ZPT Solusi Jitu Pertumbuhan Tanaman

zpt, zat pengatur tumbuh, lmga agro, jual, murah, lengkap

ZPT Solusi Jitu Pertumbuhan Tanaman. 08125222117 WA / SMS LMGA AGRO. Toko Pertanian Online LMGA AGRO adalah toko pertanian yang menjual berbagai kebutuhan petani lengkap dan murah.

Produk – produk yang kami jual contohnya seperti benih, pupuk, alat pertanian, zpt, pestisida, dll. LMGA AGRO bekerja sama dengan berbagai produsen benih, alat pertanian, pestisida, dll. Kualitas produk selalu kami utamakan dalam pelayanan kami.

LMGA AGRO memastikan semua pesanan Anda akan sampai ke alamat tujuan. Dengan menggandeng perusahaan jasa logistik nasional terpercaya di Indonesia seperti JNE, JNT, Pos Indonesia, KI8, Wahana, Indah Logistik, dll semua pesanan Anda akan aman sampai ke alamat tujuan.

ZPT. Mungkin bagi petani kata ini sudah familiar untuk didengar. Namun belum tentu dengan masyarakat awam. Banyak masyarakat awam yang masih belum tahu apa itu ZPT. Lalu apa yang dimaksud dengan ZPT ??

ZPT

zpt, zat pengatur tumbuh, tanaman, murah, lengkap

ZPT merupakan singkatan dari Zat Pengatur Tumbuh. ZPT merupakan salah satu dari banyak sarana pertanian yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman.

ZPT sendiri terdiri dari beberapa macam. Ada yang berasal dari bahan alami ataupun sintetis. ZPT yang berasal dari tanaman itu sendiri (endogen) contohnya yaitu sitokinin, auksin, etilena, giberelin, dan asam absisat.

Sementara dari zpt yang berasal dari luar (exogen) biasanya kebanyakan berbahan sintetis. Contohnya yaitu inhibitor, kholsikin, IAA, dan lain – lain.

Sedangkan berdasarkan sifatnya, contoh zpt diatas terbagi lagi ke dalam 3 jenis, yaitu : Pendukung dan penghambat pertumbuhan (Etilen), pendukung pertumbuhan tanaman (Giberelin, sitokinin, auksin), dan penghambat pertumbuhan (Inhibitor, Asam absisat).

Konsep dari Zat Pengatur Tumbuh berasal dari senyawa organik di dalam tumbuhan dan banyak dikenal dengan istilah hormon. Hormon biasanya lebih mengatur dalam hal pembukaan stomata, translokasi, penyerapan unsur hara, dan proses pengenalan tanaman.

Umumnya, tumbuhan akan memproduksi  hormon sendiri setelah mengalami suatu rangsangan. Rangsangan tersebut misalnya saja adalah lingkungan. Lingkungan merupakan salah satu faktor penting bagi tumbuhan untuk bisa memproduksi hormon tumbuh secara alami.

Konsentrasi hormon yang sudah dihasilkan dengan kadar tertentu itu nantinya akan membuat gen pada tumbuhan yang semula tidak aktif menjadi aktif dan menimbulkan perubahan fisiologis pada tumbuhan.

Dan akhirnya tumbuhan tersebut akan menunjukkan perubahan – perubahan terhadap rangsangan atas produksi hormon tersebut.

Selain zpt berfungsi untuk membantu pertumbuhan tumbuhan, zpt juga memiliki fungsi sebagai precursor, yaitu sebuah senyawa yang mampu mendahului laju dari senyawa lain dalam proses metabolisme.

Berkembangnya iptek yang makin canggih dan perlunya intensifikasi pertanian maka penggunaan zpt selain untuk meningkatkan pertumbuhan tumbuhan juga untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas dari hasil produksi tanaman.

  • Giberelin

Giberelin acid (GA) atau bisa juga disebut Giberelin adalah salah satu jenis zat pengatur tumbuh alami yang terdapat dalam tumbuhan. Peran utama hormon Giberelin sangat diperlukan dalam proses generatif tanaman dan perkecambahan biji.

Manfaat Giberelin diantaranya yaitu :

  1. Merangsang pertumbuhan panjang sel sehingga buah dan batang tanaman akan menjadi besar
  2. Merangsang proses pembungaan tanaman (mempercepat proses generatif)
  3. Mencegah kerontokan bunga dan buah
  4. Mampu menghasilkan buah tanpa proses pembuahan
  5. Merangsang proses pembungaan secara serempak
  6. Memacu proses pemanjangan batang tumbuhan

Hormon giberelin ini sering dijumpai pada tanaman bawang merah dan rebung.

Baca Juga : Jual Benih Semangka Putri Delima

  • Sitokinin

Sitokinin pertama kali ditemukan oleh fisiolog tumbuhan berkebangsaan Amerika Serikat bernama F. Skoog dan juga rekannya yang bernama Miller. Di tahun 1950 mereka melakukan percobaan dengan mencampurkan DNA Sperma yang berasal dari ikan hering dengan kultur jaringan tanaman tembakau.

Dari campuran tersebut dihasilkan sel kultur jaringan yang mampu membelah diri. 2 orang tersebut lalu mencoba mengisolasi zat yang mampu menyebabkan pembelahan sel tadi.

Setelah berhasil mengisolasi zat tersebut, mereka menamkannya dengan kinetin.  Dan dari kelompok kinetin inilah sitokinin berasal yang mampu untuk merangsang proses pembelahan sel atau sering disebut sitokinesis.

Hormon sitokinin merupakan sebuah hormon pembantu pertumbuhan tanaman dan masih merupakan turunan dari hormon Adenin yang berfungsi merangsang pembelahan sel tanaman.

Manfaat Sitokinin diantaranya yaitu :

  1. Merangsang proses morfogenesis (inisiasi / pembentukan tunas pada tanaman)
  2. Menunda proses pengguguran buah, bunga dan daun
  3. Proses penuaan hasil panen dapat dihambat sehingga hasil panen akan lebih awet dan tahan lama
  4. Merangsang proses perkecambahan biji tanaman
  5. Merangsang proses pembentukan akar cabang
  6. Merangsang pertumbuhan pada kuncup lateral (cabang samping) tanaman
  7. Merangsang proses pertumbuhan pada tunas tanaman

Hormon sitokinin ini bisa dijumpai pada air kelapa, bonggol pisang dan jagung muda

  • Asam Absisat

Asam Absisat merupakan hasil dari penelitian tentang pemurnian dan karakterisasi 3 inhibitornya. Yaitu inhibitor B, Dormin, dan Abcissiom II. 3 Inhibitor tersebut diketahui memiliki sifat kimiawi yang identik.

Asam absisat berperan secara berlawanan daripada zat pengatur tumbuh kebanyakan. Asam absisat berperan sebagai inhibitor, menghambat dan juga menghentikan aktivitas apical meristematik.

Asam absisat sering dimanfaatkan pada tanaman umbi untuk membantu membesarkan banyak jenis tanaman umbi seperti kentang, bawang, wortel, dll.

Hormon asam absisat sering ditemui pada tumbuhan ubi, kapas, alga hijau, tepung sari, kulit biji buah (apel, alpukat, serta buah kelapa).

  • Etilen

Etilen dikenal pertama kali melalui penemuan dari zat gas yang dilepas dari buah jeruk matang yang digunakan untuk mempercepat pematangan buah jeruk mentah. Sel di dalam buah yang matang nantinya akan menghasilkan etilen dalam jumlah besar.

Etilen merupakan hormon pengatur tumbuhan alami yang mampu mendukung dan juga menghambat pertumbuhan tanaman. Peran penting dari hormon etilen ini adalah dalam proses pematangan buah dengan cara mempercepat penuaan sel.

Namun jika penggunaan hormon etilen ini dilakukan di waktu yang salah, maka dampak negatif akan dirasakan tanaman seperti gugurnya daun, bunga, bahkan matinya tumbuhan tersebut.

Manfaat dari hormon etilen diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan dan mempercepat proses pematangan pada buah
  2. Menstimulasi perkecambahan
  3. Meningkatkan proses pembentukan bulu – bulu akar

Hormon etilen bisa ditemukan pada tomat, mangga, pisang dan apel.

  • Auksin

Auksin merupakan salah satu hormon pengatur tumbuh alami. Hormon auksin ditemukan oleh salah satu ilmuwan terkenal dunia yaitu Charles Darwin dan anaknya Francis Darwin melalui penelitian yang mereka lakukan. Peran utama dari hormon auksin adalah membantu percepatan pertumbuhan tanaman.

Manfaat dari hormon auksin ini diantaranya yaitu :

  1. Merangsang pertumbuhan tunas atas
  2. Sintesis protein meningkat untuk merangsang perpanjangan sel tanaman
  3. Merangsang terjadinya proses diferensiasi pada tanaman
  4. Merangsang perpanjangan akar
  5. Merangsang pertumbuhan batang
  6. Merangsang pertumbuhan buah
  7. Mencegah kerontokan pada buah

Hormon ini bisa ditemukan pada keong mas, bekicot, dan kecambah.

  • Inhibitor

Inhibitor merupakan hormon tumbuhan yang berfungsi sebagai penghambat dan penurun laju reaksi kimia pada tumbuhan. Inhibitor berperan penting sebagai penghambat pertumbuhan tanaman.

Hormon inhibitor banyak dilakukan pada tanaman umbi seperti wortel, kentang, singkong, dll. Penerapan penggunaan inhibitor ini dilakukan untuk memperbesar umbi tanaman.

  • Paclobutrazol

Hormon paclobutrazol sering dimanfaatkan agar tumbuhan bisa berbuah di luar musimnya. Paclobutrazol berfungsi untuk menghambat proses biosintesis giberelin.

Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan vegetatif menjadi terhambat. Pertumbuhan generatif akan terpacu dan bunga akan bermunculan sehingga nantinya menghasilkan buah.

Baca Juga : Sukses Menanam Cabe dan Tomat di Musim Penghujan

Mengatasi Masalah Pertumbuhan Tanaman

zpt, tanaman, masalah, tumbuh, zpt tanaman, zat pengatur tumbuh tanaman

Pertumbuhan tanaman selalu harus jadi perhatian utama. Hal tersebut dilakukan agar jika ada masalah akan segera diatasi dan mendapat jalan keluar. Contohnya jika mengalami pertumbuhan tanaman yang melambat maka solusinya adalah penggunaan Zat Pengatur Tumbuh.

Dengan makin berkembangnya produk – produk zat pengatur tumbuh di pasaran dan penerapan teknologi pertanian maka harusnya tumbuhan akan terus tumbuh tanpa masalah. Kenyataannya, semua masalah tetap menghampiri dalam perkembangan tanaman.

Meskipun begitu, penemuan zat pengatur tumbuh dalam bidang pertanian adalah sebuah berkah tersendiri. Penggunaan zat pengatur tumbuh ini sangat dianjurkan dalam mengatasi perkembangan tanaman yang terhambat.

Manfaat dari penggunaan zpt ini banyak sekali. Dilihat dari data statistik penggunaan zpt ini sudah menyebar ke seluruh petani di Indonesia.

Penggunaan zat pengatur tumbuh yang mulai banyak digunakan petani diharapkan ke depannya produktivitas tanaman akan meningkat. Tingkat produktivitas tanaman pasti akan meningkat dengan penggunaan zat pengatur tumbuh.

Petani menggunakan zat pengatur tumbuh bukan hanya untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman tetapi juga untuk meningkatkan hasil buah, memperbaiki mutu buah, dan mencegah terjadinya gugur buah dan bunga.

Kuantitas hasil buah yang dihasilkan dengan penggunaan zat pengatur tumbuh akan meningkat sampai dengan 50 persen. Selain karena penggunaan zat pengatur tumbuh, peningkatan sebesar 50 persen tersebut juga merupakan hasil dari aplikasi pemupukan.

Cara Mudah Membuat ZPT Alami

Untuk membuat zpt secara alami diperlukan bahan dan alat seperti jerigen / tong, karet pengikat, air kelapa, gula merah, rebung, taoge, daun daunan, pupuk em4, blender, dan plastik.

Untuk Anda yang ingin membuat zpt dengan bahan – bahan yang mudah didapatkan di sekitar lingkungan bisa menggunakan cara ini. Caranya yaitu :

  • Cincang bahan – bahan yang telah disiapkan (taoge, rebung, dan daun – daunan). Setelah itu masukkan ke dalam blender dan blender sampai halus
  • Cairkan gula merah dengan kadar air secukupnya
  • Masukkan semua bahan ke dalam jerigen, lalu masukkan air kelapa + pupuk EM4. Aduk sampai rata
  • Tutup jerigen dengan rapat dengan menggunakan plastik dengan diikat karet
  • Kendorkan plastik. Ini dilakukan supaya tutup tersebut tidak pecah disaat proses fermentasi berlangsung
  • Usahakan selama 7 hari setiap pagi dibuka dan selalu diaduk, lalu tutup kembali
  • Sesudah 7 hari, saring larutan yang sudah jadi tersebut untuk memisahkan ampas dan cairan zpt

Sesudah semua selesai, gunakan zpt alami secara baik dan benar. Caranya yaitu pertama siapkan sendok makan.

Lalu gunakan 3 sendok makan zpt untuk 1 liter air. Semprotkan zpt ke bagian – bagian tumbuhan seperti pucuk daun, batang, dan akar.

Lalu tuangkan sedikit larutan zpt pada wadah benih. Hal ini bertujuan agar benih tanaman lebih cepat untuk berkecambah. Terakhir, oleskan larutan zpt pada titik tumbuh akar stek.

Cara Penggunaan ZPT Pada Tanaman

Penggunaan zpt pada tanaman perlu diberikan jika mengalami hambatan dalam perkembangannya.

Namun perlu diperhatikan beberapa hal sebelum memberikan zat pengatur tumbuh pada tanaman. Beberapa hal tersebut diantaranya yaitu :

  1. Perhatikan kondisi tanaman

Selalu cek dan pastikan kondisi tanaman agar selalu prima sebelum pemberian zat pengatur tumbuh. Faktor – faktor yang perlu diperhatikan agar tanaman selalu dalam kondisi prima yaitu kondisi lingkungan di sekitar tanaman seperti sinar matahari, air, angin, udara, kelembapan, suhu, dan unsur hara

  1. Perhatikan waktu aplikasi zpt

Waktu aplikasi zpt dilakukan sesuai dengan kondisi tanaman. Pemberian zpt di waktu yang salah justru akan memberi dampak negatif pada pertumbuhannya

  1. Pemberian zpt harus sesuai dengan sistem pemupukan dan pengairan intensif

Sistem pemupukan dan pengairan intensif harus sesuai dengan aplikasi zpt. Tujuannya yaitu agar mengimbangi kebutuhan hara dan pertumbuhan tanaman. Jika 2 hal tersebut tidak bisa diimbangi maka kondisi tanaman akan menjadi tidak baik

  1. Berikan aplikasi zpt sesuai dosis

Dosis aplikasi zpt yang diberikan harus disesuaikan. Pemberian dosis zpt diberikan dalam dosis kecil. Ini dilakukan karena jika aplikasi zpt diberikan dalam dosis besar justru akan menghambat pertumbuhan tanaman

Setelah hal – hal diatas dilakukan semua, maka pemberian zpt bisa langsung dilakukan. Pemberian zpt dengan beragam dampak positif dan negatifnya tentu harus dimanfaatkan secara hati –hati.

Untuk pemberian zpt pada tanaman terdapat beberapa cara. Sebagai contoh, penggunaan zpt untuk membuahkan tanaman mangga menggunakan teknik aplikasi zpt seperti drenching (menyiramkan larutan) dan injeksi (bor). Untuk produk zpt nya, Anda bisa menggunakan produk zpt sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh, kami menggunakan produk zpt Paklobutrazol. Cara dan aplikasi penggunaan dari teknik aplikasi zpt pada mangga tersebut yaitu :

  • Teknik Drenching (Penyiraman larutan)

Penggunaan teknik ini bermanfaat dalam memudahkan mendapatkan air. Gunakan zpt Paklobutrazol dengan takaran sebesar 10 – 15 cc. Masukkan ke dalam air dengan takaran 1 liter. Setelah itu buatlah parit melingkari pohon dengan kedalaman 10 cm dan berjarak 1 – 1,5 m dari pohon.

Tuang campuran larutan tersebut secara merata ke dalam parit. Jika kondisi parit kering sebelum ditutup maka parit perlu disiram air sebanyak 3 – 4 liter per pohon. Terakhir, tutup parit dengan tanah. Ratakan dan tutup parit secara merata.

  • Teknik Injeksi (bor)

Teknik injeksi ini sering digunakan di daerah – daerah yang sulit menapatkan air. Untuk tahapan pertama, bor batang mangga secara miring dengan kemiringan 45 derajat dan sedalam 10 cm.

Lakukan pada ketinggian 75 – 100 cm dari permukaan tanah. Sedot Peklobutrazol sebanyak 10 – 15 cc dengan menggunakan spet. Lalu, suntikkan ke dalam lubang yang telah dibuat dengan menggunakan bor tadi.

Setelah itu tutupi lubang tersebut dengan menggunakan kertas koran ataupun bahan lain seperti daun – daun kering. Tutupi lagi dengan menggunakan parafin yang dipanaskan agar lubang tertutup dengan rapat.

  • Dikocorkan dengan campuran dari pupuk NPK
  • Dikocorkan bersamaan dengan aplikasi pestisida pada tanaman

Baca Juga : Tomat F1 Optima Buah Besar Tahan Virus

Belanja Online ZPT Murah dan Lengkap di Toko Pertanian LMGA AGRO

belanja, online, pt, murah, harga, lengkap, lmga agro

Belanja Online ZPT Murah dan Lengkap di Toko Pertanian LMGA AGRO. Produk ZPT yang kami jual tersedia lengkap dengan harga murah.

LMGA AGRO siap mengirim semua pesanan Anda dengan jaminan pasti sampai ke alamat tujuan. LMGA AGRO bekerjasama dengan banyak perusahaan jasa logistik nasional di Indonesia seperti JNE, JNT, Pos Indonesia, Wahana, KI8, Indah Logistik, dll.

Kami juga memberikan layanan konsultasi pertanian untuk Anda. LMGA AGRO selalu memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen kami.

Untuk Anda yang tertarik berkonsultasi tentang pertanian ataupun ingin membeli kebutuhan pertanian dengan harga murah dan lengkap bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui CP. 08125222117 atau 082141747141. LMGA AGRO solusi kebutuhan pertanian Anda.

Sekian artikel tentang ZPT Solusi Jitu Pertumbuhan Tanaman ini saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberi dampak positif untuk Anda. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *