CABE BAJA MC F1 BARU BENIH PANAH MERAH

Cabe Baja MC F1, Cabe Baja MC, Baja MC F1, Cabe Baja MC Panah Merah, Cabe Baja MC F1 Murah, Jual cabe Baja MC F1, Cabe Baja MC East West, LMGA AGRO, Toko Pertanian

Cabe Baja MC F1 baru Benih Panah Merah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual produk terbaru terlengkap harga promo dan bersaing. Berbagai varietas benih F1 buah dan sayur, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Toko Pertanian LMGA Agro online shop didukung perusahaan pertanian terkemuka. Seperti BISI, East West, Known You Seed, Bayer, Syngenta dan lain-lain. Kami membuka kerjasama dropship, reseller, petani dan toko pertanian. Mempromosikan produk terbaru Panah Merah cabe Baja MC F1.

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim produk cabe Baja MC F1 dan produk kami lainnya. Pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin aman dan pasti datang. Kami bekerjasama dengan jasa pengiriman barang JNE, TIKI, KI8, POS INDONESIA dan lain-lain.

Cabe Baja MC F1 merupakan jenis cabe besar berwarna merah cerah. Berbentuk lonjong panjang dengan ujung lancip. Kulit mulus dan cukup tebal. Mengkilap serasa terlapisi lilin. Cabe Baja MC F1 merupakan salah satu komoditas pertanian penting di Indonesia.

Deskripsi Cabe Baja MC F1 Panah Merah

Cabe Baja MC F1 merupakan cabe besar dengan nama latin Capsicum annum L. Cabe Baja MC F1 produksi dari Panah Merah dan direkomendasikan untuk dataran rendah sampai menengah.

Benih cabe Baja MC F1 tahan dari penyakit PCR, BWR, dan medium serangan Gemini Virus. Umur panen adalah 80 HST. Bobot buah saat panen sebesar 15 gram/buah. Potensi hasil panennya sebesar 18 – 20 ton/ha. Lingkungan dan perlakuan budidaya mempengaruhi hasil panen, bobot buah dan umur panen.

Umur panen cabe Baja MC F1 bervariasi tergantung dari di dataran mana ditanamnya. Rata-rata panen umur 75 – 80 HST. Benih memiliki ketahanan dari berbagai penyakit. Seperti layu bakteri ( Pseudomonas solanacearum ) dan busuk batang ( Phytopthora capsici ). Cukup tahan dari Gemini virus.

Cabe besar terbagi menjadi 2 jenis yaitu cabe merah dan hijau. Sedikit tentang cabe hijau adalah merupakan cabe besar namun dipanen saat muda. Permintaan cabe hijau juga lumayan banyak di tingkat konsumen.

Alasan petani memanen cabe besar saat masih hijau adalah untuk mendapatkan hasil lebih cepat. Lokasi menanam cabe di daerah dengan curah hujan tinggi cukup sulitmemanen cabe berwarna merah.

Antioksidan tertinggi ada pada cabe hijau, pedasnya tidk sepedas cabe merah besar. Harga jualnya lebih murah cabe hijau.

Secara umum, tanaman cabe cukup sensitif terhadap cuaca, hama dan penyakit. Cara menanam cabe memerlukan ketrampilandan pengalaman khusus terutama untuk penanaman skala luas. Modal budidayanya relatif besar.

Mungkin karena risiko cara menanam cabe cukup besar sehingga saat-saat tertentu buah cabe langka di pasaran. Sehingga permintaan tinggi, menyebabkan harga cabe melesat sangat tinggi. Hingga menggemparkan perekonomian dalam negeri.

Baca Juga : Jual Grosir Murah Benih Panah Merah Indonesia

Mengenal Hama Cabe

Kutu Daun Persik. Hama ini sering menyerang tanaman cabe. Anda perhatikan bagian permukaan daun bawah. Kutu persik sering bersembunyi di tempat tersebut. Untuk menghilangkannya disemprot Pestona atau BVR.

Hama Tungau. Gejalanya, daun berwarna kuning kecoklatan. Tulang daun menggulung ke bawah. Pucuk tanaman berguguran dan menebal. Meninggalkan hanya cabang dan batang saja.

Hama Thrips Parvispinus. Gejalanya daun bercak dan berkerut. Daun permukaan bawah berwarna keperakan. Hama membentuk koloni dan berkumpul di bawah daun. Lakukan pengamatan, koloni akan tampak saat pagi dan sore hari. Pengendalian menggunakan pestona atau BVR.

Mengenal Penyakit Cabe

Embun Bulu. Gejala tampak adanya bercak klorosis. Permukaan daun berbulu karena adanya cendawan Peronospora parastica.

Rebah Semai. Gejalanya adalah tanaman menjadi layu karena batang membusuk. Penyebabnya adalah Rhizoctonia sp. dan Phytium sp. Cara mengendalikan adalah dengan membuang media tanamnya. Kelembaban lingkungan diatur dengan cara penyiraman dan pemangkasan daun. Jarak tanam jangan terlalu rapat.

Sekelompok virus cabe. Gejalanya menyebabkan pertumbuhan terhambat, warna daun pucat. Biasanya gejala akan muncul 2 minggu setelah penanaman. Cara teknis pengendaliannya yaitu tanaman dicabut, lalu dibakar. Penyemprotan menggunakan fungisida.

Bercak Daun. Penyebabnya adalah oleh jamur Cercospora capsici. Gejala serangan pada daun terdapat bercak-bercak berwarna abu-abu. Bercak pada pinggirannya berwarna coklat.

Serangan hebat menyebabkan daun menguning lalu akhirnya berguguran. Bercak daun banyak terjadi di musim hujan saat kelembaban cukup tinggi. Penyakit menyebar saat jamur masih berupa spora. Spora terbawa oleh angin, air hujan, hama vektorndan alat pertanian. Spora jamur juga bisa terbawa pada benih atau biji.

Pencegahan bercak daun yaitu menggunakan benih sehat bebas patogen. Jarak tanam sebaiknya tidak terlalu rapat agar lingkungan tidak terlalu lembab. Pengendalian teknis dengan cara memusnahkan tanaman terinfeksi dengan cara dicabut lalu dibakar. Semprotkan fungisida bila serangan semakin hebat.

Patek atau Antraknosa

Patek atau Antraknosa disebabkan cendawan Colletotrichum capsici dan Colletotrichum gloeosporioides. Menyerang saat pembibitan menyebabkan layunya bibit. Serangan saat dewasa menyebabkan mati pucuk. Serangan pada daun dan batang menyebabkan busuk kering. Pada buah menjadi busuk seperti terbakar.

Penyakit Patek bisa terbawa oleh benih atau biji cabe. Pencegahannya yaitu dengan menggunakan benih sehat bebas patogen. Pengendalian teknis dengan cara tanaman dicabut lalu dibakar. Serangan hebat semprotkan fungisida.

Penyakit Busuk. Pada tanaman cabe dikenal 2 macam penyakit busuk yaitu busuk cabang dan busuk kuncup. Busuk cabang cabe disebabkan oleh Phytopthora capsici yang menyerang saat musim hujan dan penyebarannya sangat cepat.

Sedangkan busuk kuncup disebabkan cendawan Choanosearum sp. Namun penyakit ini masih jarang ada di Indonesia. Gejalanya, kuncup tanaman berwarna hitam lalu lama-lama tanaman mati.

Pengendalian penyakit busuk dengan cara mengurangi pemupukan Nitrogen ( Urea dan ZA ). Jarak tanam jangan terlalu rapat agar sirkulasi udara lancar. Tanaman terinfeksi harus segera dicabut lalu tanaman dibakar. Serangan hebat, semprotkan fungisida. Bilaa saat musim hujan, pilih fungisida berperekat.

Penyakit Layu.  Penyakit layu bila sudah menyerang, sulit untuk dikendalikan. Penyebabnya banyak sekali dari jenis cendawan dan bakteri. Layu disebabkan cendawan disebut Layu Fusarium. Jenis cendawannya Fusarium sp., Verticilium sp. dan Pellicularia sp. Cendawan penyakit layu menyukai hidup di lingkungan masam.

Layu Bakteri disebabkan bakteri Pseudomonas solanacearum. Bakteri ini hidup di jaringan batang. Pengendalian lakukan pengamatan lebih spesifik agar penanganannya bisa lebih tepat.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Di Musim Hujan Bebas Patek

Penyakit Bule atau Virus Kuning ( Gemini )

Cabe Baja MC F1, Cabe Baja MC Anti Virus Bule, Jual Cabe Baja MC Murah, Beli Cabe Baja MC Murah, LMGA AGRO, Peluang Usaha, East West
Cabe Baja MC F1 | LMGA AGRO

Serangan virus kuning menyebabkan daun dan batang terlihat menguning. Penyakit Bule biasa juga disebut penyakit Bulai. Disebabkan oleh virus Gemini dibawa oleh benih/bijinya dan melalui hama vektornya yaitu kutu kebul.

Penyakit yang disebabkan virus tidak akan mempan dikendalikan dengan cara penyemprotan. Untuk mengatasinya harus dilakukan sejak dini. Yaitu dengan memilih benih tahan virus F1 hibrida. Bisa juga pengendaliannya dengan menyemprot hama vektornya yaitu kutu.

Kita dapat menambahkan daya tahan tanaman dari serangan virus Gemini. Dengan cara mengintensifkan pemupukan. Yaitu seperti menggunakan pupuk organik cair yang mengandung zat hara makro dan mikro lengkap. Manfaatnya membuat tanaman tumbuh subur dan lebih tahan terhadap patogen.  

Penyakit Keriting Daun atau Mosaic. Penyebab penyakit Mosaic adalah Cucumber Mosaic Virus ( CMV ). Gejalanya menyebabkan tanaman kerdil, Warna daun belang-belang hijau tua dan hijau muda. Gejala lain daun lebih kecil dan tulang daun berubah menguning.

Mosaic bisa menular dan menyebar ke tanaman lain lewat aktivitas serangga. Penyemprotan kimia ditujukan untuk mengendalikan hamanya. Untuk mencegah penyakit, tanaman terinfeksi  harus dimusnahkan.  

Gunakan selalu benih F1 tahan virus untuk meminimalisir serangan virus. Saat pemeliharaan, lakukan pemupukan yang baik dan benar.

Cara Menanam Cabe Baja MC F1

Cara budidaya cabe Baja MC F1 diawali dengan persemaian benih dulu. Persemaian benih menggunakan polybag plastik atau wadah terbuat dari daun-daunan. Diharapkan dengan persemaian, benih dapat menjadi bibit yang tahan tumbuh di lahan. Tidak stress lingkungan saat dipindahkan nanti.

Persemaian benih cabe Baja MC F1 menggunakan media campuran tanah, arang sekam dan kompos/pupuk kandang ( 2 : 1 : 1 ). Bila tidak ada arang sekam, media persemaian menggunakan tanah dan pupuk organik ( 1 : 1 ). Sebelum digunakan, tanah, pupuk dan arang sekam diayak agar halus lalu dicampur jadi satu.

Tempat persemaian diberi naungan dari jaring. Gunanya mengurangi terik matahari dan dari air hujan langsung. Naungan yang baik adalah jaring pelindung hama/serangga namun memang agak mahal. Letakkan polybag semai dan tatalah dengan rapi di bawah naungan. Biarkan 5 – 6 hari.

Setelah 5 hari, tanamkan benih pada polybag sedalam 0,5 cm lalu tutup dengan kompos halus. Basahi sedikit benih yang sudah ditanam agar kelembaban terjaga.Lakukan penyiraman persemaian benih setiap pagi dan sore.

Cara menyiramnya adalah tutupi dulu permukaan tanah polybag dengan kertas koran. Kemudian siramkan air di atas koran hingga koran basah. Setelah 3 hari, benih akan berkecambah dan kertasa koran dapat dipindahkan.  

Penyiraman harus rutin dilakukan sambil terus kontrol pertumbuhannya. Bibit cabe Baja MC F1 siap dipindahkan setelah berumur 21 – 14 hari. Atau setelah tumbuh 3 – 4 helai daun. Jumlah bibit cabe Baja MC F1 lebihkan 10% dari jumlah kebutuhan bibitnya. Kelebihan bibit ini sebagai persediaan proses penyulaman nanti.

Baca Juga : Hama Dan Penyakit Serta Pestisida Pengendaliannya Pada Budidaya Cabai

Cara Pengolahan Tanah Menanam Cabe Baja MC F1

Cara menanam cabe Baja MC F1 membutuhkan tanah gembur dan memiliki porositas yang baik. Persiapan lahan dengan cara tanah dicangkul atau dibajak sedalam 20 – 40 cm. Bersihkan lahan dari batu, kerikil dan sisa-sisa akar tanaman. Bila gulma cukup banyak, hilangkan dengan semprotan herbisida.  

Buat bedengan dengan lebar 1 meter, tinggi 30 – 40 cm. Jarak antar bedengan digunakan sebagai saluran air ( parit ) dengan lebar 60 cm. Panjang bedengan disesuaikan kondisi lahan atau maksimal 15 meter. Saluran air dibuat denganbaik karena tanaman cabe tidak tahan genangan air.

Budidaya cabe Baja MC F1 menghendaki pH 6 – 7. Bila tanah terlalu asam, tanaman akan terlihat pucat dan mudah terserang virus. Tanah pH rendah mudah ditumbuhi ilalang. Untuk menetralkan yaitu menggunakan Dolomit kapur pertanian sebanyak 2 – 4 ton/ha. Pemberian Dolomit pada saat tanah dibajak dan bedengan dibuat.

Pupuk dasar berikan pupuk organik, bisa kompos atau pupuk kandang. Berikan pupuk pada bedengan secara merata sebanyak 20 ton/hektar. Tambahkan pupuk kimia Urea 350 kg/ha dan KCl 200 kg/ha.

Agar budidaya lebih intensif, tutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak. Pemakaian mulsa plastik tentu membutuhkan biaya besar namun manfaatnya besar untuk perkembangan tanaman. Mulsa bermanfaat mempertahankan kelembaban, menekan erosi, mengendalikan gulma dan kebun selalu bersih.

Pada permukaan mulsa plastik dibuatlah lubang tanam menggunakan sistim double row ( 2 baris ) dan dibuat zig-zag tidak sejajar. Lubang tanam berjarak 60 – 70 cm. Lubang tanam jangan terlalu rapat agar sirkulasi angin lancar dan penetrasi sinar matahri bisa merata. Diameter dan kedalaman lubang sekitar 10 cm atau disesuaikan ukuran polybag semai.

Penanaman Bibit Cabe Baja MC F1

Penanaman bibit dilakukan satu hari setelah pemasangan mulsa dan pembuatan lubang tanam. Lubang tanam dibuat menggunakan alat pelubang mulsa. Alat pelubang mulsa tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Tersedia 2 macam diameter, diameter kecil untuk lubang pupuk dan diameter besar untuk bibit.

Bibit baru bisa ditanam atau dipindahkan ke lahan bila sudah cukup umur. Diharapkan bibit sudah kuat dan tidak stress menghadapi perubahan lingkungan. Setelah bibit berumur 3 – 4 mingguan dan muncul 3 – 4 helai daun, baru bibit siap ditanam dilahan tetap.

Pemindahan bibit usahakan dilakukan di pagi dan sore hari saat matahari tidak bersinar terik. Hal ini untuk menghindari bibit mengalami stress akibat panas matahari. Penanaman bibit ini harus selesai dalam satu hari dan serentak dalam satu hari.

Cara menanam bibit harus menyobek plastik polybag dulu. Bibit dikeluarkan dengan hati-hati. Perakaran tidak boleh hancur atau rusak agar tanaman cepat beradaptasi begitu ditanam di tempat baru.

Masukkan bibit ke lubang tanam yang sudah disiapkan. Beri tanah secukupnya dan tekan-tekan tanah disekitar pangkal batang perlahan. Siram semua bibit yang baru dipindah untuk menjaga kelembaban.

Baca Juga : Toko Online Panah Merah Dan Cara Belanja Cepat

Pemeliharaan dan Perawatan Cabe Baja MC F1

Cabe Baja MC F1,Cabe Baja MC, Jual Cabe Baja MC F1, Cabe Baja MC F1 Murah, Cara Menanam Cabe Baja MC F1, Jual Cabe Baja MC F1, LMGA AGRO, Toko Pertanian, Harga Murah,Harga Diskon
Jual Cabe Baja MC F1 | LMGA AGRO

Penyiraman intensif dilakukan di musim kemarau, saat cuaca kering. Alat siram menggunakan gembor atau dengan cara penggenangan. Hati-hati bila penyiraman saat umur masih muda. Penggenangan dilakukan 2 minggu sekali.

Lakukan pengamatan rutin terutama 1 – 2 minggu pertama sambil melakukan penyulaman. Apabila ada tanaman mati atau tumbuh abnormal, segera cabut lalu ganti dengan bibit baru.

Cara menanam cabe Baja MC F1 perlu pemasangang ajir dari bambu. Gunanya untuk menopang agar tidak roboh. Tanaman bisa berdiri tegak.

Ajir ditancapkan dengan jarak minimal 4 cm dari pangkal batang. Pemasangan ajir dilakukan hari ke-7 sejak bibit dipindahkan. Bila ajir ditancapkan saat tanaman besar dikhawatirkan saat ajir ditancapkan mengenai perakaran tanaman. Bila akar terluka akan mudah terserang penyakit.

Bila tanaman sudah tinggi, diikatkan pada ajir. Menggunakan tali salaran khusus untuk tanaman. Dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Pengikatan saat tanaman berumur 1 bulan lebih.

Dalam cara menanam cabe Baja MC F1 ada proses perempelan atau pemotongan tunas. Perempelan dilakukan pada umur 3 minggu untuk cabe di dataran rendah. Dan umur 1 bulan untuk cabe di dataran tinggi.

Potong tunas yang tumbuh di ketiak daun dengan tangan bersih. Perempelan terus dilakukan sampai cabang utama terbentuk. Yaitu ditandai dengan munculnya bunga pertama atau kedua.

Pemupukan susulan dilakukan setiap 2 minggu sekali. Atau minimal 8 kali pemupukan sampai panen terakhir. Pemupukan susulan menggunakan sistim kocor pupuk pada setiap lubang tanam.

Pemupukan paling praktis adalah menggunakan pupuk organik cair. Siramkan 100 ml larutan pupuk sudah diencerkan. Siramkan pada setiap tanaman. Bisa juga ditambahkan NPK pada campuran tersebut.  

Penyiangan gulma dilakukan seperlunya saja. Pengendalian hama dan penyakit juga penting dilakukan. Hama dan penyakit cabe sudah Kami jabarkan di awal tulisan di atas.

Pemanenan Cabe Baja MC F1

Panen Cabe Baja MC F1 dilakukan saat umur 75 – 80 HST. Proses pemanenan dilakukan beruang-ulang sampai tanaman memproduksi cabe. Besarnya hasil produksi dan bobt buah tergantung dari ketinggian tempat, kondisi lahan dan perawatannya.

Pemanenan cabe Baja MC F1 dilakukan dengan interval 2 – 5 hari sekali sesuai kondisi kematangan buah dan permintaan pasar. Buah cabe sebaiknya dipetik langsung beserta tangkainya. Hal ini dengan tujuan agar cabe Baja MC F1 dapat disimpan lebih lama.

 Buah cabe Baja MC F1 matang berwarna merah cerah. Namun bila ada permintaan pasar cabe hijau, maka dapat dipanen saat muda. Antioksidan terbanyak terdapat pada cabe hijau. Pemetikan dilakkan
pada pagi hari.

Demikian artikel Kami judul : Cabe Baja MC F1 baru Benih Panah Merah. Hubungi HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual produk terbaru, terlengkap, harga promo dan bersaing.

Baca Juga : Belanja Online Benih Cabe Harga Diskon

Toko Pertanian LMGA Agro online shop menyediakan baru benih cabe Baja MC F1. Juga benih F1 buah dan sayur lainnya. Tersedia juga pupuk, ZPT, pestisida, spare part dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian seputar cara menanam tanaman.

Online Shop Toko pertanian LMGA Agro berpengalaman bekerjasama dropship, reseller, petani dan toko pertanian. Kami siap kirim produk benih cabe Baja MC F1 ke seluruh wilayah Indonesia. Dijamin barang aman dan sampai tujuan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba budidaya cabe Baja MC F1 dari Panah Merah. Salam sukses… 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *