Agrowisata, Wisata Sambil Belajar Budidaya Tanaman

agrowisata,wisata,pariwisata,budidaya,tanaman,budidaya tanaman
Beri Penilaian

Agrowisata, Wisata Sambil Belajar Budidaya Tanaman. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Beragamnya jenis tanaman hortikultura yang memiliki manfaat serta keuntungan membuat petani berinisiatif untuk membudidayakannya. Budidaya tanaman yang dilakukan oleh petani selama ini hanya bersifat sebagai bisnis saja, untuk mendapatkan keuntungan dari hasil panen. Namun bila petani dapat melihat peluang usaha lain didalamnya, maka agrowisata bisa menjadi ide yang sangat bagus jika dikembangkan.

Agrowisata bisa dikembangkan dengan berbagai cara dan konsep yang dapat memikat pengunjung untuk datang. Bisa dilakukan dengan cara yang edukatif seperti pembelajaran mengenai budidaya tanaman serta pengolahan hasil budidaya. Selain menguntungkan bagi petani, wisata ini juga sangat bermanfaat bagi pengunjung dan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

Agrowisata, Pemanfaatan Maksimal Budidaya Tanaman

Agrowisata adalah aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait yang menjadi daya tarik wisatawan. Salah satu jenis wisata ini memiliki beragam variasi, seperti wisata petik buah hingga memberi makan ternak. Wisata dengan tema pertanian ini merupakan salah satu peluang usaha dengan memanfaatkan budidaya tanaman maupun peternakan hewan.

Budidaya tanaman dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha bagi petani untuk membuka agrowisata. Tanaman yang sering dimanfaatkan untuk wisata perkebunan ini mayoritas berasal dari jenis buah, seperti apel dan stroberi. Namun tidak menutup kemungkinan agrowisata berisi berbagai jenis macam sayuran.

Lokasi agrowisata biasa ditemukan di dataran tinggi seperti wisata perkebunan teh atau wisata petik stroberi. Namun tidak semua wisata dengan konsep perkebunan berlokasi di dataran tinggi. Terdapat beberapa wisata perkebunan yang berada di dataran rendah seperti perkebunan coklat dan jambu.

Budidaya tanaman yang telah menjadi kawasan wisata tentunya akan memiliki beberapa wahana yang memancing wisatawan mengunjungi. Wahana yang biasa dimiliki oleh agrowisata perkebunan meliputi petik buah, proses pengolahan buah menjadi produk, dan penjualan produk hasil pengolahan. Dengan berbagai macam wahana yang disediakan diharapkan wisatawan akan tertarik dan mengunjunginya.

Pemanfaatan budidaya tanaman menjadi sebuah kawasan wisata akan menjadikan suatu wilayah memiliki banyak pengunjung dan wisatawan. Dengan banyaknya wisatawan dan pengunjung yang datang maka pendapatan daerah akan meningkat. Selain itu, lapangan kerja baru akan terbuka bagi masyarakat sekitar daerah wisata perkebunan.

Baca Juga : Budidaya Tomat Buah dan Sayur Dengan Cara Mudah

Agrowisata Meningkatkan Pendapatan Petani dan Daerah

Pemanfaatan berbagai sumber daya alam yang terdapat di Indonesia bisa dijadikan suatu peluang usaha yang menguntungkan bagi masyarakat. Sumber daya alam berupa hewan maupun tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai nilai lebih pariwisata Indonesia. Pemanfaatan sumber daya alam hayati meliputi hewan dan tumbuhan bisa dilakukan dengan cara membuat suatu konsep agrowisata.

Agrowisata merupakan bentuk wisata yang memanfaatkan potensi sumber daya alam hewan dan tumbuhan dalam bentuk budidaya maupun peternakan. Budidaya tanaman dan peternakan memiliki peluang untuk dijadikan wisata yang menawarkan pengalaman mengurus dan terjun langsung pada sektor pertanian. Selain itu memberi pilhan baru pariwisata selain pergi ke taman bermain maupun ke mall.

Agrowisata memiliki tujuan untuk memberikan edukasi dan pengalaman berlibur kepada wisatawan dengan tetap berorientasi kepada alam. Edukasi yang didapatkan oleh wisatawan antara lain cara budidaya tanaman maupun cara merawat hewan secara baik dan benar. Pengalaman berlibur dengan suasana sejuk dan pemandangan indah juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain membuat daya tarik para wisatawan, agrowisata juga bisa dijadikan tempat berkembangnya produk olahan baru dari budidaya maupun pertanian. Produk dari olahan tersebut bisa dijual dan ditawarkan kepada para wisatawan. Dengan begitu para wisatawan akan mendapatkan pengalaman baru dengan mencoba produk olahan baru.

Agrowisata dapat dikembangkan dengan sistem kerjasama antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha seperti petani. Dengan begitu antar wilayah tidak akan terjadi persaingan, karena memiliki keragaman yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Daya tarik keragaman budaya tersebut akan membuat wisatawan akan mengunjungi agrowisata dan turut menyumbang pendapatan petani dan daerah. Pendapatan tersebut dapat menguntungkan petani dan daerah. Keuntungan tersebut dapat digunakan untuk pengembangan agrowisata maupun untuk pembangunan lainnya.

Baca Juga : Menggantungkan Keuntungan Besar Dari Cabai Imola

Klasifikasi Jenis Agrowisata

Setelah mengetahui bahwa agrowisata adalah bentuk kegiatan pariwisata yang memanfaatkan pertanian sebagai objek wisata. Objek wisata yang mempunyai tujuan untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman rekreasi yang menyenangkan. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai hubungan usaha dalam bidang pertanian.

Agrowisata juga tidak terbatas hanya meliputi budidaya tanaman dan peternakan hewan saja, namun memiliki jenis yang lain. Jenis – jenis dari pengembangan wisata ini juga memiliki potensi memberikan keuntungan bagi pelaku usaha maupun daerah. Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat beberapa jenis agrowisata.

Agrowisata Perkebunan

Agrowisata jenis ini merupakan wisata yang memiliki keunggulan dalam menunjukkan proses budidaya dari awal hingga akhir. Proses awal meliputi kegiatan pra produksi seperti pembibitan tanaman, pemeliharaan hingga proses pasca produksi seperti pengelolaan dan pemasaran. Dengan menunjukkan proses yang detail membuat wawasan pengunjung tentang budidaya tanaman menjadi lebih banyak.

Selain menunjukkan proses pengolahan tanaman yang detil, agrowisata perkebunan juga menawarkan pemandangan alam dan hawa yang sejuk. Letak dari perkebunan sendiri berada di dataran tinggi sehingga akan menjadi daya tarik untuk mengunjunginya. Unsur penunjang lainnya adalah penataan kebun dan ketersediaan fasilitas bagi pengunjung perkebunan.

Agrowisata Hortikultura

Agrowisata jenis ini menawarkan pengalaman dalam melakukan wisata di daerah pertanian tanaman hortikultura seperti sayur, buah, dan bunga. Para pengunjung yang datang dapat menikmati buah dengan cara memetik sendiri, serta melihat pemandangan yang indah dari taman bunga. Pengolahan produk tanaman juga ditunjukkan kepada pengunjung untuk menambah wawasan serta dijual sebagai oleh – oleh.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual benih tanaman hortikultura dengan kualitas unggul harga murah. Tanaman hortikultura yang tersedia antara lain cabe, tomat, semangka, dan melon. Benih hortikultura yang dijual juga merupakan produksi pabrik benih terkemuka di Indonesia.

Agrowisata Tanaman Pangan

Agrowisata ini dibagi lagi menjadi 2 macam, yaitu tanaman pangan di lahan basah dan tanaman pangan di lahan kering. Jenis tanaman pangan yang terdapat pada lahan basah adalah padi. Sedangkan untuk lahan kering dataran rendah adalah komoditas tanaman jagung, dan lahan kering dataran tinggi adalah komoditas tanaman wortel.

Agrowisata jenis ini rata – rata menonjolkan wahana penanaman benih, seperti menanam padi atau menanam benih wortel. Selain itu daya tarik wisata ini terdapat pada panorama pemandangan yang indah. Untuk memaksimalkan daya tarik wisata untuk menarik pengunjung perlu dikombinasikan dengan wisata lainnya.

Agrowisata Perikanan

Agrowisata perikanan merupakan jenis wisata yang mengutamakan pengalaman dalam menangkap ikan dan disajikan untuk hidangan. Selain itu para wisatawan juga bisa melihat budidaya ikan baik yang terdapat pada kolam air tenang maupun kolam pembenihan. Wisata ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan ikan air tawar untuk kolam pemancingan maupun ikan air laut untuk diletakkan pada keramba ikan.

Indonesia yang merupakan negara dengan wilayah laut yang begitu luas membuat peluang wisata ini sangat terbuka. Dengan memaksimalkan peluang ini akan membuat pelaku usaha dan daerah akan mendapatkan keuntungan. Serta para wisatawan dan pengunjung akan mendapatkan wawasan tambahan mengenai budidaya ikan.

Agrowisata Peternakan

Agrowisata jenis ini lebih mengutamakan untuk menunjukkan cara beternak secara tradisional maupun secara modern. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk membuat para wisatawan bertambah wawasannya mengenai peternakan. Selain itu wisatawan dapat memiliki pengalaman dalam berinteraksi dengan berbagai hewan ternak.

Agrowisata jenis ini bersifat farm-tourism yang memberikan cukup banyak interaksi antara wisatawan dengan hewan ternak. Interaksi yang didapat oleh para wisatawan antara lain merasakan sensasi memberi makan hewan ternak secara langsung. Hewan ternak yang berada pada wisata ini antara lain sapi, kambing, kuda, ayam, dan domba.

Agrowisata Perhutanan

Agrowisata jenis ini merupakan bagian dari suatu wilayah yang dikelilingi oleh hutan homogen maupun hutan heterogen. Wisata jenis ini biasanya memiliki beberapa warung makan yang menyediakan makanan dan minuman. Sambil menikmati hidangan yang telah disediakan, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan dan suasana hutan yang segar.

Agrowisata jenis ini biasa digunakan untuk kegiatan – kegiatan rekreasi dan berlibur seperti melakukan camping. Selain itu pemanfaatan hutan sebagai area agrowisata juga akan memberikan manfaat tersendiri. Kegiatan pembelajaran langsung untuk pelajar juga merupakan salah satu manfaat yang diperoleh, karena hutan memiliki beragam flora dan fauna.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pestisida

Edukasi Budidaya Tanaman Melalui Agrowisata

Agrowisata memberikan paket lengkap dalam memberikan pengalaman bagi wisatawan dengan berbagai wahana didalamnya. Wahana yang selalu menjadi andalan wisata ini adalah proses budidaya tanaman dari awal sampai pasca panen. Melalui wahana tersebut wawasan dan pengetahuan budidaya tanaman para wisatawan akan bertambah.

Setiap fase pada budidaya tanaman akan ditunjukkan secara rinci oleh pengelola agrowisata agar menarik wisatawan. Budidaya tanaman dimulai dengan pembibitan yaitu fase dimana benih tanaman baru saja disemai hingga siap dipindah ke lahan. Selama pembibitan, benih tanaman harus mendapatkan pengairan yang cukup, pemupukan, dan pengendalian terhadap organisme pengganggu tanaman.

Setelah dari fase pembibitan, media tanam harus diolah sedemikian rupa agar cocok sebagai tempat tumbuh bibit tanaman. Tanah yang akan dijadikan media tanam harus digemburkan dan diolah agar sesuai syarat tumbuh tanaman. Penggemburan tanah dilakukan dengan cangkul atau dengan sekop.

Selanjutnya adalah fase penanaman bibit tanaman ke media tanam atau lahan pertanian dengan disemai ataupun tanpa disemai. Jarak antar tanaman juga harus diperhatikan secara seksama agar tanaman mempunyai ruang tumbuh optimal. Penanaman dapat dilakukan dalam larikan atau menggunakan bedengan.

Setelah dilakukan penanaman, bibit tanaman harus dirawat secara teratur dan seksama agar memiliki pertumbuhan yang optimal. Bibit juga harus memiliki pengairan dan pemupukan yang cukup guna memasok nutrisi ke tanaman. Pengendalian hama juga harus dilakukan secara seksama agar tanaman tidak mati atau rusak dikarenakan serangan hama tanaman.

Fase pemanenan akan dilakukan setelah tanaman memiliki cukup umur sehingga hasil panen memiliki kualitas yang baik. Cara memanen tanaman juga harus dilakukan secara seksama dan hati – hati agar hasil panen tidak rusak dan kualitas tetap terjaga. Selain itu cara memanen tanaman bisa dilakukan dengan cara manual ataupun mesin.

Setelah masa panen berakhir akan diikuti dengan pascapanen. Fase ini akan mengelola hasil panen dengan cara mensortir dan digolongkan sesuai kualitasnya. Kemudian disimpan pada tempat yang bersih dan higienis.

Baca Juga : Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman di Halaman Rumah

Lingkungan Terjaga Dengan Agrowisata

Agrowisata merupakan wahana wisata berbasis pertanian yang dikelompokkan dalam wisata ekologi. Wisata ekologi adalah wisata yang mengusung konsep ramah lingkungan dengan tidak merusak dan mencemari lingkungan. Dengan konsep tersebut maka lingkungan akan lebih terjaga dan tetap lestari.

Agrowisata juga akan memberikan edukasi mengenai lingkungan bagi para wisatawan seperti proses budidaya tanaman dan perawatannya. Tujuan dari edukasi ini sendiri adalah membuat wisatawan juga turut menjaga lingkungan disekitarnya. Serta menjadikan alam sebagai sarana pendidikan bagi generasi muda.

Pengelolaan agrowisata tidak berfokus hanya pada pelayanan pengunjung, namun juga berfokus pada kelestarian lingkungan alam sekitarnya. Pada agrowisata perkebunan akan memperhatikan penggunaan pupuk atau pestisida supaya tidak mencemari lingkungan dan merusak ekosistem. Sedangkan agrowisata peternakan akan mengolah kotoran hewan ternak menjadi pupuk kandang supaya lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Agrowisata dalam hal ini sangat diupayakan dalam pelestarian lingkungan supaya tidak rusak dan tercemar. Karena dengan menjaga lingkungan agar selalu lestari dan asri memberikan keuntungan bagi semua pihak yang terlibat. Para pengelola agrowisata akan untung karena banyaknya wisatawan, sedangkan wisatawan akan diuntungkan dengan wahana wisata dan pemandangan alam yang indah.

Baca Juga : Pertanian Organik Penghasil Tanaman Sehat Bergizi

Demikian artikel tentang Agrowisata, Wisata Sambil Belajar Budidaya Tanaman. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang agrowisata ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.