TRAY SEMAI UNTUK PERSEMAIAN PRAKTIS DAN BIBIT BERKUALITAS

persemaian, pembibitan, tray semai, menanam tanaman, toko online, lmga agro
Tray Semai, Kuat dan Tahan Lama

Tray Semai Untuk Persemaian Praktis dan Bibit Berkualitas. Hubungi HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual tempat semai tray semai praktis, murah, kuat dan berkualitas. Tray LMGA AGRO memuaskan bila digunakan untuk tempat persemaian dan banyak keunggulannya.

Tray semai LMGA Agro tersedia dengan berbagai macam jenis sesuai kebutuhan Anda. Kami juga menyediakan benih hibrida tanaman buah dan sayur, berbagai varietas. Juga tersedia jenis-jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi tentang tray pembibitan sayuran. Juga konsultasi pertanian lainnya termasuk cara pembibitan menggunakan tray semai. Membantu menjawab pertanyaan Anda seputar permasalahan di lapangan.

Tray semai praktis digunakan sebagai wadah semai. Tray semai memungkinkan bibit tumbuh baik, pertumbuhan akar menjadi maksimal dan sehat. Cara melakukan pembibitan di tray LMGA AGRO juga mudah dan aman. Bibit mati dan sakit dapat ditekan jumlahnya sehingga menguntungkan bagi petani.

PERSEMAIAN BENIH PADA TRAY SEMAI

BENIH CABE RAWIT ORI 212, persemaian, jual benih, menanam, toko online, lmga agro
Tray Semai untuk Benih Hibrida ORI 212

Istilah kata menyemai adalah menanam benih dengan cara ditabur atau dibenamkan pada tanah. Benih akan menjadi bibit dan dipindahkan lagi di lahan lebih luas yang sifatnya tetap.

Proses menyemai benih dilakukan di persemaian. Persemaian juga disebut pembibitan, yaitu bertujuan untuk mendapatkan bibit berkualitas, sehat dan kuat. Proses pembibitan benih dapat mengurangi bibit mati saat waktunya dipindahkan ke lahan tetap.

Benih yang disemaikan dulu akan menjadi bibit kuat dalam menghadapi kondisi lingkungan ekstrem. Bibit juga dapat tahan menghadapi serangan patogen yang mengganggu. Juga dapat tahan menghadapi kondisi tanah kurang subur.

Proses persemaian benih biasanya dilakukan pada tanaman dengan siklus panen menengah hingga panjang. Benihnya juga berukuran kecil. Namun untuk benih kecil dan siklus hidup pendek, maka tahapan persemaian menjadai tidak efektif lagi. Seperti pada tanaman kangkung dan bayam.

Benih biji besar bisa langsung ditanam di lahan luas dan tetap. Tidak perlu melewati proses disemaikan dulu. Biji besar relatif memiliki daya tahan cukup kuat menghadapi kondisi lingkungan ekstrem. Benih ukuran besar memiliki kandungan zat cukup banyak untuk menopang di awal pertumbuhan.

Dengan persemaian, dapat diperoleh bibit sesuai syarat tumbuhnya. Sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang baik dan berproduksi maksimal.

Lokasi pembibitan memerlukan tempat khusus dan diperlakukan secara khusus pula, berbeda bila pada kondisi lapangan. Tempat persemaian bibit dilakukan di tempat terpisah. Biasanya jauh dari areal tanam. Tempatnya juga bisa bersifat permanen atau hanya sementara.

MENGENAL TRAY SEMAI, TEMPAT SEMAI PRAKTIS

Tray semai, tray dalam Bahasa Indonesia berarti ” baki “, merupakan alat tempat semai berbentuk kotak atau nampan/baki. Tray semai berfungsi sebagai tempat persemaian, merupakan pengganti tempat semai selain di polybag, gelas aqua atau hamparan bedeng semai.

Tray pembibitan terbuat dari mika atau campuran bijih plastik. Berbentuk kotak persegi dan di dalamnya ada lubang. Lubang tersebut berfungsi untuk menanam atau membenamkan benih.

Tray semai terdiri dari banyak ukuran dan jumlah lubang. Macam tray di LMGA AGRO tersedia dengan jumlah lubang 32, 50, 72, 104, 128, dan 200. 

Dimensi tray semai adalah panjang 55 cm dan lebar 28 cm. Kedalaman lubang semai 5 cm dan dilengkapi lubang di bagian bawah tray pembibitan. Lubang berfungsi sebagai tempat keluarnya air siraman.

Jumlah lubang tray benih sesuai dengan jumlah benih yang mau disemaikan dan jenis tanamannya. Tanaman yang biasa disemaikan menggunakan tray pembibitan adalah benih cabe, tomat, melon, semangka, mentimun, terong, labu, jagung manis, kol, wortel, buncis, paria dan lain-lain.

Harga jual tray semai memang lebih mahal dibandingkan bila kita menyemai menggunakan polibag atau bedeng semai. Biaya yang tinggi bisa sebanding dengan keuntungan kita menggunakan tray pembibitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *