SEMANGKA DAGING EMAS TM GOLDEN, TAHAN BUSUK BATANG DIBURU PETANI

TM Golden, semangka,benih, benih semangka, semangka tm golden, semangka kuning, semangka inulSEMANGKA DAGING EMAS TM GOLDEN TAHAN BUSUK BATANG DIBURU PETANI. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Siapa sih yang tak kenal dengan buah yang satu ini? Buah semangka, buah yang sangat menyegarkan dengan kandungan airnya yang cukup banyak pada dalamnya dan tentu saja juga menyehatkan. Buah kaya gizi ini sangat cocok menjadi pilihan menu hidup sehat keluarga. (Rev. 09-02-21)

MANFAAT DAN PROSPEK BUDIDAYA TANAMAN SEMANGKA

Dengan kandungan gizi yang banyak tidak hanya pada daging buahnya tetapi juga pada kulit buahnya yang putih. Pada daging semangka terdapat kandungan protein 0,5 %, karbohidrat 5,3 %, lemak 0,1 %, vitamin (A, B, dan C) 0,5 % serta beberapa kandungan lain seperti asam amino sitrullin, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, dan likopen.

Sedangkan kandungan gizi yang terdapat pada kulit semangka antara lainnya protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, mangan, magnesium, zat besi, kalium, dll. Khasiat semangka cukup baik bagi kesehatan tubuh antara lainnya mengonsumsi buah semangka dapat mengurangi risiko hipertensi dan stroke.

Selain itu juga dapat memelihara kesehatan ginjal, mencegah sariawan, mencegah nyeri otot, dan sebagai antioksidan alami. Tidak hanya berguna bagi kesehatan, khasiat semangka juga baik bagi perawatan kecantikan seperti menjaga kelembaban kulit, anti penuaan dini, meremajakan kulit, dan juga sebagai pembersih wajah.

Itu tadi manfaat semangka dari segi kesehatan, dan sekarang ada juga jika melihat manfaat semangka dari segi ekonominya. Dari segi ekonomi semangka sudah sejak dulu sangat potensial untuk pembudidayaannya. Tingginya minat konsumsi masyarakat akan buah-buahan segar menjadi faktor pendorong menjamurnya budidaya semangka pada Indonesia saat ini.

Berbagai daerah sentra budidaya semangka pun akhirnya bermunculan seperti pada Indramayu dan Karawang (Jawa Barat), Kulon Progo (Yogyakarta), Magelang (Jawa tengah), Malang dan Banyuwangi (Jawa Timur), Medan, Lampung serta beberapa daerah pada Bedugul (Bali).

Prospek budidaya semangka dapat kita katakan sangat cerah untuk jangka panjangnya. Apalagi saat ini mulai memasuki musim kemarau. Yang mana pada musim ini permintaan semangka cenderung bertambah banyak dan lebih cepat laku pada pasaran.

Hal lain yang juga turut mendukung adalah harga semangka yang ekonomis dan rasa buahnya yang manis menyegarkan. Maka tak heran jika masyarakat sering memilihnya untuk menjadikannya sebagai buah hidangan atau buah meja pada rumah maupun acara-acara seperti hajatan, tasyakuran, dan arisan.

BUDIDAYA SEMANGKA KINI JADI TREN PETANI INDONESIA

Para petani semakin menggandrungi tren budidaya semangka seiring meningkatnya permintaan juga karena semakin banyaknya varietas semangka yang beredar. Mulai dari bentuknya ada yang tipe bulat, lonjong, dan inul, dari warna dagingnya ada yang berwarna merah dan kuning.

Kemudian ada yang bertipe semangka berbiji dan semangka non biji. Dengan semakin banyaknya varietas semangka yang beredar, membuat petani maupun konsumen penasaran untuk mencobanya. Untuk mendapatkan keuntungan lebih dalam budidaya semangka, tentu cara yang dapat petani lakukan adalah dengan mengikuti tren perkembangan pasar dan permintaan konsumen.

Tipe semangka inul dengan warna daging kuninglah yang saat ini tengah menjadi tren dan mayoritas petani semangka mencarinya terutama pada daerah sentra semangka Jawa Timur. Mereka mulai melirik untuk membudidayakan semangka jenis ini karena bentuknya yang menarik.

Bentuknya lumayan kecil sehingga jika menjualnya untuk sasaran konsumsi keluarga sangatlah cocok. Hal ini telah menunjukkan respon yang positif terhadap perkembangan tren semangka inul kuning pada kalangan masyarakat baik konsumen ataupun petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *