Jual Cabe Baja MC F1 Baru Benih Panah Merah

Cabe Baja MC F1, Cabe Baja MC, Baja MC F1, Cabe Baja MC Panah Merah, Cabe Baja MC F1 Murah, Jual cabe Baja MC F1, Cabe Baja MC East West, LMGA AGRO, Toko Pertanian

Penyakit Keriting Daun atau Mosaic. Penyebab penyakit Mosaic adalah Cucumber Mosaic Virus ( CMV ).

Gejalanya menyebabkan tanaman kerdil, Warna daun belang-belang hijau tua dan hijau muda. Gejala lain daun lebih kecil dan tulang daun berubah menguning.

Mosaic bisa menular dan menyebar ke tanaman lain lewat aktivitas serangga.

Penyemprotan kimia bertujuan untuk mengendalikan hamanya. Untuk mencegah penyakit, tanaman terinfeksi  harus kita musnahkan.  

Gunakan selalu benih F1 tahan virus untuk meminimalisir serangan virus. Saat pemeliharaan, lakukan pemupukan yang baik dan benar.

Cara Menanam Cabe Baja MC F1

Cara budidaya cabe Baja MC F1 kita awali dengan persemaian benih dulu. Persemaian benih menggunakan polybag plastik atau wadah terbuat dari daun-daunan.

Diharapkan dengan persemaian, benih dapat menjadi bibit yang tahan tumbuh di lahan. Tidak stress lingkungan saat dipindahkan nanti.

Persemaian benih cabe Baja MC F1 menggunakan media campuran tanah, arang sekam dan kompos/pupuk kandang ( 2 : 1 : 1 ).

Bila tidak ada arang sekam, media persemaian menggunakan tanah dan pupuk organik ( 1 : 1 ).

Sebelum kita gunakan, tanah, pupuk dan arang sekam kita ayak agar halus lalu campur jadi satu.

Tempat persemaian kita beri naungan dari jaring. Gunanya mengurangi terik matahari dan dari air hujan langsung.

Naungan yang baik adalah jaring pelindung hama/serangga namun memang agak mahal.

Letakkan polybag semai dan tatalah dengan rapi di bawah naungan. Biarkan 5 hingga 6 hari.

Setelah 5 hari, tanamkan benih pada polybag sedalam 0,5 cm lalu tutup dengan kompos halus.

Basahi sedikit benih yang sudah kita tanam agar kelembaban terjaga.Lakukan penyiraman persemaian benih setiap pagi dan sore.

Cara menyiramnya adalah tutupi dulu permukaan tanah polybag dengan kertas koran.

Kemudian siramkan air di atas koran hingga koran basah. Setelah 3 hari, benih akan berkecambah dan kertasa koran dapat dipindahkan.  

Penyiraman harus rutin kita lakukan sambil terus kontrol pertumbuhannya.

Bibit cabe Baja MC F1 siap dipindahkan setelah berumur 18 – 24 hari. Atau setelah tumbuh 3 hingga 4 helai daun.

Jumlah bibit cabe Baja MC F1 lebihkan 10% dari jumlah kebutuhan bibitnya. Kelebihan bibit ini sebagai persediaan proses penyulaman nanti.

Baca Juga : Hama Dan Penyakit Serta Pestisida Pengendaliannya Pada Budidaya Cabai

Cara Pengolahan Tanah Menanam Cabe Baja MC F1

Cara menanam cabe Baja MC F1 membutuhkan tanah gembur dan memiliki porositas yang baik. Persiapan lahan dengan cara tanah mencangkul atau bajak sedalam 20 hingga 40 cm.

Bersihkan lahan dari batu, kerikil dan sisa-sisa akar tanaman. Bila gulma cukup banyak, hilangkan dengan semprotan herbisida.  

Buat bedengan dengan lebar 1 meter, tinggi 30 hingga 40 cm. Jarak antar bedengan yang kita gunakan sebagai saluran air ( parit ) dengan lebar 60 cm.

Panjang bedengan kita sesuaikan kondisi lahan atau maksimal 15 meter. Saluran air kita buat dengan baik karena tanaman cabe tidak tahan genangan air.

Budidaya cabe Baja MC F1 menghendaki pH 6 – 7. Bila tanah terlalu asam, tanaman akan terlihat pucat dan mudah terserang virus. Tanah pH rendah mudah ditumbuhi ilalang.

Untuk menetralkan yaitu menggunakan Dolomit kapur pertanian sebanyak 2 hingga 4 ton/ha. Pemberian Dolomit pada saat tanah kita bajak dan bedengan dibuat.

Pupuk dasar berikan pupuk organik, bisa kompos atau pupuk kandang.

Berikan pupuk pada bedengan secara merata sebanyak 20 ton/hektar. Tambahkan pupuk kimia Urea 350 kg/ha dan KCl 200 kg/ha.

Agar budidaya lebih intensif, tutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak.

Pemakaian mulsa plastik tentu membutuhkan biaya besar namun manfaatnya besar untuk perkembangan tanaman.

Mulsa bermanfaat mempertahankan kelembaban, menekan erosi, mengendalikan gulma sampai dengan kebun selalu bersih.

Pada permukaan mulsa plastik dibuatlah lubang tanam menggunakan sistim double row ( 2 baris ) dan kita buat zig-zag tidak sejajar. Lubang tanam berjarak 60 hingga 70 cm.

Lubang tanam jangan terlalu rapat agar sirkulasi angin lancar dan penetrasi sinar matahri bisa merata. Diameter dan kedalaman lubang sekitar 10 cm atau disesuaikan ukuran polybag semai.

Penanaman Bibit Cabe Baja MC F1

Penanaman bibit Cabe Baja MC F1 kita lakukan satu hari setelah pemasangan mulsa dan pembuatan lubang tanam. Lubang tanam dibuat menggunakan alat pelubang mulsa.

Alat pelubang mulsa tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Tersedia 2 macam diameter, diameter kecil untuk lubang pupuk dan diameter besar untuk bibit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *