Jual Benih Tomat Gustavi F1 Panah Merah Antivirus Terbaik

Beri Penilaian

tomat gustavi, tomat gustavi f1, benih tomat gustavi, gustavi f1, tomat gustavi f1 panah merah, bibit tomat gustavi, bibit tomat gustavi f1, harga murah, jual tomat gustavi, east west, panah merah, lmga agroTomat Gustavi F1 Panah Merah terbaru murah. HP 082141747141 ( telepon ) dan  08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual harga promo benih Tomat Gustavi F1. Benih tomat Gustavi produksi terbaru East West Seed. Benih dengan merk dagang Cap Panah Merah. Rev 24/01/22.

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan berbagai varietas benih. Benih hibrida buah hingga sayur berkualitas.

Tersedia pula pupuk, hormon, vitamin, pestisida, spare part dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Konsultasi juga mengenai cara menanam benih tomat Gustavi F1.

Tomat Gustavi F1 Panah Merah mulai masyarakat budidayakan dan rasakan keuntungannya. Budidaya Tomat Gustavi F1 dapat menjadi peluang usaha pertanian menghasilkan karena keunggulan tomat gustavi F1 cukup banyak. Juga menjadi peluang bisnis usaha menjanjikan untuk masa depan.

Keunggulan Tomat Gustavi F1 tahan virus Gemini dan Layu Bakteri. Sehingga cara menanamnya mudah terutama bagi usaha kecil menengah pada daerah pedesaan. Selain itu bisa menjadi peluang usaha modal sedikit dan menguntungkan.

Toko pertanian online LMGA Agro mengajak kerjasama. Bagi dropship, reseller, online shop, petani dan toko pertanian. Peluang usaha online menawarkan produk tomat Gustavi F1 Panah Merah.

Keunggulan Tomat Gustavi F1 memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh. Benih tomat Gustavi F1 Panah Merah memiliki kandungan gizi lengkap dalam buahnya.

Deskripsi Benih Tomat Gustavi F1 Panah

East West Seed memproduksi benih tomat Gustavi F1. Tomat Gustavi F1 anti virus cap Panah Merah. Keunggulan tomat Gustavi F1 tahan virus Gemini dan layu bakteri. Tingkat anti virus bibit tomat Gustavi ini sudah pada tingkat sangat tahan.

Karakteristik tomat Gustavi F1 cocok untuk dataran rendah sampai tinggi. Tanaman bisa mencapai tinggi tanaman antara 90 – 142 cm. Keunggulan tomat Gustavi F1 mampu menghasilkan panen antara 48,73 – 67,48 ton per hektar satuan luas.

Tanam tomat Gustavi F1 Panah Merah dapat petani panen umur 64 – 66 HST. Tomat Gustavi F1 memasuki fase generatif dan mulai berbunga umur 32 – 35 HST. Keunggulan tomat Gustavi F1 memiliki buah berasa manis dengan sedikit masam. Warna buah merah saat tua dan hijau kekuningan saat muda.

Budidaya untuk benih Tomat Gustavi F1 twrbaru membutuhkan 20.883 bibit. Kebutuhan benih baru Tomat Gustavi F1 antara 103 – 120 gram per hektar.

Setiap tanaman menghasilkan buah dengan berat antara 2,16 – 2,9 kg/tanaman dan menjadi salah satu keunggulan tomat gustavi F1. Jumlah buah per tanaman adalah sebanyak 36 – 46 buah.

Keunggulan Tomat Gustavi F1 memiliki daya simpan cukup lama. Buah tomat Gustavi bila petani simpan pada suhu 25 – 27 °C dapat bertahan 7 – 8 hari. Ketebalan buah 4,6 – 5,8 mm dan tahan untuk distribusi jarak jauh.

Benih Tomat Gustavi F1 Panah Merah kemasan 10 gram. Benih anti virus dari Gemini virus dan cara menanamnya mudah. Pemeliharaan yang tepat akan menghasilkan panen buah tomat yang maksimal.

Jenis Tomat Pilihan Terbaik Petani

Jenis tomat yang biasa orang tanam terutama petani ada cukup banyak. Dan rata-rata cocok petani tanam pada iklim tropis Indonesia.

Jenis tomat terbagi berdasarkan tinggi tanaman, penampilan dan kegunaannya. Tomat sendiri memiliki 3 golongan utama yang bisa petani budidayakan.

1. Determinate

Merupakan jenis tomat paling pendek yaitu antara 50 – 80 cm saja. Jenis tomat yang tidak bisa tumbuh tinggi masuk golongan determinate. Tomat determinate pada ujung tanamannya memiliki rangkaian bunga.

Umur tanaman relatif sangat pendek dan cepat petani panen. Tipe ini lebih popular pada negara berkembang.

Produksi buah tidak terfokus pada segi kualitas bentuk dan ukuran saja. Namun lebih pada kuantitas dan harga jual. Tomat jenis determinate bila petani tanam pada dataran tinggi akan lebih baik pertumbuhannya.

2. Intermediate

Tinggi tanaman tomat jenis intermediate relatif tinggi. Pertumbuhannya dapat mencapai tinggi hingga 2 meter. Sehingga harus petani beri ajir. Namun meskipun relatif tinggi, umur tanaman tomat intermediate berkisar 4 bulan saja.

Pertumbuhan batang tomat intermediate tidak berhenti seiring munculnya bunga dan buah. Tanaman tetap tumbuh tinggi hingga batas akhir pertumbuhan. Sehingga umur panen relatif lama. Pertumbuhan batang juga relatif lambat.

Tomat intermediate tumbuh baik pada media tanah maupun hidroponik. Juga tumbuh baik pada tempat terbuka maupun pada rumah kaca. Tipe ini umumnya petani tanam pada dataran tinggi karena lebih toleran serangan virus.

3. Hybrida

Tanaman merupakan tomat hasil persilangan dari determinate dan intermediate. Tomat hasil persilangan memiliki sifat dari kedua jenis tomat tersebut.

Disebut juga tanaman semideterminate. Biasanya petani tanam pada lahan terbuka dan tidak membutuhkan perawatan yang intensif. Tinggi mencapai 1 – 2 meter sehingga jumlah tandan dan hasil panen cukup banyak.

Tidak perlu perawatan intensif seperti pemasangan ajir dan penjarangan tunas. Cocok petani tanam pada pekarangan atau luasan yang terbatas. Tumbuh baik pada dataran rendah sampai tinggi tergantung dari varietasnya. Namun lebih baik petani tanam pada dataran menengah sampai tinggi.

Tomat Gustavi F1 dan Kandungan Gizinya

Keunggulan Tomat Gustavi F1 mengandung nutrisi vitamin A, C, K, Folat dan Kalium. Buah tomat mengandung Sodium, lemak jenuh, kolesterol dan rendah kalori. Kandungan mineral tomat Gustavi yaitu Thiamin, Niacin, Vitamin B6, Magnesium, Fosfor dan Tembaga.

Buah tomat mengandung 4 jenis karotenoid utama. Yaitu Alpha, Betakaroten, Lutein dan Lycopene. Tomat mengandung likopen yang merupakan karotenoid dan memiliki manfaat antioksidan paling tinggi.

Tomat Gustavi F1 terbaru merupakan sayuran dan buah, bahan kebutuhan kuliner masyarakat. Konsumsi rutin buah tomat membantu meningkatkan kesehatan. Tomat dalam masakan menambah rasa pada makanan.

Keunggulan Tomat Gustavi F1 Panah Merah memiliki beberapa manfaat penting bagi tubuh. Buah tomat membantu menghilangkan beberapa penyakit berbahaya. Menurunkan tingkat kematian dan penyakit obesitas.

Kandungan antioksidan dalam tomat berpengaruh luar biasa. Manfaatnya berkaitan dalam meningkatkan penglihatan dan kesehatan perut. Manfaat tomat berpengaruh baik menurunkan tekanan darah tinggi.

Pengaruh tomat juga pada penderita diabetes, kesehatan kulit dan infeksi saluran kemih. Buah dengan ciri khas rasanya yang manis asam kerap digunakan sebagai bumbu masakan. namun tomat juga bagus untuk kecantikan wajah dan kulit tubuh.

Baca Juga : Jual Tomat TM Vista, Hasil Panen Unggulan Idola Petani dan Pedagang

Peluang Usaha Budidaya Tomat Gustavi

peluang usaha pertanian, menanam tomat, budidaya tomat, toko online, lmga agro
Budidaya Tomat Gustavi F1

Permintaan akan tomat cukup tinggi. Buah tomat pada pasar tradisional banyak konsumen cari untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini karena manfaat untuk kesehatan juga besar. Selain itu, juga berguna untuk campuran bumbu banyak masakan. Buah tomat banyak masyarakat gunakan untuk menambah segar masakan dan hiasan masakan.

Tingginya minat masyarakat terhadap tomat menjadikan peluang usaha budidaya tomat sangat menguntungkan. Begitu juga untuk benih tomat Gustavi F1 cap Panah Merah terbaru ini. Benih baru berkualitas tahan virus tepat untuk peluang usaha pertanian pedesaan.

Peluang usaha menanam tomat bukan merupakan usaha pertanian baru. Budidaya tomat sudah petani lakukan sejak lama. Usaha bisnis ini selalu menguntungkan dengan hasil produksi panen yang tinggi.

Keuntungan dan peluang bisnis budidaya tomat panah merah memang sangat cerah dan menguntungkan. Budidaya tomat secara keseluruhan tidaklah sulit juga perawatannya. Selain itu, juga terdapat keuntungan yang petani peroleh dari produksi buah tomat.

Peluang bisnis bidang pertanian akan selalu menjanjikan dan menguntungkan. Usaha pertanian merupakan bisnis yang tidak pernah mati. Bisnis usaha budidaya tomat Gustavi F1 tidak sulit. Bisnis baru tomat Gustavi F1 ini juga bisa petani mulai dengan modal kecil.

Anda bisa memulai bisnis menggunakan bibit tomat Gustavi. Petani bisa memulainya dari lahan kecil pekarangan rumah Anda. Beberapa alat dan bahan peluang usaha ini juga menggunakan biaya yang tidak besar.

Peluang bisnis menanam bibit tomat Panah Merah cocok untuk memulai usaha budidaya tanaman tomat pada lahan pertanian. Bahkan yang bukan seorang petani.

Kemauan dan minat tinggi menjadikan segala peluang usaha bisa kita jalankan dengan mudah. Hal ini juga untuk budidaya bibit tomat Gustavi F1.

Pemasaran buah tomat sangat mudah karena konsumennya cukup besar. Hal ini karena tomat banyak sekali kegunaannya mulai dari bahan pelengkap masakan. Untuk minuman/jus sampai saos tomat bagi industri makanan.

Syarat Tumbuh Menanam Tomat Gustavi F1

Karakteristik Tomat Gustavi F1 cocok petani budidayakan pada tanah gembur dan kaya humus. Derajat keasaman tanah 6 – 7. Keunggulan tomat Gustavi F1 bisa tumbuh pada dataran tinggi, menengah maupun dataran rendah.

Suhu ideal adalah 24°C pada siang hari dan 15 – 20°C pada malam hari. Menanam tomat Gustavi F1 membutuhkan sinar matahari kurang lebih 8 jam/hari. Curah hujan ideal yaitu antara 750 – 1250 mm/tahun.

Secara umum, cara menanam tomat Gustavi F1 dapat petani lakukan pada segala jenis tanah. Yaitu mulai tanah pasir sampai tanah lempung berpasir.

Tanah harus subur, gembur, berporous dan mengandung banyak unsur hara. Tanah juga banyak mengandung bahan organik dan mudah merembeskan air.

Menanam tomat Gustavi F1 dapat petani lakukan pada daerah tropis maupun sub-tropis, hal ini juga menjadi keunggulan tomat Gustavi F1.

Ketersediaan air tanah bagi tanaman penting. Terutama pada daerah yang tidak terdapat irigasi teknis. Namun curah hujan tinggi menyebabkan lama muncul bunga.

Sinar matahari yang kurang menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit. Sinar matahari intensitas tinggi menghasilkan vitamin C dan Karoten ( provitamin A ) tinggi. Tanaman dapat menyerap unsur hara dengan optimal pada penyinaran sekitar 12 – 14 jam/hari.

Baca Juga : Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman Lahan Sempit

Persiapan Lahan dan Benih Tomat Gustavi F1

tray semai, persemaian benih, jual alat pertanian, harga promo, toko pertanian, lmga agro
Tray Semai Tomat Gustavi

Persiapan lahan biasanya petani lakukan hampir bersamaan dengan persemaian benih tomat Gustavi F1. Penentuan waktu harus setepat mungkin. Karena ketika bibit sudah siap, lahan juga sudah siap.

Persiapan lahan yaitu pengolahan tanah dengan cara dibajak atau dicangkul sampai gembur.

Lalu tanah petani biarkan selama kurang lebih 6 – 10 hari. Waktu tenggang ini dapat petani manfaatkan membuat persemaian benih.

Pembiaran tanah beberapa hari ini petani maksudkan agar tanah tersinari matahari. Dan meminimalisir serangan cendawan patogen atau penyakit lainnya.

Persemaian benih menggunakan polybag kecil berukuran 6 x 8 cm. Media tanahnya menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang/kompos perbandingan 1 : 1. Media tanam semai harus petani ayak hingga halus dan gembur menggunakan ayakan.

Kemudian tanah dan pupuk petani campur dan masukkan dalam polybag. Polybag semai petani tata pada tempat teduh. Biarkan selama 1 minggu. Waktu menunggu ini dapat petani gunakan untuk persipan lahan.

Setelah 1 minggu, bibit tomat terbaru dari Panah Merah  Gustavi F1 bisa langsung petani tanam pada polybag semai.

Benamkan benih sedalam 1 cm. Tutupi dengan alas koran hingga 3 hari kedepan sampai benih berkecambah. Tujuannya untuk melindungi benih saat penyiraman nanti. Pemberian air petani lakukan setiap hari pagi dan sore.

Setelah tepat 7 – 10 hari lahan petani biarkan, saatnya membuat bedeng-bedeng. Bedeng petani buat dengan lebar 100 cm atau menyesuaikan lebar mulsa. Bedeng petani buat memanjang dari timur ke barat. Agar penetrasi sinar matahari merata mengenai tanaman.

Baca Juga : Pelubang Mulsa Memangkas Biaya Produksi Budidaya

Pupuk Dasar Budidaya Tomat Gustavi 

Pemberian pupuk dasar petani lakukan setelah bedeng-bedeng selesai. Taburkan Dolomit bila pH tanah memiliki nilai >6,0 menggunakan alat pH meter. Alat pH meter dapat petani beli pada Toko pertanian online LMGA Agro.

Pupuk dasar terdiri pupuk kandang/kompos, KCl, ZA dan TSP. Perbandingan KCl : ZA : TSP = 1 : 1 : 2. Dosis pupuk yang petani berikan harus menyesuaikan dengan tingkat kesuburan tanah. Kemudian biarkan kembali lahan selama 7 – 10  hari agar pupuk meresap dalam tanah.

Pekerjaan petani lanjutkan dengan pemeliharan benih meliputi penyiraman dan penyiangan. Juga kontrol bila ada hama atau penyakit pada bibit. Lakukan pengendalian alami dengan mematikan langsung hama yang ada.

Setelah bedeng petani biarkan selama 7 – 10 hari, saatnya pemasangan mulsa. Sebelumnya bedeng petani siram hingga basah lalu petani tutup dengan mulsa plastik hitam perak. Mulsa lalu petani lubangi dengan jarak tanam 70 x 60 cm atau 80 x 60 cm.

Cara melubangi mulsa menggunakan alat pelubang mulsa. Alat dapat petani beli pada Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Pembibitan bibit tomat Panah Merah Gustavi F1 sampai umur 3 – 4 minggu. Atau bibit telah memiliki daun sebanyak 4 – 5 helai. Saat tersebut bibit telah siap petani pindahkan ke lahan.

Sebelum bibit petani pindahkan, beri air baik dipolybag semai maupun pada lubang tanam. Hal ini berfungsi agar pemindahan bibit mudah untuk petani lakukan. Bibit mudah terlepas dari polybagnya.

Menanam Bibit Tomat Gustavi F1

Penanaman bibit petani lakukan setelah bibit telah cukup umur. Hal ini bisa petani tandai dengan munculnya 3 – 4 helai daun sejati.

Sebelum penanaman tanah harus petani siram dulu sampai basah. Baik tanah pada media polybag maupun pada lahan. Hal ini untuk memudahkan penanaman bibit.

Bibit yang akan petani tanam haruslah sehat dan memiliki vigor kuat. Penanaman petani lakukan pagi dan sore hari. Setelah bibit petani tanam, siram dengan air secukupnya dan tutup dengan tanah. Penanaman bibit ini harus selesai dalam satu hari.

Begitu semua bibit selesai petani pindahkan, segera pasang ajir disamping tanaman. Hal ini karena, ajir harus terpasang sedini mungkin sebelum akar tanaman besar.

Penancapan ajir saat tanaman sudah besar memiliki resiko ajir bisa kena akar. Hal ini karena ajir mampu menimbulkan luka pada akar. Luka ini bisa menjadi pintu masuknya penyakit ke tanaman. Setelah tanaman berumur satu bulan atau tinggi 20 cm, ikatlah batang tanaman ke ajir.

Pengikatan ke ajir menggunakan tali salaran khusus untuk tanaman. Tali salaran dapat petani beli pada Toko Pertanian Online LMGA Agro. Harga promo dan bersaing.

Setelah penanaman bibit, biasanya ada bibit yang kemudian sakit, tumbuh abnormal atau mati. Segera ganti bibit demikian dengan bibit baru dan sehat. Penyulaman ini petani lakukan paling lama sampai tanaman berumur 1 minggu setelah penanaman.

Pupuk Susulan Tomat Gustavi F1 Panah Merah

Pupuk susulan tomat Gustavi F1 pertama petani lakukan saat umur 3 – 4 minggu setelah penanaman. Pemberian pupuk dengan cara pengocoran dan petani lakukan sore hari.

Dosis untuk pupuk susulan pertama adalah 3 – 5 kg NPK/1000 tanaman. Pupuk petani larutkan dengan air sebanyak 500 liter. Setiap tanaman petani kocorkan 500 ml larutan.

Pupuk susulan kedua dan selanjutnya petani lakukan setiap 1 minggu. Yaitu dengan dosis pupuk petani tambah secara berkala. Rata-rata kebutuhan pupuk per hektar adalah 80 – 100 kg urea, 350 – 450 kg ZA, 200 – 250 kg TSP dan 85 – 170 kg KCl.

Pupuk untuk tomat panah merah petani berikan dengan tujuan menambah unsur hara yang tanaman butuhkan. Karena unsur hara dalam tanah tidak bisa petani andalkan untuk memacu pertumbuhan tanaman.

Tanaman tomat adalah komoditi sayuran penting hingga punya potensi untuk petani budidaya. Untuk mendapatkan hasil produksi tinggi, gunakanlah bibit tomat Panah Merah  Gustavi F1.

Benih baru tahan hama dan penyakit terutama virus Gemini dan Layu Bakteri. Selain itu teknik budidaya juga harus petani perhatikan dengan benar.

Tanaman tomat membutuhkan unsur hara makro N, P, K, Ca dan Mg. Selain itu juga unsur hara mikro seperti Mn, Zn, dan B. Upaya mendapatkan pemeliharaan yang tepat maka lakukanlah pemupukan yang baik dan benar. Pupuk untuk tomat petani berikan sesuai kebutuhan tomat.

Baca Juga : Tomat Dataran Tinggi F1 Optima Buah Besar 

Cara Memangkas Tomat Gustavi F1

Pemangkasan atau perempelan tomat petani lakukan jika tanaman terlalu rimbun. Perempelan petani lakukan untuk menjaga kondisi lingkungan agar tidak terlalu lembab. Perempelan juga berfungsi untuk meningkatkan produktifitas tanaman.

Agar tomat Gustavi F1 berbuah lebih lebat, lakukan pemangkasan 3 – 4 batang tunas air paling bawah. Buang juga daun-daun tua dan berpenyakit.

Tomat Gustavi F1 masuk kategori tomat Determinate. Pemangkasan tidak berlebihan karena akan kontraproduktif.

Jenis indetrminate ( menjalar ) pemangkasan petani lakukan dengan menghilangkan tunas. Pemangkasan juga pada daun-daun yang tidak penting agar nutrisi fokus ke pembentukan buah.

Keunggulan tomat Gustavi F1 tipe determinate sanggup menopang tubuhnya. Yaitu sebelum tumbuh menjadi semak. Secara alami tomat Gustavi F1 memfokuskan energinya untuk berbuah. Juga tidak terlalu banyak campur tangan manusia

Pemangkasan penting adalah dengan menghilangkan semua tunas batang dan daun pada bawah tandan bunga pertama. Tindakan pemangkasan ini membuat tanaman menjadi kuat. Sehingga, tumbuh dengan batang tengah yang kokoh.

Pemangkasan tunas tersebut juga membuat nutrisi menuju ke arah buah, dan bukan terbuang percuma ke bagian yang tidak penting.

Caranya adalah tunas batang petani hilangkan dengan memotong bagian ujung tumbuh tanaman. Pemotongan tunas cukup menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Tunas lalu petani tekuk ke kiri ke kanan sampai terpotong.

Pemotongan tunas sebaiknya petani lakukan saat tunas masih muda dan lentur. Luka pemangkasan juga kecil dan cepat tertutup. Teknik ini petani namakan sebagai pemangkasan sederhana.

Hilangkan daun yang menguning. Hal ini karena, daun yang menguning akan menghisap lebih banyak gula lebih banyak dari yang tanaman produksi. Ketika tanaman mulai dewasa, secara alami daun paling bawah mulai layu dan menguning.

Petiklah daun-daun tersebut bila mulai layu dan menguning. Cara ini akan membuat tanaman tetap segar dan terhindar dari penyakit.

Mengenal Hama Tanaman Tomat

pestisida, obat pertanian, jual harga promo, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Pestisida Obat Pertanian
Ulat Buah Tomat ( Heliothis armigera Hubner )

Ciri hama : panjang 4 cm, makin panjang pada suhu rendah. Warna ulat bervariasi dari hijau, hijau kekuningan, hijau agak coklat, kecoklat-coklatan sampai warna hitam. Tubuhnya banyak kutil dan berbulu. Telur bulat berwarna kuning mengkilap. Setelah 2 – 4 hari berubah menjadi coklat.

Ulat menyerang daun, bunga dan buah. Membuat lubang pada buah secara berpindah-pindah. Buah yang berlubang akan terkena infeksi lalu membusuk.

Pengendalian : Memasang perangkap menggunakan sinar UV karena sinar UV disukai ngengat ulat. Telur dan ulat dikumpulkan lalu dibakar atau dimatikan. Pada tepi kebun petani tanam jagung untuk menghalangi hama masuk kebun tomat. Bersihkan kebun dari gulma.

Kutu Daun Aphids Hijau

Ciri : kutu bersayap dan ada tidak bersayap. Panjang kutu bersayap 2 – 2,5 mm, kepala dan dadanya berwarna coklat sampai hitam. Perut hijau kekuning-kuningan. Antena berukuran sepanjang badannya. Kutu tidak bersayap berwarna hijau kekuningan. Panjang 1,8 – 2,3 mm.

Gejala serangan : daun menjadi keriting, kerdil, melengkung ke bawah dan menyempit seperti pita. Daun menjadi rapuh dan klorosis.

Pengendalian : Bersihkan gulma di areal kebun agar tidak menjadi tempat sembunyi kutu. Mematikan kutu langsung dengan cara dipijit. Penyemprotan menggunakan insektisida.

Lalat Putih ( kutu kabut )

Ciri : kutu dewasa hanya 1 mm, putih kekuningan, tertutup tepung seperti lilin. Lalat betina lebih besar. Telur berbentuk elips panjang 0,2 – 0,3 mm. Bentuk pulpanya oval, 07 mm.

Gejala : daun yang diserang akan diselimuti tepung putih dan bila dipegang akan beterbangan. Tanaman menjadi kerdil, daun mengecil dan menggulung ke atas.

Pengendalian : bersihkan gulma di kebun, tanaman tomat yang terserang harus dicabut lalu dibakar. Pemasangan mulsa plastik hitam perak. Mulsa dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro.

Hama Kutu Daun Thrips

Ciri : panjang 1 – 1, 2 mm, warna hitam dan bergaris merah. Thrips muda ( nimfa ) putih kekuningan dan tidak bersayap. Thrips dewasa bersayap. Telurnya berbentuk oval.

Serangan ke permukaan daun sehingga daun menjadi berwarna putih seperti perak. Serangan hebat, daun menjadi kering dan mati. Bila menyerang tanaman muda, menyebabakan layu dan kematian.

Pengendalian : rutin menyiram air karena thrips menyukai menyerang tanaman yang kekurangan air. Selalu bersihkan kebun dari gulma agar tidak menjadi tempat sembunyi thrips. Penyemprotan dengan insektisida.

Lalat Buah

Ciri : bersayap transparan, panjang 5 – 7 mm dan panjang badannya 6 – 8 mm. Dada berwarna coklat dengan bercak kuning atau putih. Telur lalat kecil-kecil, panjang 1,2 mm.

Serangan pada buah menyebabkan buah busuk. Bila dibelah tampak berenga berwarna putih. Berenga dewasa berwarna kekuningan dan bila disentuh akan lonpat sejauh 30 cm untuk menyelamatkan diri.

Pengendalian : saat pembajakan, tanah harus dibalik lalu dibiarkan beberapa hari atau minggu. Tujuannya agar sinar matahari mematikan pupa lalat. Dapat ditangkap menggunakan umpan untuk memikat lalat jantan. Buah busuk diambil, dibuang atau dibakar. Bersihkan kebun dari gulma.

Tungau Merah

Ciri : tungau berkaki 8 dan besar 0,3 – 0,5 mm. Tungau betina berwarna mearah tua atau merah kecoklatan dengan ada bercak hitamnya. kaki dan mulut putih transparan. Kepala jadi satu dengan dada. Mulutnya dapat menggigit, menusuk dan menghisap.

Serangan ke daun menyebabkan daun ada bercak-bercak merah karat. Menyerangnya sering di musim kemarau. Sehingga, serangan ini berpotensi menyebabkan tumbuhan kerdil.

Pengendalian : gulma dibersihkan dari kebun agar tidak dijadikan tempat sembunyi tungau. Menggunakan varietas tahan hama dan penyakit. Populasi tungau akan turun saat hujan terus menerus. Penyemprotan menggunakan akarisida.

Mengenal Penyakit Tomat Karena Cendawan

Penyakit Layu Fusarium

Infeksi akan diawali dari akar lalu menyerang jaringan pembuluh. Jaringan xylem yang terserang akan berwarna coklat. Serangan akan cepat menuju ke atas. Aliran air ke daun terhambat. Daun menjadi layu dan menguning.

Gejalanya pada malam hari sampai pagi tanaman akan segar. Saat muncul sinar matahari dan terjadi penguapan, tanaman akan layu. Lama-lama tanaman kemudian akan mati.

Pengendalian : menggunakan varietas tomat tahan penyakit. Pemakaian mulsa plastik untuk menaikkan suhu tanah sehingga penyakit fusarium mati. Pastikan bahwa lahan sudah bebas nematoda. Alat-alat yang digunakan harus bersih.

Lahan menanam tomat dan terserang penyakit layu, tidak boleh ditanami tomat dalam waktu lama. Termasuk juga tanaman dari famili Solanacea. Cabut tanaman layu lalu musnahkan.

Bercak Daun Septoria

Disebabkan oleh cendawan. Merusak daun dan menyerang tanaman tomat yang masih muda dan tua. Menimbulkan bercak bulat, kecil dan berair di kedua permukaan daun paling bawah. Bercak berwarna coklat muda, berubah menjadi kelabu dengan tepi kehitaman.

Pengendalian : gulma sisa tanaman dicabut lalu dibakar, jangan dipendam.  Lakukan rotasi tanaman dengan tanaman beda famili. Menggunakan benih tomat anti virus. Penyemprotan menggunakan fungisida.

Penyakit Bercak Coklat

Disebabkan oleh Alternaria solani Sor. Gejala pada daun tampak bulat coklat dan bersudut. Diameternya 2 – 4 mm. Bila serangan mengganas, bercak akan membesar dan bersatu hingga daun menguning. Lalu daun layu dan mati.

Buah muda atau masak bila terserang akan menjadi busuk, berwarna hitam, cekung dan meluas ke seluruh buah. Bunga akan gugur.

Pengendalian : menggunakan benih bebas penyakit. Cabut tanaman yang sakit lalu bakar. Bakar sisa tanaman tomat, terung, kentang atau famili Solanaceae di tempat jauh. Lakukan rotasi tanaman dan penyiraman dengan air bersih.

Drainase ditata baik dan jangan sampai air menggenang. Bersihkan gulma di lahan kebun. Hindari jarak tanam terlalu rapat.

Penyakit Busuk Daun Tanaman Tomat

Penyebabnya : cendawan Phytopthora infestans ( Mont. ) de bary. Gejala serangan : ada bercak pada daun berwarna coklat sampai hitam. Bercak akan meluas ke seluruh daun dan tangkai daun.

Pengendalian : cabut tanaman yang terserang lalu dibakar. Tanaman sakit tidak boleh dipendam dalam tanah. Gunakan selalu benih tomat anti virus/penyakit.

Lakukan rotasi tanaman. Setelah tanah dicangkul, biarkan beberapa hari agar terkena sinar matahari. Lakukan penyemprotan menggunakan fungisida.

Busuk Buah Rhizoctonia

Gejala serangan ada bercak cekung kecil berwarna coklat. Bercak lalu membesar dan timbul lingkaran-lingkaran sepusat. Warna bercak menjadi coklat tua dan bagian tengah akan retak.

Pengendalian : pemberian air harus bersih dan bebas penyakit. Penanaman jangan terlalu dalam. Tanaman diikatkan pada ajir agar buah tidak menyentuh tanah.

Pemasangan mulsa dan menggunakan benih hibrida anti virus. Lakukan rotasi tanaman dan membersihkan kebun dari gulma dan sisa-sisa tanaman.

Busuk Buah Antraknosa

Disebabkan oleh cendawan Colletotrichum. Menyerang buah, batang dan akar tanaman tomat. Buah yang terserang muncul bercak kecil, berair, bulat dan cekung makin membesar. Bercak warna coklat, ada lingkaran-lingkaran sepusat lalu menjadi warna hitam.

Pengendalian dengan membakar tanaman sakit, jangan dipendam dalam tanah. Melakukan rotasi tanaman 1 – 2 tahun. Pemakaian mulsa dan ajir agar buah tidak menyentuh tanah. Memilih benih yang tahan virus dan penyemprotan fungisida.

Baca Juga : Bahaya Serangan Jamur Phytopthora Di Saat Musim Penghujan

Mengenal Penyakit Tanaman Tomat Karena Bakteri

Penyakit Layu ( Lendir )

Disebabkan oleh Pseudomonas solanacearum. Serangannya menyebabkan tanaman menjadi layu. Daun masih hijau tiba-tiba layu, terutama pucuk daun muda dan daun bagian bawah akan menguning.

Tanaman terinfeksi menjadi kerdil, menggulung ke bawah dan kadang muncul akar adventif sepanjang batang tomat. Lalu tanaman akan roboh dan mati.

Pengendalian melakukan rotasi tanaman dan bukan menanam tanaman dari famili Solanaceae. Bersihkan selalu kebun dari gulma.

Selain itu, pilih benih tahan virus dan cabut tanaman sakit lalu dibakar. Saat pengolahan tanah, biarkan tanah beberapa hari agar cukup terkena sinar matahari.

Kerak Bakteri ( Bercak Bakteri )

Gejala ada bercak berair kecil di daun dan batang. Lalu bercak berair ini akan mengering, cekung dan berwarna coklt abu-abu. Daun akan mengeriting ke bawah dan mengering. Batang yang terluka mirip kerak panjang berwarna abu-abu.

Daun akan klorosis lalu gugur. Buah yang terserang tampak bercak berair lalu berubah menjadi bercak bergabus.

Pengendalian : rotasi tanaman dengan bukan satu famili. Pilih benih sehat, hibrida dan tahan virus. Cabut tanaman sakit lalu dibakar di tempat jauh, tidak boleh dipendam dalam tanah. Penyiraman menggunakan air bersih bebas penyakit.

Ada juga penyakit disebabkan dari virus seperti penyakit mosaik. Penyakit yang disebabkan non-parasit ( fisiologis ) seperti busuk ujung buah. Selain itu, juga karena luka terbakar matahari, penyakit retak atau karena kelebihan/kekurangan unsur hara.

Baca Juga : Cara Kerja Obat Layu Arashi 

Panen Tomat Gustavi F1 Panah Merah 

Keunggulan tomat Gustavi F1 adalah mampu panen pada umur 65 HST. Umur panen tomat tergantung dari varietas, tingkat kesuburan tanah, lokasi dan tingkat kematangan yang diinginkan. Jadi, untuk distribusi jarak jauh maka perhatikan tingkat kematangannya.

Panen tomat dilakukan satu per satu sesuai kriteria panen yang kita inginkan. Buah matang  Tomat Gustavi F1 merah dan saat muda hijau kekuningan.

Biasanya buah tomat berwarna hijau dan kecil ditinggalkan di tanaman. Dan akan kit panen beberapa hari lagi bila sudah masuk kriteria siap panen.

Panen tomat tidak dilakukan sekaligus, melainkan dengan bertahap 3 – 5 hari sekali. Waktu panen tomat yang baik adalah di pagi hari atau sore untuk mengurangi penguapan buah.

Setelah dipetik, letakkan buah tomat di bawah bayang-bayang pohon. Dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

Keunggulan Tomat Gustavi F1 memiliki daya simpan cukup baik. Buah tomat Gustavi bila disimpan pada suhu 25 – 27 °C dapat bertahan 7 – 8 hari. Ketebalan buah 4,6 – 5,8 mm dan tahan untuk ditribusi jarak jauh.

Jika penanganan panen dan pasca panen tidak tepat, hanya dalam beberapa hari saja tomat akan kehilangan vigornya. Sehingga, buah tampak mengkerut atau berair dan membusuk. Selain itu, hindari menutup buah tomat dengan plastik saat dikumpulkan dalam wadah.

Demikian artikel kami judul Benih Tomat Gustavi F1 Panah Merah. Hubungi di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual harga promo.

Toko pertanian online LMGA Agro  menyediakan juga benih hibrida buah dan sayur lain. Pupuk, hormon, vitamin, pestisida, spare part dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi cara menanam tomat Gustavi F1.

Kami siap kirim pesanan Tomat Gustavi F1  Panah Merah terbaru dan lain-lainnya ke seluruh wilayah Indonesia.

LMGA Agro juga mengajak kerjasama dropship, reseller, online shop, petani dan toko pertanian. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan selamat mencoba menanam Benih Tomat Gustavi F1. Salam sukses…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.