Hama Budidaya Tanaman Membuat Petani Rugi

hama,budidaya,hama tanaman,budidaya tanaman
Pengelolaan Tanaman

Pengelolaan tanaman yang dimaksud adalah usaha petani dalam rangka menumbuhkan tanaman untuk diambil hasil panennya. Usaha ini dimulai dengan pemilihan benih di masa awal budidaya tanaman hingga proses melakukan pemanenan. Dampak dari usaha tersebut memungkinkan adanya hama tanaman yang berkembang pada salah satu proses pengelolaan tanaman pada lahan pertanian.

Serangan Hama pada Varietas Unggul Tanaman Tertentu

Proses penciptaan benih varietas unggul baru pada pabrik produksi selama ini hanya menekankan kualitas akhir pada waktu masa panen. Kualitas teresbut tidak diimbangi dengan daya tahan akan serangan hama secara spesifik, hanya saja diimbangi dengan penyediaan pestisida yang tepat. Hal ini tentu saja tidak membuat tanaman menjadi kebal hama, resiko yang mungkin terjadi adalah peluang populasi hama akan meningkat.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual berbagai jenis varietas benih unggul tahan virus dengan harga terjangkau. Benih yang tersedia merupakan produksi dari pabrik benih terkemuka di Indonesia. Benih yang tersedia dan dijual antara lain cabe, tomat, melon, semangka, terong, dan mentimun.

Keanekaragaman Genetik

Faktor ini hampir sama dengan ekosistem yang beragam, namun perbedaannya terletak pada kondisi benih tanaman yang telah dibudidayakan. Benih tanaman sekarang ini telah melalui berbagai jenis rekayasa genetik supaya mendapatkan benih terbaik. Hal tersebut membuat hama beradaptasi dengan melahirkan ras baru yang sanggup menembus daya tahan tanaman budidaya.

Adaptasi tersebut akan memperbanyak populasi pada lahan budidaya tersebut sehingga akan merugikan bagi para petani. Keadaan tersebut akan membuat petani kewalahan dalam menghalau dan membasmi hama yang telah berkembang. Hal buruk yang mungkin terjadi adalah populasi hama menjadi tidak terkendali.

Penanaman Benih yang Sama Tanpa Pola

Penanaman dengan menggunakan benih yang sama sebenarnya adalah strategi petani untuk mendapatkan hasil yang maksimal secara berkelanjutan. Namun strategi ini harus dibarengi dengan penggunaan pola penanaman. Pola penanaman ini dimaksudkan untuk mengantisipasi serangan hama yang secara spesifik hanya menyerang tanaman yang menjadi tanaman utama.

Bila pola penanaman tidak dilakukan maka lahan pertanian akan terisi penuh dengan satu jenis benih tanaman yang spesifik. Hal tersebut akan berdampak pada populasi hama yang secara bertahap meningkat, dikarenakan sumber makanan yang terpenuhi. Dampaknya populasi tersebut akan menyebabkan kerusakan tanaman hingga menyebabkan kerugian bagi pelaku usaha seperti petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *