Blonceng / Labu Air Panjang, Kandungan Gizi Dan Manfaat Bagi Kesehatan

Hama Tanaman Blonceng

Hama Ulat Grayak ( Spodoptera litura )

Serangan hama ini dapat menghabiskan daun-daun tanaman Blonceng Bekas serangannya dapat kita lihat dari bekas gigitan dan biasanya sampai menyisakan tulang daun saja.

Ulat grayak menyerang pada malam hari karena pada waktu siang hari, ulat bersembunyi dalam tanah. Sebagai pencegahan, dapat dengan selalu membersihkan gulma sekitar tanaman.

Hama Kepik ( Leptoglossus australis )

Hama ini sering menyerang buah labu sayur. Bila hujan tiba, lalu bekas tusukan pada buah terkena air hujan mengakibatkan cendawan mudah masuk. Semakin lama buah akan menjadi lembek dan busuk.

Bila hama kepik menyerang daun, bagian tengah daun atau seluruhnya akan menjadi kering. Lakukan penyemprotan Azodrin untuk mengendalikan kepik.

Lalat Buah

perangkap lalat buah, jual alat pertanian dan benih, toko pertanian online, lmga agro,
Perangkap Hama Lalat Buah Di Tanaman Blonceng

Lalat buah merupakan hama utama tanaman semangka, namun Labu Air Panjang juga tak lepas dari serangan lalat buah.

Bila telur sudah dimasukkan oleh lalat buah, maka sulit bagi labu sayur tersebut untuk dikonsumsi.

Karena, buah blonceng bila kita belah nanti tampak daging buah penuh ulat-ulat kecil dari telur yang menetas.

Lalat buah bila menyerang batang menyebabkan batang membengkak seperti bisul.

Untuk mencegah  serangan lalat buah, jagalah selalu kebersihan lahan dari gulma dan sampah. Labu sayur dapat dilindungi dari lalat buah dengan membungkus buah menggunakan kertas, daun pisang atau plastik

Penyakit Layu 

Penyakit layu sering menyerang tanaman blonceng sayur dan disebabkan oleh cendawan Fusarium sp. Cendawan Fusarium menyukai tanaman labu sayur yang baru tumbuh atau masih muda.

Gejala serangan awal terlihat dengan ujung daun layu, lalu mengkerut dan daun mengering. Bila tanaman yang terserang masih sedikit, cabut saja tanaman lalu bakar.

Penyemprotan fungisida Benlate sebanyak 2 g/liter air ke tanaman. Penyemprotan juga pada bekas lubang tanam tanaman yang sudah dicabut tadi.

Baca Juga : Mengenal Lalat Buah ( Bactrocera sp. )

Pemanenan Buah Blonceng Untuk Diambil Manfaatnya

Setelah tanaman Blonceng tumbuh merambat lalu berbuah, maka Anda sudah bisa memetiknya.

Karena tanaman labu sayur merupakan tanaman sayur yang mudah tumbuh dan cepat berbuah.

Sebaiknya panen buah Labu Air Panjang / sayur blonceng tidak terlalu lama karena labu sayur yang terlalu matang kulitnya akan mengeras.

Selain itu bijinya akan banyak berserat sehingga tidak sedap bila diolah/dimasak nanti.

Buah labu sayur segar dan muda baik untuk kesehatan dan sangat lezat bila kita jadikan sayur bening atau lainnya.

Setelah dipetik, dalam jangka tidak terlalu lama, Anda akan panen kembali blonceng.

Kontrol setiap hari untuk memastikan tidak ada hama dan penyakit yang menyerang terutama saat mendekati panen labu sayur.

Penyimpanan Panen Blonceng: Tips Efektif untuk Menjaga Kualitas

Penyimpanan panen Blonceng adalah langkah krusial dalam menjaga kualitas dan ketahanan hasil panen.

Pengalaman dan keahlian dalam teknik penyimpanan menjadi faktor penting dalam upaya menjaga nilai gizi dan kesegaran Labu Air Panjang.

Sebagai otoritas dalam bidang ini, kami menyajikan informasi transaksional, informatif, dan komersil yang akan membantu Anda menjaga panen Labu Air Panjang tetap optimal.

Teknik penyimpanan yang tepat akan menghindarkan kerugian dan mempertahankan kualitas Labu Air Panjang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Informasi mengenai suhu dan kelembaban yang ideal, metode pengemasan, dan cara menghindari kerusakan adalah hal-hal yang penting untuk dipahami.

Navigasi yang mudah dalam artikel ini akan membimbing Anda untuk memahami proses penyimpanan dengan lebih baik.

Dengan menjaga kualitas panen Labu Air Panjang melalui penyimpanan yang tepat, Anda akan meraih manfaat maksimal dari hasil jerih payah budidaya Labu Air Panjang Anda.

Setelah Labu Air Panjang kita panen, labu sayur / sayur blonceng tidak perlu kita simpan dalam kulkas. Cukup letakkan labu sayur pada tempat teduh tapi tidak lembab.

Blonceng sayur memiliki daya tahan cukup baik. Tahan disimpan selama seminggu pada suhu ruang asalkan buah belum dikupas.

Untuk labu sayur yang sudah anda kupas tapi menunda untuk mengolahnya maka dapat disimpan dalam lemari es.

Panen labu sayur tergolong cepat yaitu 70 hingga 90 HS. Untuk umur panen tergantung dari tingkat perkembangan buah.

Cara panen adalah dengan memotong tangkai menggunakan pisau tapi jangan sampai jatuh. Kulitnya halus sehingga mudah lecet dan bisa mengurangi harga jualnya nanti.

Jual Benih Blonceng: Pilihan Tepat untuk Budidaya Sukses

Selamat datang di tempat terpercaya untuk mendapatkan benih blonceng berkualitas!

Kami adalah ahli dalam budidaya Labu Air Panjang dan menawarkan benih unggul dengan harga terjangkau.

Dengan pengalaman dan keahlian yang telah teruji, kami merupakan otoritas yang dapat dipercaya dalam menyediakan benih Blonceng berkualitas tinggi.

Informasi lengkap mengenai berbagai varietas buah kundur, teknik penanaman, dan perawatan yang optimal akan kami sampaikan kepada Anda.

Transaksi pembelian benih dari kami sangatlah transaksional, cepat, dan aman. Sehingga Anda dapat dengan mudah memulai budidaya blonjeng dengan keyakinan tinggi.

Navigasi yang sederhana dan informatif akan membantu Anda menemukan produk yang diinginkan dengan mudah.

Kami mengutamakan kenyamanan dan kepercayaan pelanggan. Sehingga Anda dapat berbelanja dengan tenang, yakin akan mendapatkan benih Blonceng yang sesuai dengan harapan.

Komitmen kami dalam menyediakan informasi dan produk berkualitas menjadikan artikel ini sebagai panduan terpercaya bagi budidaya buah kundur.

Demikian artikel dengan judul Blonceng / Labu Air Panjang, Kandungan Gizi dan Manfaat Bagi Tubuh.

Hubungi no HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus sms/wa ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih hibrida sayur dan buah, pupuk, ZPT dan alat pertanian.

Kami siap kirim pesanan ke alamat Anda seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi yaitu JNE, JNT, TIKI, KI8, POS dan lainnya.

Kami melayani konsultasi pertanian dan membantu permasalahan Anda di lapangan. Semoga artikel tentang Blonceng / Labu Air Panjang ini bermanfaat bagi pembaca semua . Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *