Jual Benih Cabe Gada MK Murah Hasil Panen Melimpah

jual, cabe merah, murah, harga murah, lengkap, berkualitas

Jual Benih Cabe Gada MK Murah Hasil Panen Melimpah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO adalah toko pertanian online berkualitas dan terpercaya.

LMGA AGRO menyediakan berbagai kebutuhan bertani harga murah dan lengkap. Produk pertanian yang kami jual diantaranya yaitu pestisida, pupuk, zpt, benih tanaman, alat pertanian dan spare part, dll. LMGA AGRO jual berbagai produk tersebut dengan kualitas terbaik.

LMGA AGRO menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan jasa pengiriman logistik Nasional di Indonesia. Perusahaan mitra pengiriman kami diantaranya yaitu Pos Indonesia, Wahana, KI8, JNT, JNE, Tiki, Indah Logistik, dll. Dijamin semua pesanan pasti sampai ke alamat tujuan.

Cabai Merah

Cabai merah merupakan salah satu jenis cabe yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Petani cabe sudah banyak budidaya cabe jenis ini. Kebutuhan benih cabe merah anti virus yang berkualitas kini menjadi prioritas bagi petani dalam menjalankan budidaya cabe yang baik dan benar.

Tanam benih cabe bisa menjadi peluang usaha dalam meraup untung. Sudah banyak produk benih cabe tahan virus yang beredar di pasaran untuk ditanam dan dibudidayakan. Contohnya saja seperti benih cabe Arimbi 85 F1, Columbus F1, Baja F1, dan lain-lain.

Jual Benih Cabe Gada MK Murah

Gada MK merupakan benih cabe merah berkualitas produk dari PT East West Seed Indonesia (EWINDO) dengan merk dagang Cap Panah Merah. Gada MK Cap Panah Merah produk Eastwestseed sudah banyak ditanam oleh petani Indonesia karena memiliki banyak keunggulan.

Karakteristik dari benih cabe Gada MK F1 diantaranya yaitu :

  1. Cocok ditanam di daerah dataran rendah dan pada musim kemarau dan musim hujan
  2. Pembentukan buah tetap mudah meskipun dalam kondisi cuaca buruk / kurang baik
  3. Buah cabai Gada MK F1 memiliki tekstur yang lentur sehingga saat proses pengepakan dan pengiriman jarak jauh buah tidak akan rusak
  4. Memiliki vigor tanaman yang tegak, kokoh serta banyak percabangan
  5. Jual Benih Cabe Merah Gada MK F1 murah hasil melimpah bisa Anda beli dan dapatkan di toko pertanian LMGA AGRO
  6. Tahan terhadap serangan hama thrips, Mite, Aphid dan penyakit layu bakteri
  7. Bisa dipanen jika tanaman cabe telah berumur sekitar ± 80 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen ± 25 ton per ha
  8. Kulit buahnya berwarna hijau gelap dan mulai berubah menjadi merah mengkilat saat sudah berumur tua dengan buahnya memiliki panjang ± 16 cm dan diameter sekitar ± 14 cm
  9. Kebutuhan benih cabe Gada MK F1 per ha adalah sekitar 140 – 150 gram dengan diberikan jarak tanam sekitar ± 60 x 60 cm
  10. Tersedia dalam kemasan sachet berisi 1500 butir benih
  11. Kualitas benih cabe Gada MK F1 terbaik bisa Anda apatkan di LMGA AGRO karena LMGA AGRO jual benih cabe Gada MK hasil panen melimpah

Budidaya Cabe Gada MK F1

budidaya, cabai merah, cabe merah, gada mk f1, cabe hibrida gada mk, cabai hibrida gada mk

Untuk mendapatkan hasil panen cabe Gada MK F1 yang maksimal, maka perlu melakukan cara menanam cabe Gada MK F1 yang baik dan benar. Proses budidaya cabai hibrida Gada MK yang baik dan benar yaitu :

Proses Persemaian

  1. Siapkan media semai dengan tekstur halus dan lembut. Media semai tersebut bisa menggunakan campuran tanah : arang sekam : pupuk kandang dengan mengggunakan perbandingan 2 : 1 : 1 atau bisa dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1
  2. Siapkan tempat semai dengan ketebalan 5 – 7 cm untuk mempermudah pertumbuhan bibit
  3. Buat lubang semai. Berikan jarak sekitar 3 – 5 cm lalu masukkan 1 – 2 butir benih per lubang
  4. Pelihara bibit hingga 25 – 30 hari hingga siap dipindah tanam dan jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung.
  5. Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari, yakni pada pagi atau sore hari agar tingkat kelembaban tetap terjaga

Pengolahan Tanah

Pastikan tanah yang akan diolah merupakan tanah gembur dan memiliki porositas yang baik. Pastikan sebelum mengolah lahan tanah dicangkul sedalam 20 – 40 cm. Bersihkan lahan dari kerikil maupun sisa – sisa tanaman sebelumnya Ini bertujuan untuk meperlancar pertumbuhan tanaman.

Setelah itu, buat bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi 30 – 40 cm dengan jarak antar bedengan 60 cm. Untuk panjang bedengan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, maksimal sekitar sekitar 15 meter. Buat saluran drainase yang baik agar penyerapan air di sekitar lahan tanam menjadi lebih baik.

Baca Juga : KK Cross Raja Kubis Dataran Rendah

Penanaman

  1. Untuk media tanam, bisa menggunakan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Atau bisa juga menggunakan media tanam berupa tanah, kokopit dan pupuk kompos dengan menggunakan perbandingan 2 : 1 : 1
  2. Siapkan tempat tanam dengan diameter sekitar ± 30 – 50 cm (bisa menggunakan polybag, pot, dll). Atau bisa juga dengan ditanam langsung di bedengan
  3. Berikan jarak tanam sekitar 45 – 50 cm, disesuaikan dengan penggunaan tempat tanam. Jarak tanam diatur agar sirkulasi udara menjadi lancar
  4. Tempatkan tanaman pada area yang terpapar sinar matahari langsung agar mendapatkan sinar matahari yang cukup

Pemeliharaan

  1. Lakukan penyiraman secara intensif jika bibit ditanam pada polybag, pot, atau wadah lain. Penyiraman dilakukan dengan pada media tanam danhindari menyirami bagian tanaman
  2. Lakukan proses pemupukan dengan menggunakan pupuk organik atau anorganik. Pastikan menggunakan pupuk dengan kandungan Nitrogen pada fase vegetatif dan ditambah dengan Fosfor dan Kalium pada fase generatif, tambahkan Kalsium (Ca) untuk menyuburkan serbuk sari dan proses pembuahan lebih sempurna. Pemupukan dilakukan selama 5 – 7 hari sekali

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Hama dan penyakit bisa dikendalikan sesuai dengan tingkat serangannya. Pengendaliannya bisa dilakukan secara kimiawi, biologi, manual, ataupun kombinasi dari metode tersebut.

Hama dan Penyakit dari cabai merah diantaranya yaitu :

  1. Kutu Daun

Hama kutu daun merupakan salah satu hama utama yang sering menyerang tanaman cabe merah. Hama ini hidup berkelompok dan memiliki warna hijau, coklat, dan hitam.

Gejala serangan hama ini contohnya seperti adanya daun – daun muda dan tunas yang menggulung. Selain itu, hama ini juga mampu menjadi penyebar virus. Cairan yang dihasilkan hama ini memiliki rasa yang manis dan mampu menarik semut, sehingga secara tidak langsung menjadi penyebar cendawan penyakit pada cabe. Untuk mengendalikan hama ini caranya bisa dengan menggunakan predator alami kutu daun serta memberikan aplikasi insektisida sistemik dan insektisida kontak sesuai dosis.

  1. Ulat Grayak

Ulat grayak merupakan hama yang sering menyerang tanaman cabai merah. Hama ini hidup secara berkelompok dan massif sehingga disebut juga dengan ulat tentara (army worm). Serangan hama ini biasanya terjadi pada malam hari, bahkan pada tingkat serangan yang parah hama ini bisa menyebabkan tanaman cabe menjadi rusak hanya dalam waktu semalam saja.

Gejala serangan hama ini contohnya yaitu adanya daun yang berlubang dan meranggas. Hama ini menyerang dengan cara memakan daun dari bagian tepi lalu ke bagian bawah dan atas daun. Selain itu biasanya terdapat bintik berbentuk segitiga berwarna hitam dan bergaris kekuningan pada sisinya. Untuk mengendalikan hama ini, caranya bisa dengan memunguti hama ulat grayak secara langsung dan menyeluruh, melakukan penyiangan gulma, menggunakan musuh alami serta melakukan penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis

  1. Lalat Buah

Lalat buah merupakan salah satu jenis hama yang banyak menyerang tanaman hortikultura. Salah satu jenis lalat buah yang menyerang tanaman cabe merah adalah Bactrocera sp. Gejala serangan dari hama ini yaitu terdapat noda bekas tusukan pada kulit buah, terdapat belatung jika buah dibelah, buah terlihat mengeriput serta buah menjadi busuk.

Pengendalian hama ini sangat diperlukan untuk mengendalikan perkembangan lalat buah. Cara pengendalian lalat buah yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menggunakan musuh alami lalat buah, memelihara lahan tanam, serta membuat sanitasi yang baik agar lalat buah tidak berkembang lebih banyak.

Baca Juga : Penggunaan ZPT Tanaman Padi

  1. Tungau

Tungau merupakan salah satu hewan serangga yang banyak menyerang tanaman cabai merah. Hama tungau merupakan salah satu penyebab penyakit daun keriting pada cabe. Hewan ini memiliki 8 kaki dan termasuk dalam anggota superordo Acarina. Perkembangan hama ini termasuk cukup cepat.

Bagian tanaman yang menjadi favorit tungau untuk diserang yaitu bagian daun yang masih muda. Serangan pada daun muda ini membuat permukaan daun bagian bawah yang terserang menjadi berwarna cokelat. Daun tersebut menjadi kaku dan melengkung ke bawah. Pertumbuhan pucuk menjadi terganggu akibat hal tersebut.

Serangan hama ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena jika hama terus menyerang maka tanaman cabai akan rusak dan mati. Oleh karena itu perlu cara pengendalian yang tepat agar bisa membasmi hama tungau. Cara pengendalian tungau yang bisa dilakukan diantaranya yaitu memusnahkan tanaman yang terserang, menggunakan predator alami, serta memberikan aplikasi insektisida sesuai dengan kebutuhan

  1. Thrips

Tanaman yang terserang hama thrips membuat daun cabai menjadi keriting. Jika hama thrips dibiarkan saja maka serangannya akan mematikan dan membuat gagal panen. Thrips berukuran kecil dan memiliki panjang sekitar ± 0,5 – 1,5 mm. Serangan hama ini dilakukan dengan cara menghisap cairan tanaman pada bunga dan daun muda.

Gejala dari serangan hama thrips diantaranya yaitu terdapat bercak – bercak keperak – perakan / putih / kekuning – kuningan, terutama pada permukaan bawah daun. Bercak – bercaknya tampak dekat dengan tulang daun pada awalnya, lalu terus menyebar ke tulang daun dan akhirnya seluruh permukaan daun menjadi menguning.

Cara mengendalikan hama thrips contohnnya seperti memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan proses pemupukan, serta melakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif karbosulfan, fipronil, abamektin, atau imidakloprid sesuai dengan dosis

  1. Layu Fusarium

Penyakit layu fusarium merupakan salah satu penyakit yang bisa menjadi ancaman serius bagi tanaman cabe merah. Jika penyakit ini sudah menyerang dan dibiarkan saja, maka sangat cepat sekali penyakit ini bisa langsung membuat tanaman mati jika tidak segera diatasi.

Penyakit layu fusarium disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum. Musim hujan seperti sekarang membuat layu fusarium lebih mudah menyerang tanaman cabe. Tingkat kelembaban yang tinggi ditambah dengan genangan air serta pH tanah yang rendah membuat jamur Fusarium Oxysporum menjadi lebih berkembang.

Penyebaran penyakit ini biasanya bisa dilihat pada leher batang bagian bawah tanaman dimana langsung bersinggungan dengan tanah. Bagian yang terinfeksi biasanya berwarna coklat dan membusuk. Infeksinya akan terus menjalar ke akar sehingga akar akan mengalami busuk basah.

Gejala penyakit ini bisa dilihat seperti tanaman yang layu pada siang hari dan nampak segar pada sore hari. Gejala ini akan semakin parah dan bisa membuat mati tanaman dalam jangka waktu sekitar 7 – 10 hari jika penyakit ini dibiarkan saja. Cara mengendalikan penyakit layu fusarium diantaranya yaitu mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tanaman, memberikan pupuk dengan tepat, serta melakukan penyemprotan fungisida sesuai dengan dosis kebutuhan

  1. Antraknosa

Penyakit antraknosa disebabkan oleh serangan cendawan Colletotrichum capsici. Cendawan ini mampu berkembang secara pesat pada tingkat kelembaban 90 persen dan suhu di bawah 32° C. Cendawan ini bertahan hidup pada sisa – sisa tanaman atau buah yang telah terinfeksi dan di dalam tanah.

Penularan penyakit ini biasanya disebabkan oleh manusia, penyemprotan pestisida, percikan air hujan, alat pertanian, dan hembusan angin. Serangan penyakit ini mampu menyerang mulai dari fase vegetatif hingga fase generatif. Penyakit ini bisa menyerang hampir seluruh bagian tanaman, seperti daun, ranting, cabang dan buah.

Gejala serangan dari penyakit ini bisa terlihat dari adanya bercak melingkar cekung berwarna coklat pada bagian tanaman yang terserang. Bercak tersebut akan berkembang dan meluas sehingga menyebabkan buah menjadi busuk, kering dan jatuh.

Untuk mengendalikan penyakit antraknosa, upaya pengendalian yang harus dilakukan diantaranya yaitu memberikan pupuk dengan kandungan kalsium tinggi, melakukan perempelan tunas, penyiangan gulma dan memberikan aplikasi fungisida pada tanaman yang terserang sesuai dengan dosis

  1. Bercak Daun

Bercak daun merupakan salah satu penyakit yang umum menyerang tanaman hortikultura. Bercak daun biasanya mulai muncul pada musim hujan saat kondisi kelambaban cukup tinggi. Penyebab dari penyakit bercak daun adalah jamur Cercospora capsici. Jamur ini menyebar melalui air hujan, angin, serta hama vector dan alat pertanian saat jamur ini masih berbentuk spora. Spora ini lalu menyerang benih / biji bahkan sebelum ditanam.

Bagian tanaman yang biasa terserang dari penyakit ini contohnya seperti daun dan tunas. Gejala dari penyakit bercak daun contohnya yaitu munculnya bercak pada tunas, daun menjadi kering dan menggulung serta muncul bercak coklat pada daun dikelilingi warna kuning. Penyakit ini bisa dikendalikan dengan cara memusnahkan tanaman yang terinfeksi serta memberikan aplikasi fungisida sesuai dosis

  1. Mosaik

Penyakit mosaik (Cucumber Mosaic Virus / CMV) disebabkan oleh virus Cucumber Mosaic Virus. Hama aphid merupakan salah satu pembawa virus ini sehingga mampu menyerang berbagai tanaman.

Gejala CMV bisa dilihat dari adanya bercak daun kuning. Kemudian daun akan menyempit. Buah yang telah terinfeksi bentuknya abnormal, tidak rata dan terkadang terdapat bercak coklat seperti cincin. Cara pengendalian penyakit ini yaitu dengan menggunakan insektisida berbahan aktif Alpa Sipermetrin, Deltametrin serta Abamektin.

Pemanenan

Cabai Gada MK F1 bisa dipanen setelah berumur 80 – 85 hst dengan potensi hasil panen sekitar ± 25 ton per ha. Cara pemanenannya yaitu dengan memetik buah cabai Gada MK beserta dengan tangkainya. Hal ini dilakukan untuk menjaga tingkat kesegaran buah menjadi lebih tahan lama.Setelah itu cuci menggunakan air bersih yang mengalir lalu kemas dan simpan pada lemari es jika tidak ingin langsung dikonsumsi.

Baca Juga : Tray Semai Untuk Persemaian Praktis Dan Bibit Berkualitas

Belanja Online Dan Jual Benih Cabe Gada MK Murah Hasil Panen Melimpah

belanja, online, cabe, cabai, gada mk, f1, hibrida, belanja online, cabe gada mk, cabai gada mk

Jual benih cabe Gada MK murah hasil panen melimpah bisa Anda dapatkan dan beli di toko pertanian online LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko online pertanian terpercaya dan terbaik yang melayani pembelian produk pertanian lengkap dengan harga murah dan promo.

LMGA AGRO menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan jasa pengiriman Nasional terpercaya. Diantaranya yaitu KI8, Pos Indonesia, JNE, JNT, Wahana, Indah Logistik, Tiki, dll. Semua pesanan dijamin pasti sampai ke alamat tujuan.

Layanan konsultasi seputar masalah pertanian juga kami berikan kepada Anda. Jadi untuk Anda yang ingin berkonsultasi seputar pertanian atau ingin beli produk kami bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 082141747141 (Khusus Layanan Telepon) atau 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS).

Sekian artikel berjudul Jual Benih Cabe Gada MK Murah Hasil Panen Melimpah ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa memberikan dampak dan manfaat positif kepada Anda. Jika masih terdapat hal – hal yang kurang jelas bisa langsung menghubungi no. telepon LMGA AGRO diatas. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *