Online Shop Pertanian Untuk Kemajuan Petani Indonesia

Online Shop, usaha online, toko pertanian, lmga agro

Cara belanja online produk apapun termasuk produk pertanian merupakan kegiatan berbelanja mudah dan praktis. Pelanggan belanja online merasakan benar bahwa mereka tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk mencari barang yang diinginkan.

Kegiatan online shop memanfaatkan adanya jaringan internet. Bagi penjual, hal ini merasa diuntungkan karena adanya internet. Internet merupakan tempat untuk memasarkan produk pertanian dan layanan jasa lainnya.

Pelaku usaha online hanya membutuhkan gadget dan terhubung ke jaringan internet. Kegiatan bisnis online ini dapat dijalankan hanya dalam satu waktu. Penjual online shop juga dapat bekerja dimanapun berada bersama gadgetnya untuk merespon konsumen.

Perhatian dan pelayanan terhadap respon dan masukan konsumen penting sekali agar bisnis berjalan maksimal. Hingga kini, tak sedikit orang menjadikan usaha online sebagai usaha sampingan dan usaha rumahan.

Kelancaran usaha online ini berjalan lama bila ada saling percaya. Kepercayaan konsumen saat sudah mentransfer sejumlah uang. Sebagai penjual harus segera melakukan verifikasi dan melalukan pengiriman barang yang dipesan.

Baca Juga : Tempat Konsultasi Pertanian Gratis

Kekurangan Belanja Online

  • Kekurangan 

Beberapa konsumen online shop komplain tentang produk yang tidak sesuai dengan gambar/foto. Biasanya pada foto, produk terlihat sangat bagus karena memang pengambilan foto memperhatikan hal-hal kecil agar gambar bagus.

Barang pesanan terkadang datang terlambat karena bisa sesuatu hal terjadi diluar prediksi kita. Banyak konsumen begitu sudah selesai transfer, mengeluh akibat lamanya barang sampai di alamat mereka.

Maraknya bisnis online menyebabkan munculnya modus kejahatan baru yaitu penipuan di online shop. Pengiriman biodata saat belanja online menjadikan beberapa orang memanfaatkan untuk penipuan. Selidiki dengan detail toko-toko online bila Anda bertransaksi dan pastikan bahwa toko tersebut dapat dipercaya.

Berikan pelayanan memuaskan dengan kemudahan menjawab setiap keluhan dan pertanyaan pelanggan. Lakukan komunikasi yang tidak memrepotkan konsumen seperti komunikasi telepon langsung atau melalui sms atau WhatsApp. Berikan rasa nyaman dan aman kepada konsumen.

Kelebihan Belanja Online

Belanja online memang menyajikan cara belanja nyaman dan aman. Cukup dengan hanya mengakses situs online shop kapan pun. Belanja secara online tidak perlu mengantri untuk membeli barang yang dibutuhkan.

Biasanya pemilik online shop menawarkan harga cukup murah dibandingkan dengan harga di toko offlinenya. Hal ini karena produk didatangkan langsung dari pabrik tanpa perantara. Di online shop, pembeli mudah untuk membandingkan harga produk sama di setiap toko online yang ada.

Produk-produk belanja daring ( online ) lebih bervariasi dan mudah kita dapatkan dengan cepat.  Belanja online juga bisa hemat waktu dan tenaga. Kita tidak perlu berkeliling mencari barang yang dibutuhkan. Karena di online shop kita cukup menggerakkan jari di smartphone kita.

Baca Juga : Semangka Daging Emas TM Golden, Tahan Busuk Batang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *