Jual Cabe Nirmala F1 Harga Murah Produk Unggulan Panah Merah

panah merah, cap panah merah, eastwestseed, east west, cabai, cabe, nirmala, f1, nirmala f1, benih, bibit, jual

Jual Cabe Nirmala F1 Produk Unggulan Panah Merah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko online pertanian berkualitas dan terpercaya di Indonesia. Toko Pertanian LMGA AGRO jual cabe Nirmala F1 Cap Panah Merah murah harga terbaru.

Selain benih cabai rawit Nirmala, kami juga jual dan menyediakan benih tanaman lain lengkap, alat pertanian dan spare part, pestisida, zpt, pupuk, dll. Semua kebutuhan pertanian tersedia di LMGA AGRO.

Kebutuhan pasar akan permintaan cabe tiap hari seakan tak pernah ada surutnya. Bahkan seringkali terjadi kelangkaan cabai akibat permintaan konsumen yang tinggi namun tidak adanya stok cabe di pasar. Hal ini tentu sangat membuat keberadaan cabai sangat vital dalam kebutuhan sehari – hari.

Langkanya cabe tersebut di pasaran tentu membuat harganya makin melambung. Tak mengherankan jika harganya bisa memcapai Rp 100.000 per kg.

Faktor penyebab harga cabe yang melambung diantaranya yaitu produksi cabai yang menurun akibat serangan virus, cuaca hujan yang terus menerus sehingga terserang penyakit, serta belum adanya bibit cabe tahan virus dan penyakit.

Budidaya cabai akan terhindar dari serangan hama dan penyakit jika dilakukan dengan baik dan benar. Pemilihan benih cabai tahan virus merupakan salah satu kiat sukses budidaya cabai.

Dan tentunya pengetahuan tentang memilih benih cabai tahan virus akan bisa didapat dengan terus belajar dan menambah pengetahuan yang dimiliki.

Dengan memiliki pengetahuan dan ketrampilan akan terlahir petani yang sukses dan mampu mengatasi permasalahan dalam budidaya cabai.

Pengetahuan dan ketrampilan dalam budidaya tanaman cabai tersebut sangat dibutuhkan karena cabai merupakan jenis tanaman hortikultura yang membutuhkan biaya besar dan cukup sulit untuk dibudidayakan.

Prospek Budidaya Cabe Rawit

Budidaya cabe rawit di Indonesia sangat tinggi permintaannya. Namun pada akhirnya kini banyak petani dan pembudidaya yang ingin menanam cabai rawit. Banyak sekali

Nilai ekonomi cukup tinggi dari budidaya cabai rawit di Indonesia merupakan daya tarik besar bagi petani cabai. Tak salah jika peminat budidaya cabai rawit selalu bertambah dan tak pernah surut. Maka prospek budidaya cabe rawit ke depannya pasti akan menguntungkan untuk petani yang budidaya cabai rawit.

Harga jual yang tinggi ditambah lagi akan melonjak jauh saat terjadi kelangkaan. Siapa yang tidak akan tergiur dengan keuntungan yang ditawarkan ini ??

Untuk itu, banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik dan benar sebelum menekuni budidaya cabai rawit.

  • Modal

Modal tentu merupakan salah satu hal yang harus dimiliki sebelum memulai budidaya cabai rawit. Penggunaan modal bisa dialokasikan untuk membeli berbagai sarana dan prasarana seperti traktor, pupuk, pestisida, sprayer dll.

  • Pemilihan Lahan

Pemilihan lahan yang baik sangat diperlukan untuk tanaman. Dengan pemilihan lahan yang baik nantinya tanaman akan berkembang dan tumbuh dengan sempurna

  • Pemilihan Benih Unggul

Pemilihan benih unggul diperlukan agar tanaman bebas dari serangan hama, virus dan penyakit yang mengancam tanaman. Dengan keunggulan tersebut nantinya harga jual

  • Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar merupakan salah satu bentuk pemenuhan nutrisi pada tanaman di awal pertumbuhannya. Pemupukan dasar bisa dengan menggunakan kapur pertanian atau dolomit.

Pemupukan dasar ini bertujuan agar pH tanah tidak terlalu asam dan cocok ditanami tanaman cabe. Selain itu pH tanah akan mencapai pH maksimum tanah 5,5 – 6,5.

  • Penggunaan Mulsa

Penggunaan mulsa dalam budidaya cabai rawit penting untuk digunakan sebagai penjaga kelembaban tanah dan pelindung permukaan tanah dari panas matahari.

  • Penyiraman

Penyiraman terhadap tanaman cabe rawit penting dilakukan. Ini karena air merupakan salah satu sumber makanannya. Dengan pasokan air yang cukup, akar akan menyerap air tersebut dan digunakan untuk proses fotosintesis dan menjaga suhu tanaman.

  • Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan pada cabai digunakan untuk memberikan nutrisi tambahan pada cabai dan kualitas cabai menjadi meningkat. Untuk pemupukan susulan pada cabai bisa menggunakan pupuk KNO3, MKP, SP 36, NPK, ZA, dll.

  • Pemberian Pestisida

Pemberian pestisida untuk tanaman cabai sangat penting untuk menghindari serangan virus, hama, dan penyakit. Pemberian pestisida ini harus diberikan sesuai dengan dosis dan takaran agar tanaman cabai tidak terkena dampak negatif penggunaan pestisida secara berlebihan

  • Hal lain

Hal – hal lain seperti penggunaan mulsa, lanjaran, tali salaran, dll perlu dilakukan untuk menunjang budidaya cabai rawit.

Hal – hal diatas sangat perlu diperhatikan dan dilakukan untuk mendapatkan tanaman cabai rawit dengan kualitas terbaik.

Baca Juga : Benih Timun Warrior F1 Hasil Tinggi

LMGA AGRO Jual Cabe Nirmala

cabe rawit, cabai rawit, benih, bibit, pedas

Salah satu jenis cabe yang paling banyak dicari oleh masyarakat adalah jenis cabe rawit. Cabai rawit ini merupakan salah satu cabe idola yang banyak dicari. Cabai rawit banyak dijumpai dan digunakan sebagai bumbu masakan di Negara – Negara Asia Tenggara.

Banyak sekali jenis varietas cabe rawit yang berada di pasaran. Contohnya saja yaitu cabe rawit Nirmala F1 cap Panah Merah. Cabai rawit Nirmala merupakan salah satu produk unggulan PT East West Seed Indonesia (EWINDO). LMGA AGRO menyediakan benih dan jual Cabe Nirmala F1 harga murah.

Cabe rawit ini banyak diminati oleh petani untuk dibudidayakan karena cukup mudah ditanam. Budidaya cabai rawit Nirmala menguntungkan petani dan sangat cocok untuk dibudidayakan.

Jenis cabai rawit produk Panah Merah ini mulai diperkenalkan ke masyarakat Indonesia di awal tahun 2013. Potensi pasar cabai rawit Nirmala juga cukup luas. Tentunya dengan fakta seperti itu maka budidaya cabai rawit Nirmala akan mendapatkan keuntungan menjanjikan.

Cabai rawit Nirmala ini cocok sekali dijadikan sebagai bahan baku sambal. Rasanya yang pedas tentu akan membuat hidangan menjadi lebih sedap dan enak untuk dikonsumsi.

Karakteristik Cabe Nirmala

Tanaman cabe rawit Nirmala memiliki beberapa karakteristik dan keunggulannya, diantaranya yaitu :

  1. Cocok ditanam di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi
  2. Potensi hasil panen sekitar 0,6 kg – 0,8 kg per tanaman (12 ton / ha)
  3. Buahnya memiliki diameter 0,6 cm dan panjang 4 – 5 cm
  4. Pertumbuhannya seragam
  5. Berbuah lebat dan memiliki rasa yang sangat pedas
  6. Umur panen bervariasi tergantung dari daerah tanam (dataran rendah atau dataran tinggi). Mulai dari 80 hari hingga 85 hari setelah tanam
  7. Tahan terhadap layu bakteri (Pseudimonas solanacearum), antraknosa, hama thrips, aphid, dan mite
  8. Memiliki warna putih kekuningan saat muda dan berwarna merah mengkilat saat tua
  9. Memiliki tingkat kadar air rendah dan kulit buah tipis sehingga tidak mudah rudak dan tahan terhadap pengiriman jarak jauh
  10. Tersedia dalam kemasan sachet dengan ukuran 10 gram dan berisi 2.250 butir
  11. Kebutuhan benih per ha dalam menanam cabe Nirmala adalah sekitar 70 – 80 gram
  12. Tanaman cabai Nirmala F1 vigor dan tinggi
  13. Memiliki daerah adaptasi yang luas
Manfaat mengkonsumsi Cabe Rawit Nirmala

Cabe Rawit Nirmala memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi oleh tubuh. Diantara manfaat mengkonsumsi cabai rawit Nirmala yaitu :

  • Memperpanjang umur

Menurut penelitian, orang – orang yang mengkonsumsi makanan pedas dalam seminggu terbukti memiliki umur lebih panjang. Tak salah jika dengan mengkonsumsi cabai rawit Nirmala maka nantinya akan memperpanjang umur Anda

  • Mencegah kanker

Sifat antioksidan zat karotenoid pada cabe rawit Nirmala mampu untuk melawan sel – sel kanker

  • Meredakan nyeri

Zat capsaicin pada cabe Nirmala memiliki salah satu manfaat sebagai pereda rasa sakit, sehingga nyeri pada tubuh mampu dihilangkan.

  • Sistem imun tubuh menjadi meningkat

Vitamin C pada cabai rawit Nirmala mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Selain mampu meningkatkan system imun tubuh, vitamin C juga mampu menjaga kesehatan kulit Anda

  • Mengatasi hidung tersumbat

Kandungan zat capsaicin juga dapat membuat lendir yang menyumbat hidung menjadi cair. Sehingga lendir menjadi berkurang dan hidung menjadi tidak tersumbat lagi

  • Mengurangi resiko terserang penyakit jantung

Kandungan capsaicin pada cabai rawit Nirmala ini dipercaya dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan nutrisi vitamin B2 pada cabe rawit Nirmala terbukti mampu untuk menjaga kesehatan mata

  • Mampu menurunkan berat badan

Kandungan capsaicin pada cabe rawit Nirmala jika dikonsumsi akan mampu membakar lemak pada tubuh. Sehingga jika Anda ingin menurunkan berat badan mengkonsumsi cabai rawit Nirmala bisa menjadi solusi jitu untuk Anda

  • Membantu pertumbuhan rambut

Dengan mengkonsumsi cabe rawit sirkulasi udara pada kulit kepala menjadi lancar dan membuat pertumbuhan rambut terjaga

  • Melawan serangan stroke

Karena dengan mengkonsumsi cabe rawit Nirmala mampu untuk melancarkan aliran darah, penyakit stroke yang terjadi akibat tersumbatnya aliran darah tidak

Budidaya Cabe Rawit Nirmala

Budidaya cabe rawit Nirmala yang baik dan benar sangat diperlukan untuk memperoleh hasil maksimal. Proses budidayanya yang baik dan benar yaitu :

  • Memiliki Teknik Budidaya Cabe Rawit Yang Baik

Budidaya cabe rawit merupakan hal yang sulit dipahami dan dilakukan jika tidak tidak memiliki ketrampilan dan teknik budidaya yang baik. Cabe rawit merupakan komoditi yang agak rumit dalam hal budidayanya, karena hama dan penyakit yang menyerang cukup banyak dan kompleks.

Karena hal itu, memahami dan mempelajari teknik budidaya cabai rawit harus dipelajari agar budidaya cabai rawit berhasil. Beberapa hal penting untuk dipahami dan dipelajari dalam teknik budidaya cabe rawit yaitu :

  1. Memahami gejala – gejala serangan virus, hama, dan penyakit
  2. Memahami fungsi dan jenis dari bahan aktif pestisida
  3. Mempelajari tentang perawatan serta pemeliharaan dengan baik
  4. Memahami berbagai jenis, fungsi dan teknik pemupukan pada cabai rawit
  5. Mengenali dan memahami berbagai jenis virus, hama, dan penyakit pada cabe rawit

Baca Juga : Melon Tahan Virus Gracia Cap Panah Merah

Poin – poin diatas sangat penting untuk dipahami dan dipelajari agar penggunaan pupuk dan pestisida dapat digunakan secara efektif. Dengan penggunaan yang efektif nantinya biaya yang dikeluarkan akan bisa ditekan, tetapi tanaman tetap dapat tumbuh dengan optimal dan sempurna.

  • Persiapan lahan

Untuk mempersiapkan lahan budidaya cabe rawit Nirmala, kita harus melakukan pembajakan lahan terlebih dahulu. Bisa dengan menggunakan traktor atau menggunakan hewan ternak (kerbau atau sapi).

Jika menggunakan traktor, maka yang bisa dilakukan pertama kali adalah bajak tanah dan biarkan selama 1 minggu. Setelah itu, balik tanah dengan rotary.

Berikan campuran pupuk kandang dan kapur pertanian/ dolomit sebanyak 30 –  40 ton / ha sesuai dengan kebutuhan, lalu biarkan selama seminggu. Balik tanah dan bentuk menjadi bedengan. Lalu pupuk dasar pun siap untuk diberikan pada lubang tanam / bedengan secara merata. Tutup dengan mulsa dan biarkan selama 1 minggu.

Setelah benih cabai rawit Nirmala telah siap, berikan lubang tanam pada mulsa. Berikan jarak sekitar 50 x 40 cm pada penanaman single row dan 60 x 50 cm pada penanaman double row zig zag.

  • Persemaian Benih

Untuk penyemaian benih dilakukan dengan menggunakan polybag selama 18 – 28 hari. Untuk media semainya, gunakan campuran tanah dan pupuk kompos / kandang dengan menggunakan perbandingan 1 : 1. Jika benih cabai Nirmala sudah dilakukan proses coating maka tidak perlu diperam.

  • Penanaman

Jika benih cabe Nirmala sudah memiliki 5 helai daun, maka sudah bisa dipindah pada lubang tanam. Untuk waktu penanamannya sangat baik dilakukan pada pagi atau sore hari. Jika dilakukan pada siang hari justru akan membuat tanaman menjadi kepanasan.

Jangan lupa berikan ajir atau turus dan tancapkan. Penancapan ajir atau turus ini berfungsi untuk menyangga tanaman dan tidak merusak perakaran tanaman saat tanaman tumbuh besar. Jangan lupa setelah selesai penanaman lakukan penyiraman.

  • Pemeliharaan

Untuk pemeliharaan, dilakukan dengan penyiraman sesuai dengan kebutuhan tanaman. Untuk pemupukan susulan, bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali. Caranya yaitu dengan menaburkan pupuk NPK di sekitar tanaman cabe Nirmala, lalu disiram dengan air.

Untuk pengairan, cabai rawit tidak membutuhkan pengairan yang banyak. Dalam kondisi normal cukup berikan air 3 hari sekali. Jika dalam musim hujan maka tidak perlu diberikan pengairan / penyiraman. Hal ini dikarenakan kekurangan atau kelebihan air tidak baik untuk tanaman cabe rawit.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Pencegahan dan pengendalian hama serta penyakit cabe Nirmala bisa dilakukan dengan melakukan beberapa hal, seperti melakukan penyiangan gulma di sekitar cabe Nirmala, menyediakan system drainase dan irigasi yang baik dan teratur.

Serta melakukan penyiraman pestisida untuk mengatasi hama dan penyakit yang menyerang.

  • Pemanenan Cabe Nirmala

Proses pemanenan sudah bisa dilakukan jika buah cabe sudah masak dan berwarna merah. Biasanya buah cabe sudah mulai bisa dipanen saat tanaman sudah berumur 2,5 – 3 bulan. Periode pemanenan dapata berlangsung dalam jangka waktu 6 bulan bahkan bisa lebih. Frekuensi pemanenannya dapat dilakukan 15 hingga 18 kali.

Waktu pemanenannya sangat cocok dilakukan saat pagi hari. Proses pemetikannya yaitu dengan memetiknya dari tangkai sampai putus. Pilih cabai yang berisi padat dan berbentuk ramping. Jenis / tipe inilah yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran.

Baca Juga : Aquaponik Budidaya Tanaman Sambil Memelihara Ikan

Jual Cabe Nirmala F1 Produk Unggulan Panah Merah

belanja, online, produk, unggul, unggulan, f1, nirmala, murah, harga murah, terlengkap

Belanja Online Benih Cabai Rawit Nirmala F1 Produk Unggulan Panah Merah harga murah di LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan distributor, supplier, reseller, agen pertanian yang menyediakan dan jual cabe rawit Nirmala F1 cap Panah Merah berkualitas.

LMGA AGRO bekerja sama dengan perusahaan pengiriman logistik terpercaya di Indonesia untuk mengirim pesanan Anda. Mitra pengiriman kami diantaranya yaitu JNT, Tiki, KI8, JNE, Pos Indonesia, Wahana, Indah Logistik, dll. Semua pesanan dijamin pasti sampai ke alamat tujuan.

Toko Pertanian Online LMGA AGRO juga memberikan layanan konsultasi seputar pertanian untuk Anda.

Jadi, untuk pembaca yang tertarik membeli produk kami atau ingin berkonsultasi bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui CP. 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS) atau melalui 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Sekian artikel tentang Jual Cabe Nirmala F1 Produk Unggulan Panah Merah ini saya sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda semua. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *