang, daun, buah maupun rantingnya. Serangannya bisa menyerang tanaman pada berbagai fase, mulai dari fase vegetatif maupun fase generatif. Jika tanaman terserang penyakit ini, gejalanya bisa terlihat dengan adanya bercak – bercak cekung, kering dan busuk basah, serta berwarna oranye atau hitam.

Untuk mengendalikan penyakit ini, bisa dengan cara menjaga kebersihan lingkungan lahan tanam, dan memberikan aplikasi fungisida berbahan aktif Penarimol, Flusilazol, Propineb, Karbendazim, Kloratalonil, Heksakonazol, Asilbenzolars metyl, dll

2.        Layu Bakteri

Penyakit layu bakteri (Bacterial Wilt) disebabkan oleh bakteri Ralstonia solanacearum. Penyakit ini biasanya mulai menginfeksi tanaman inangnya sejak dipindah tanam. Selain itu penyakit ini juga bisa menyebar melalui infeksi luka pada tanaman yang disebabkan oleh serangan hama (serangga, nematoda, siput, dll).

Gejala serangan penyakit ini bisa dilihat dari adanya daun tanaman yang layu. Daun muda akan layu sampai dengan ujung percabangan saat cuaca panas, lalu terlihat nampak segar kembali pada waktu malam hari ketika cuaca sedang dingin. Jika serangan penyakit ini sudah parah maka seluruh bagian tanaman akan layu dan mengering dengan cepat meskipun warna tanaman tetap hijau.

Gejala lain yang terjadi adalah daun yang menguning dan matinya tanaman secara tiba-tiba serta munculnya bercak berwarna coklat gelap pada empulur dan pembuluh batang dan cabangnya. Perubahan warnanya bisa terlihat dengan sangat jelas jika empulur dan pembuluhnya dibelah.

Untuk pengendalian penyakit ini, bisa dengan cara melakukan rotasi tanaman, membersihkan lahan tanam dari gulma, meningkatkan tingkat pH tanah, memiliki sistem drainase yang baik, serta memberikan aplikasi bakterisida berbahan aktif asam oksolinik, kasugamycine hidrokloridadan oksitetrasiklin, dazomet dan streptomycine sulfat

3.        Hawar Daun

Penyakit hawar daun disebabkan oleh cendawan Phytopthora capsici. Gejala penyakit ini diantaranya seperti terdapat bercak berbentuk bulat melingkar dan cepat membesar, serta terjadinya penyempitan pada batang berwarna hitam (seperti tercekik). Penyakit ini biasanya menyerang bagian bunga dan daun.

Serangan penyakit ini diawali dengan sebagian besar jaringan tanaman mengalami layu (terutama bagian daun) sehingga mempercepat terjadinya klorosis. Terjadinya klorosis ini terjadi selama beberapa hari saja (sangat cepat) dimana bagian tanaman yang terserang berubah warna menjadi coklat dan membuat jaringan di bawah permukaan menjadi mati.

Kerugian yang diakibatkan penyakit ini tentu akan sangat besar mengingat jika penyakit ini telah menyerang dan dibiarkan saja maka akan cepat menyebar dan meluas pada bagian tanaman lain yang belum terserang. Serangannya akan lebih intens jika terjadi pada musim hujan ditambah dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

Penyakit ini bisa dikendalikan dengan beberapa cara, seperti membuat sistem drainase yang baik, menjaga kebersihan lahan, melakukan penyiangan gulma, memberikan jarak tanam yang tidak terlalu rapat, mengurangi tingkat kelembaban serta memberikan aplikasi pestisida sesuai dengan dosis

Baca Juga : Mengenal Lalat Buah (Bractocera sp.)

4.        Virus Gemini

Penyakit virus Gemini penyebarannya tidak ditularkan melalui biji, melainkan melalui serangga vector seperti kutu kebul dan melalui proses penyambungan. Kutu kebul merupakan vector/ pembawa utama penyakit ini. Jika kutu kebul telah memakan tanaman yang terserang penyakit ini, maka seumur hidupnya hama kutu kebul akan terus menyebarkan dan menularkan penyakit ini pada tanaman lain yang diserang.

Selain hama kutu kebul, hama lain yang bisa menjadi vector penyakit virus Gemini yaitu kutu – kutuan. Kutu – kutu tersebut contohnya mulai dari tungau, kutu daun, dan thrips dimana merupakan penyebab utama daun menjadi keriting. Maka tidak mengherankan jika tanaman yang terserang penyakit ini juga terdapat gejala seperti daun yang menjadi keriting.

Gejala serangan virus Gemini / virus kuning / Begomovirus pada tanaman cabe bervariasi, seperti daun yang keriting, menguning dan berukuran kecil. Jika tanaman terinfeksi penyakit ini maka biasanya tanaman menjadi kerdil dan ruas percabangannya menjadi lebih pendek.

Pada fase generatif serangan virus Gemini biasanya menyebabkan daun menjadi gugur. Hama vector penyebar penyakit ini adalah kutu kebul. Cara pengendaliannya bisa dengan cara menggunakan aplikasi insektisida berbahan aktif Diafentiuron, Tiametoksam, Abamektin, dan Metidation

  1. Bercak daun

Penyakit Bercak daun disebabkan oleh cendawan Cercospora capsici. Penyakit ini bisa ditularkan melalui alat pertanian, hama vector, air hujan, dan angin. Serangan penyakit ini cukup meresahkan untuk petani, terutama karena tingkat penyebarannya sangat mudah.

Gejala serangan penyakit bercak daun dapat terlihat dari kerusakan di bagian daun, akar dan batang. Serangannya ditandai dengan munculnya bercak bulat berwarna coklat pada daun dengan ukuran 1 inci. Daun yang terserang akan dipenuhi bercak – bercak kecil yang kemudian nantinya akan terus membesar.

Pusat bercaknya berwarna pucat sampai putih dengan warna tepian yang lebih tua. Perkembangan penyakit ini akan lebih intens pada musim hujan dan tingkat kelembaban yang tinggi.

Bercak yang tua mampu untuk menyebabkan lubang pada bagian yang terserang. Serangan bercak daun bisa menimbulkan kerugian yang amat besar. Bagian daun yang terserang penyakit ini akan layu dan rontok. Penyakit bercak daun ini bisa menyerang tanaman berumur muda maupun sudah tua, tetapi cenderung menyerang tanaman berumur tua.

Untuk mengendalikan penyakit ini, caranya bisa dengan memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan pemberian aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

  1. Mosaik

Penyakit mosaik bisa menyerang tanaman cabe keriting. Serangannya bisa dilihat dengan pertumbuhan tanaman yang kerdil, tulang daun berwarna kuning, ukuran daun lebih kecil serta warna daun belang belang hijau muda dan hijau tua.

Penyakit mosaik disebabkan oleh Cucumber Mosaic Virus (CMV). Penyebar penyakit ini adalah hewan serangga. Untuk mengatasi penyakit mosaic, cara yang bisa dilakukan contohnya yaitu memberikan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis serta memberikan pemupukan secara baik dan benar

·         Pemanenan

Proses pemanenan bisa dilakukan setelah tanaman cabe Kastilo F1 berumur antara 100 – 115 hst. Di waktu tersebut biasanya buah cabai sudah berwarna merah dan telah masak sehingga bisa dipanen secara langsung. Cara pemanenannya dengan cara dipetik bersama tangkainya agar buah lebih tahan lama. Potensi hasil panennya bisa mencapai ± 18 – 20 ton

Baca Juga : Toko Pertanian LMGA AGRO Indonesia Idola Petani

Belanja Online dan Jual Benih Cabe Keriting Kastilo Termurah

belanja, online, belanja online, jual benih, cabe keriting, cabai keriting, lmga agro, toko pertanian, online shop

Belanja Online dan Jual Benih Cabe Kastilo Termurah dan Berkualitas di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bermacam – macam kebutuhan tani dengan harga murah dan kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Toko Pertanian Online LMGA AGRO bekerjasama dengan berbagai perusahaan jasa pengiriman logistik terpercaya di Indonesia. Perusahaan mitra pengiriman kami contohnya seperti JNT, Pos Indonesia, Wahana, Indah Logistik, JNE, KI8, Tiki, dll. Semua pesanan dijamin pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Layanan konsultasi gratis seputar masalah pertanian juga kami berikan untuk memberikan kepuasan kepada Anda. Jadi untuk pembaca yang tertarik membeli produk kami atau berkonsultasi seputar masalah pertanian bisa langsung menghubungi toko pertanian online LMGA AGRO melalui no. telepon 082141747141 (Khusus Layanan Telepon) atau 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS).

Demikian artikel berjudul Jual Benih Cabe Keriting Kastilo Termurah ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan pembaca semua. Jika masih terdapat hal – hal yang kurang jelas Anda bisa langsung menghubungi toko pertanian online LMGA AGRO melalui no. telepon yang tertera diatas. Salam sukses petani Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *