Hama Budidaya Tanaman Membuat Petani Rugi

hama,budidaya,hama tanaman,budidaya tanaman
Musim Tanam Salah

Tanaman memiliki beberapa jenis yang hanya bisa tumbuh semusim saja, hal ini bergantung pada ketersediaan air untuk pengairan tanaman. Waktu penanaman harus sesuai tidak boleh mendahului maupun telat, karena hal tersebut dapat berakibat serangan hama pada tanaman yang ditanam. Sebelum melakukan penanaman benih, sebaiknya petani telah mengetahui umur tanaman untuk mengantisipasi serangan hama tanaman.

Imigrasi Hama

Imigrasi pada binatang merupakan hal yang lumrah terjadi pada ekosistem alam, termasuk pada organisme pengganggu tanaman. Organisme ini dapat melakukan migrasi secara berkelompok maupun secara mandiri dengan memanfaatkan hal disekitarnya seperti hembusan angin. Ketika sudah sampai pada suatu lahan, maka organisme tersebut akan beradaptasi dengan cara mencari tanaman yang mempunyai daya tahan buruk.

Penggunaan Pestisida

Walaupun pestisida digunakan untuk membasmi hama, namun bila pemakaiannya secara berlebihan akan menyebabkan kerugian bagi petani. Penggunaan pestisida yang tidak sesuai aturan dikhawatirkan akan menyebabkan predator hama menjadi mati karena salah sasaran dalam penggunaan. Selain itu matinya hama akan menjadikan organisme pengganggu lainnya beradaptasi dan melahirkan gen baru yang kebal terhadap zat pestisida tertentu.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan pestisida dengan kualitas unggul harga terjangkau. Tersedia berbagai macam jenis pestisida mulai dari insektisida hingga fungisida dengan kualitas unggul. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai cara penggunaan pestisida secara baik dan benar secara gratis.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Serta Pestisida Pengendalinya Pada Budidaya Cabai

Hama yang Sering Menyerang Budidaya Tanaman

Hama tanaman merupakan organisme yang secara mayoritas banyak merugikan petani secara ekonomi maupun secara mental. Rugi secara ekonomi dengan cara menjadikan budidaya tanaman menjadi gagal panen atau hasil panen yang tidak maksimal. Rugi secara mental karena budidaya menjadi gagal total karena serangan hama secara masif dan kerja keras petani menjadi sia – sia.

Hal tersebut merupakan ancaman yang bisa diberikan oleh hama bila menyerang suatu pembudidayaan tanaman atau lahan pertanian. Maka dari itu para petani harus mengetahui jenis – jenis organisme ini secara detil dan akibat yang ditimbulkan dari serangannya. Dibawah ini adalah penjelasan mengenai jenis – jenis organisme pengganggu tanaman dan penyakit yang sering menyerang tanaman budidaya serta cara menanggulanginya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *