Era Digital dan Modernisasi Terhadap Perkembangan Pertanian Indonesia

era digital,digital,pertanian,modernisasi,toko pertanian,aplikasi
Beri Penilaian

Era Digital dan Modernisasi Terhadap Perkembangan Pertanian Indonesia. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami jual berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami jual benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, East West, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Negara Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya mempunyai pekerjaan di sektor pertanian sebagai petani. Pertanian Indonesia dikenal sebagai petani yang menggunakan alat yang masih tradisional. Seperti menggunakan sapi untuk membajak sawah, atau menggunakan alat perontok padi pada saat masa panen.

Pada masa sekarang ini, era digital mulai menunjukkan perkembangan yang sangat pesat dan sangat masif. Perkembangan era digital ini sudah mulai terlihat di beberapa sektor, mulai dari transportasi hingga telekomunikasi. Era digital juga sudah mulai membuat sektor pertanian mengalami perkembangan.

Perkembangan Era Digital

Era digital sudah berkembang ditengah – tengah masyarakat modern sekarang ini. Mendorong masyarakat untuk bertransformasi mengikuti arus modernisasi dan era digital yang tidak bisa dihindari. Teknologi juga termasuk salah satu dari perkembangan era digital di zaman sekarang ini.

Teknologi sudah menjadi pendamping dari keseharian dan aktivitas masyarakat di seluruh dunia. Berbagai macam teknologi juga sangat bermanfaat dan digemari oleh banyak masyarakat. Dibawah ini merupakan perubahan dan perkembangan era digital yang banyak membantu masyarakat.

Komunikasi

Cara masyarakat dalam berkomunikasi sebelumnya yang diharuskan bertemu secara tatap muka, atau mengirim surat satu sama lain. Dengan perkembangan era digital di masa sekarang ini komunikasi menjadi lebih praktis dan mudah setelah adanya smartphone dan internet. Kedua perkembangan era digital tersebut bisa membantu dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Bisnis Berbasis Aplikasi

Di era digital sekarang ini, bisnis juga merupakan sektor penting yang mengalami perkembangan teknologi. Berbagai perusahaan mulai merambah bisnis yang berbasis aplikasi untuk menarik konsumen. Sebagai contoh membuat aplikasi berbasis smartphone untuk memudahkan akses untuk konsumen.

Finansial Teknologi

Era digital juga mulai berkembang pada sektor keuangan. Dengan menyediakan aplikasi untuk memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi secara online, tanpa perlu datang untuk melakukan transaksi manual. Juga terdapat aplikasi yang bisa menyimpan uang secara digital untuk kebutuhan transaksi.

E-Commerce

Perkembangan era digital yang satu ini adalah yang paling pesat untuk beberapa tahun belakangan ini. Dengan mengusung konsep seperti toko pada umumnya namun dengan perbedaan dalam transaksi yang dilakukan secara online. E-commerce menjadi suatu era digital yang terlihat sangat pesat perkembangannya.

Toko Pertanian Online LMGA Agro termasuk dalam e-commerce pada sektor pertanian, untuk memudahkan petani mencari kebutuhan di era digital ini. Menyediakan kebutuhan benih sayuran dan buah varietas unggul. Juga sedia pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian harga murah.

Baca Juga : Toko Online Pertanian cara Belanja Petani Di Era Digital

Dukungan Era Digital Pada Sektor Pertanian

Sektor pertanian memiliki kedudukan sangat penting dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat. Dengan dukungan dari berbagai pihak, sektor pertanian dapat berkembang di era digital secara bertahap. Pertanian digital adalah contoh bahwa sektor pertanian juga didukung oleh perkembangan era digital.

Dengan perkembangan pertanian di era digital dimaksudkan untuk mempermudah petani dalam mengelola pertaniannya. Mulai dari proses produksi hingga proses penjualan yang dilakukan oleh tengkulak. Dengan tingkat yang lebih tinggi, petani juga bisa mengawasi serangan hama maupun memprediksi datangnya hujan.

Dalam salah satu aplikasi yang sudah dikembangkan di era digital. Petani akan dimudahkan dalam mendapatkan seluruh informasi mengenai pertanian. Mulai dari tips sebelum melakukan penanaman, benih yang cocok, hingga tentang bagaimana cara menanam yang baik supaya mendapatkan hasil memuaskan.

Inovasi lain juga telah dikembangkan dalam sektor pertanian di era digital ini. Inovasi dalam bentuk aplikasi ini ditujukan untuk membantu mempertemukan petani dengan pembeli akhir. Selain itu juga bisa menghubungkan ke berbagai elemen seperti penjual alat pertanian hingga pemerintah.

Tujuan lain dari dikembangkannya pertanian di era digital ini adalah mengantisipasi masa depan dari ketahanan pangan. Serta memancing minat para generasi muda untuk menekuni pekerjaan di bidang pertanian di era digital. Dikarenakan mayoritas yang menekuni pekerjaan di bidang pertanian adalah para generasi tua.

Kesimpulannya, pertanian merupakan sektor penting yang harus tetap berjalan berdampingan dengan perkembangan di era digital ini. Butuh kerjasama antara generasi tua untuk memberikan edukasi tentang pengalaman dalam sektor pertanian yang telah ditekuni selama ini. Dan peran dari generasi muda adalah mengembangkan dan menginovasikan sektor pertanian di era digital, supaya lebih berkembang.

Baca Juga : Bisnis Online Peluang Usaha Terbaik Era Digital

Modernisasi Pada Sektor Pertanian Indonesia

Pertanian Indonesia telah memasuki era dimana seluruh pelaku industri didalamnya harus meningkatkan kemampuannya untuk bisa bersaing dengan yang lain. Sama seperti era digital, modernisasi pada sektor pertanian Indonesia juga harus berkembang. Perkembangan dimaksudkan untuk mensejahterakan dan meningkatkan kualitas sektor pertanian Indonesia di era digital ini.

Fokus dari modernisasi ini sendiri adalah mengintegrasikan benda dengan koneksi internet demi mempermudah petani. Integrasi ini juga bisa meningkatkan produktivitas dari sektor pertanian. Beberapa contoh dibawah ini adalah modernisasi pertanian yang dilakukan oleh pemerintah.

Kalender Tanam Terpadu

Kalender tanam terpadu atau biasa disingkat dengan KATAM ini merupakan inovasi sektor pertanian Indonesia pada era digital. Sistem kalender tanam terpadu ini membantu petani dalam mengelola lahan pertanian dan mengatur benih apa yang akan ditanam. Dengan ini petani mendapatkan prediksi musim, awal waktu tanam, pola tanam, luas tanam potensial, hingga varietas tanaman yang sesuai.

Si Mantap

Sistem informasi pemantauan tanaman pertanian ( SIMANTAP ) juga merupakan inovasi sektor pertanian untuk membantu petani pada era digital ini. Merupakan inovasi yang menggunakan pemantauan jarak jauh pada tanaman padi hingga bawang merah. Dengan bentuk laporan berbentuk grafik, serta terintegrasi dengan data iklim untuk membantu antisipasi perubahan iklim.

Smart Green House

Modernisasi ini berfungsi untuk memudahkan petani dalam mengendalikan syarat tumbuh pada tanaman yang dibudidayakan. Syarat tumbuh yang dimaksud adalah suhu, kelembaban, dan juga kebutuhan cahaya pada tanaman. Smart green house juga dilengkapi fungsi dapat diakses dengan menggunakan smartphone.

Baca Juga : Belanja Online Masuk Sektor Pertanian

Modernisasi Teknologi Pertanian di Indonesia

teknologi,modernisasi,pertanian,Indonesia
Modernisasi Teknologi Pertanian di Indonesia

Modernisasi tidak hanya terjadi pada penerapan dalam melakukan kegiatan pertanian seperti membangun smart green house untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Seiring dengan zaman yang terus berkembang, teknologi juga memberikan dampak positif bagi perkembangan pertanian Indonesia. Keuntungan lainnya adalah dapat memudahkan hingga meningkatkan kualitas dan jumlah hasil panen petani.

Dengan adanya modernisasi teknologi serta perkembangan era digital, petani juga memiliki keuntungan dalam mengelola usaha pertaniannya. Dari segi efektivitas penanaman, perawatan, hingga biaya operasional yang menurun merupakan keuntungan dengan adanya teknologi pertanian ini. Beberapa teknologi pertanian dibawah ini adalah contoh modernisasi pertanian yang terdapat di Indonesia.

Transplanter

Transplater merupakan salah satu modernisasi teknologi yang dapat membantu petani dalam melakukan usaha pertanian. Dengan memanfaatkan teknologi ini, petani dimudahkan dalam melakukan penanaman bibit, jumlah, kedalaman, jarak, dan kondisi yang seragam. Keuntungan yang didapat dari transplater ini membuat petani dapat menghemat waktu dan biaya operasional yang dikeluarkan.

Indo Combine Harvester

Mesin ini juga merupakan salah satu perkembangan teknologi yang membantu petani dalam menjalankan usaha pertaniannya. Dengan menggunakan mesin ini, petani dapat dimudahkan dalam hal pemotongan hingga proses pengantongan hasil panen. Mesin ini membutuhkan tiga orang dalam melakukan pekerjaan, sehingga tidak perlu banyak orang dalam proses memanen.

Alat Pengering Kedelai

Kemudian terdapat inovasi teknologi pertanian yang sangat membantu petani dalam mengeringkan kedelai. Jika proses pengeringan kedelai terlambat maka kemungkinan besar kualitas yang dihasilkan kedelai akan menurun. Dengan menggunakan alat ini maka pengeringan kedelai bisa dilakukan lebih cepat dan meningkatkan kualtias kedelai yang dihasilkan.

Instalasi Pengolah Limbah

Limbah yang dihasilkan oleh usaha pertanian dan peternakan seperti limbah kotoran dari hewan ternak sangat bermanfaat bagi usaha pertanian lain. Manfaat yang bisa didapatkan dari limbah ini diantara lain, pupuk dijadikan sebagai pupuk organik dan biogas. Dengan adanya instalasi pengolah limbah ini mempermudah memanfaatkan limbah untuk dijadikan pupuk atau hal yang bermanfaat lainnya.

Baca Juga : Tangki Elektrik CBA Alat Semprot Tanaman Praktis, Irit Dan Tahan Lama

Aplikasi Pertanian di Era Digital

aplikasi,pertanian,era digital,digital,pertanian
Aplikasi Pertanian di Era Digital

Aplikasi di era digital ini semakin pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan smartphone. Untuk aplikasi berbasis android sudah sangat menunjang kegiatan dalam berbagai sektor. Termasuk sektor pertanian, dalam hal ini membantu dalam menunjang kegiatan pertanian.

Beberapa aplikasi dibawah ini sangat membantu para petani dalam menunjang kegiatan pertanian, yaitu :

Aplikasi Petani

Salah satu aplikasi di era digital ini adalah “Petani”, aplikasi yang diperuntukan bagi petani. Fungsi dari aplikasi ini sendiri adalah untuk memberikan fasilitas terhadap petani. Fasilitas yang didapatkan adalah petani dapat bertanya langsung dan berkonsultasi kepada para pakar tentang mengenai dunia pertanian.

Aplikasi Pak Tani Digital

Kemudian ada aplikasi “Pak Tani Digital”, aplikasi yang didalamnya memfasilitasi secara lengkap tentang dunia pertanian. Mulai dari fasilitas cek harga hingga pembelian barang langsung dari petani, juga terdapat fitur yang memudahkan menemukan ekspedisi pengiriman barang. Aplikasi ini tersedia di platform web dan juga di aplikasi android untuk memudahkan dalam penggunaan.

Aplikasi LimaKilo

Petani untuk menjual hasil panen biasanya melalui penadah atau tengkulak terlebih dahulu sebelum ke konsumen. Tapi dengan perkembangan teknologi di masa sekarang ini, siklus tersebut bisa langsung diperpendek oleh aplikasi LimaKilo. LimaKilo mempunyai fitur penjualan yang menguntungkan bagi petani, karena petani bisa langsung menjual hasil panen kepada para konsumen.

Aplikasi Pantau Harga

Dikala konsumen membutuhkan bahan baku dari para petani, juga harus memperhatikan harga yang ditawarkan. Biasanya konsumen memantau harga produk dengan mengunjungi pasar untuk membandingkan satu persatu harga produk. Dengan pesatnya perkembangan di era digital ini muncul aplikasi yang bernama “Pantau Harga”.

Aplikasi ini memberikan fasilitas untuk konsumen dalam memantau harga produk yang tersedia di pasaran. Terdapat fitur cek harga yang memungkinkan mengecek harga produk di sekitar. Juga terdapat fitur kirim harga untuk melaporkan harga komoditas ke penjual terdekat.

Aplikasi Simbah

Kemudian terdapat aplikasi “Simbah” yang turut meramaikan perkembangan sektor pertanian. Aplikasi ini menjadi solusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan pertanian dan hasil pertanian. Aplikasi ini berfokus membantu dalam meningkatkan produktivitas dan pemasaran pada sektor pertanian.

Baca Juga : Toko Pertanian Usaha Yang Menjanjikan Di Era Go Online

Toko Online Wujud Perkembangan di Era Digital

Pertanian,toko pertanian,toko,era digital,digital
Toko Pertanian Online Wujud Perkembangan di Era Digital

Dampak dari perkembangan teknologi di era digital yang terjadi di masa sekarang ini adalah munculnya beberapa aplikasi yang membantu petani. Perkembangan ini juga membuat alat modern yang secara bertahap mulai menggantikan fungsi dari alat tradisional milik petani. Sebagai contoh adalah penggunaan sapi atau kerbau telah digantikan oleh mesin pembajak sawah.

Tidak hanya menggantikan alat tradisional dengan alat pertanian modern, perkembangan teknologi di era digital ini juga mulai mempengaruhi toko pertanian. Toko pertanian merupakan komponen penting bagi para petani dalam memenuhi kebutuhan seperti benih, pupuk, pestisida, dan lain lain. Dengan perkembangan era digital yang terjadi membuat toko pertanian mulai memasarkan produknya dengan sistem online.

Toko pertanian online juga menjadi wujud dari perkembangan teknologi di era digital, karena jual berbagai kebutuhan bagi petani. Kebutuhan pertanian yang disediakan antara lain benih kualitas unggul, pupuk, pestisida, alat pertanian dan kebutuhan pertanian lainnya. Dengan adanya toko pertanian online ini petani dimudahkan dalam mencari dan membeli beragam kebutuhan untuk menunjang usaha pertaniannya.

Keuntungan lain dari berkembangnya toko pertanian online adalah memudahkan petani yang memiliki akses ke toko pertanian terdekat relatif jauh. Jarak yang cukup jauh membuat petani mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan waktu tempuh ke toko pertanian yang lama. Dengan memesan produk yang dibutuhkan di toko pertanian online, petani dimudahkan dalam membeli kebutuhan pertanian.

Baca Juga : Toko Pertanian Di Gengggaman Petani Indonesia

Toko Pertanian LMGA Agro Membantu Pertanian Indonesia

Toko Pertanian LMGA Agro turut mengembangkan platform online untuk membantu para petani Indonesia. Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan varietas benih sayuran dan buah kualitas unggul. Juga jual pupuk tanaman, pestisida, ZPT, dan alat pertanian harga murah.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga turut membantu perkembangan pertanian Indonesia. Dengan memberikan konsultasi gratis kepada petani dan penghobi tentang budidaya tanaman. Baik mengenai cara menanam dan merawat benih yang akan ditanam, atau tips menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman.

Demikian artikel tentang Era Digital dan Modernisasi Terhadap Perkembangan Pertanian Indonesia. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Kemajuan Era digital dan modernisasi harus berdampak positif buat kemajuan pertanian Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.