CABE BAJA MC F1 BARU BENIH PANAH MERAH

Cabe Baja MC F1, Cabe Baja MC, Baja MC F1, Cabe Baja MC Panah Merah, Cabe Baja MC F1 Murah, Jual cabe Baja MC F1, Cabe Baja MC East West, LMGA AGRO, Toko Pertanian
Beri Penilaian

Mungkin karena risiko cara menanam cabe cukup besar sehingga saat-saat tertentu buah cabe langka di pasaran. Sehingga permintaan tinggi, menyebabkan harga cabe melesat sangat tinggi. Hingga menggemparkan perekonomian dalam negeri.

Baca Juga : Belanja Pertanian Harga Grosir Cepat dan Tepat

Mengenal Hama Cabe

Kutu Daun Persik. Hama ini sering menyerang tanaman cabe. Anda perhatikan bagian permukaan daun bawah. Kutu persik sering bersembunyi di tempat tersebut. Untuk menghilangkannya disemprot Pestona atau BVR.

Hama Tungau. Gejalanya, daun berwarna kuning kecoklatan. Tulang daun menggulung ke bawah. Pucuk tanaman berguguran dan menebal. Meninggalkan hanya cabang dan batang saja.

Hama Thrips Parvispinus. Gejalanya daun bercak dan berkerut. Daun permukaan bawah berwarna keperakan. Hama membentuk koloni dan berkumpul di bawah daun. Lakukan pengamatan, koloni akan tampak saat pagi dan sore hari. Pengendalian menggunakan pestona atau BVR.

Mengenal Penyakit Cabe

Embun Bulu. Gejala tampak adanya bercak klorosis. Permukaan daun berbulu karena adanya cendawan Peronospora parastica.

Rebah Semai. Gejalanya adalah tanaman menjadi layu karena batang membusuk. Penyebabnya adalah Rhizoctonia sp. dan Phytium sp. Cara mengendalikan adalah dengan membuang media tanamnya. Kelembaban lingkungan diatur dengan cara penyiraman dan pemangkasan daun. Jarak tanam jangan terlalu rapat.

Sekelompok virus cabe. Gejalanya menyebabkan pertumbuhan terhambat, warna daun pucat. Biasanya gejala akan muncul 2 minggu setelah penanaman. Cara teknis pengendaliannya yaitu tanaman dicabut, lalu dibakar. Penyemprotan menggunakan fungisida.

Bercak Daun. Penyebabnya adalah oleh jamur Cercospora capsici. Gejala serangan pada daun terdapat bercak-bercak berwarna abu-abu. Bercak pada pinggirannya berwarna coklat.

Serangan hebat menyebabkan daun menguning lalu akhirnya berguguran. Bercak daun banyak terjadi di musim hujan saat kelembaban cukup tinggi. Penyakit menyebar saat jamur masih berupa spora. Spora terbawa oleh angin, air hujan, hama vektorndan alat pertanian. Spora jamur juga bisa terbawa pada benih atau biji.

Pencegahan bercak daun yaitu menggunakan benih sehat bebas patogen. Jarak tanam sebaiknya tidak terlalu rapat agar lingkungan tidak terlalu lembab. Pengendalian teknis dengan cara memusnahkan tanaman terinfeksi dengan cara dicabut lalu dibakar. Semprotkan fungisida bila serangan semakin hebat.

Patek atau Antraknosa

Patek atau Antraknosa disebabkan cendawan Colletotrichum capsici dan Colletotrichum gloeosporioides. Menyerang saat pembibitan menyebabkan layunya bibit. Serangan saat dewasa menyebabkan mati pucuk. Serangan pada daun dan batang menyebabkan busuk kering. Pada buah menjadi busuk seperti terbakar.

Penyakit Patek bisa terbawa oleh benih atau biji cabe. Pencegahannya yaitu dengan menggunakan benih sehat bebas patogen. Pengendalian teknis dengan cara tanaman dicabut lalu dibakar. Serangan hebat semprotkan fungisida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *