TRAY SEMAI UNTUK PERSEMAIAN PRAKTIS DAN BIBIT BERKUALITAS

persemaian, pembibitan, tray semai, menanam tanaman, toko online, lmga agro
Tray Semai, Kuat dan Tahan Lama

Tray Semai Untuk Persemaian Praktis dan Bibit Berkualitas. Hubungi HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual tempat semai tray semai praktis, murah, kuat dan berkualitas. Tray LMGA AGRO memuaskan bila digunakan untuk tempat persemaian dan banyak keunggulannya.

Tray semai LMGA Agro tersedia dengan berbagai macam jenis sesuai kebutuhan Anda. Kami juga menyediakan benih hibrida tanaman buah dan sayur, berbagai varietas. Juga tersedia jenis-jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi tentang tray pembibitan sayuran. Juga konsultasi pertanian lainnya termasuk cara pembibitan menggunakan tray semai. Membantu menjawab pertanyaan Anda seputar permasalahan di lapangan.

Tray semai praktis digunakan sebagai wadah semai. Tray semai memungkinkan bibit tumbuh baik, pertumbuhan akar menjadi maksimal dan sehat. Cara melakukan pembibitan di tray LMGA AGRO juga mudah dan aman. Bibit mati dan sakit dapat ditekan jumlahnya sehingga menguntungkan bagi petani.

PERSEMAIAN BENIH PADA TRAY SEMAI

BENIH CABE RAWIT ORI 212, persemaian, jual benih, menanam, toko online, lmga agro
Tray Semai untuk Benih Hibrida ORI 212

Istilah kata menyemai adalah menanam benih dengan cara ditabur atau dibenamkan pada tanah. Benih akan menjadi bibit dan dipindahkan lagi di lahan lebih luas yang sifatnya tetap.

Proses menyemai benih dilakukan di persemaian. Persemaian juga disebut pembibitan, yaitu bertujuan untuk mendapatkan bibit berkualitas, sehat dan kuat. Proses pembibitan benih dapat mengurangi bibit mati saat waktunya dipindahkan ke lahan tetap.

Benih yang disemaikan dulu akan menjadi bibit kuat dalam menghadapi kondisi lingkungan ekstrem. Bibit juga dapat tahan menghadapi serangan patogen yang mengganggu. Juga dapat tahan menghadapi kondisi tanah kurang subur.

Proses persemaian benih biasanya dilakukan pada tanaman dengan siklus panen menengah hingga panjang. Benihnya juga berukuran kecil. Namun untuk benih kecil dan siklus hidup pendek, maka tahapan persemaian menjadai tidak efektif lagi. Seperti pada tanaman kangkung dan bayam.

Benih biji besar bisa langsung ditanam di lahan luas dan tetap. Tidak perlu melewati proses disemaikan dulu. Biji besar relatif memiliki daya tahan cukup kuat menghadapi kondisi lingkungan ekstrem. Benih ukuran besar memiliki kandungan zat cukup banyak untuk menopang di awal pertumbuhan.

Dengan persemaian, dapat diperoleh bibit sesuai syarat tumbuhnya. Sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang baik dan berproduksi maksimal.

Lokasi pembibitan memerlukan tempat khusus dan diperlakukan secara khusus pula, berbeda bila pada kondisi lapangan. Tempat persemaian bibit dilakukan di tempat terpisah. Biasanya jauh dari areal tanam. Tempatnya juga bisa bersifat permanen atau hanya sementara.

MENGENAL TRAY SEMAI, TEMPAT SEMAI PRAKTIS

Tray semai, tray dalam Bahasa Indonesia berarti ” baki “, merupakan alat tempat semai berbentuk kotak atau nampan/baki. Tray semai berfungsi sebagai tempat persemaian, merupakan pengganti tempat semai selain di polybag, gelas aqua atau hamparan bedeng semai.

Tray pembibitan terbuat dari mika atau campuran bijih plastik. Berbentuk kotak persegi dan di dalamnya ada lubang. Lubang tersebut berfungsi untuk menanam atau membenamkan benih.

Tray semai terdiri dari banyak ukuran dan jumlah lubang. Macam tray di LMGA AGRO tersedia dengan jumlah lubang 32, 50, 72, 104, 128, dan 200. 

Dimensi tray semai adalah panjang 55 cm dan lebar 28 cm. Kedalaman lubang semai 5 cm dan dilengkapi lubang di bagian bawah tray pembibitan. Lubang berfungsi sebagai tempat keluarnya air siraman.

Jumlah lubang tray benih sesuai dengan jumlah benih yang mau disemaikan dan jenis tanamannya. Tanaman yang biasa disemaikan menggunakan tray pembibitan adalah benih cabe, tomat, melon, semangka, mentimun, terong, labu, jagung manis, kol, wortel, buncis, paria dan lain-lain.

Harga jual tray semai memang lebih mahal dibandingkan bila kita menyemai menggunakan polibag atau bedeng semai. Biaya yang tinggi bisa sebanding dengan keuntungan kita menggunakan tray pembibitan.

KEUNTUNGAN PERSEMAIAN DAN PEMBIBITAN DI TRAY SEMAI
tray semai, jumlah lubang, jual benih, toko online, lmga agro
Tray Semai untuk Persemaian Baik dan Benar

Tray semai sebagai media persemaian benih dapat mempercepat pekerjaan pembibitan. Tray pembibitan dapat menghemat tenaga kerja. Waktu untuk menyemai benih dan memindahkan bibit menjadi lebih cepat. Hal ini dibandingkan bila menggunakan polybag, media tanah cukup dimasukkan lalu diratakan.

Persemaian di tray semai diyakini akan memperoleh penampilan bibit yang seragam. Karena jarak antar bibit sama, rata dan seragam. Akar bibit akan tumbuh dengan rapi dan teratur serta mengarah ke bawah. Benih akan berkecambah bersama karena menerima pancaran sinar matahari dalam jumlah sama juga.

Persemaian di tray semai, benih akan aman dan mudah pengawasannya. Bibit juga bebas dari serangan patogen tanah. Tidak mudah terserang penyakit rebah semai dan serangan ulat tanah.

Tray semai dapat memaksimalkan penggunaan lahan, tray bibit mudah dipindah-pindahkan tanpa resiko merusak tanaman. Bibit juga akan aman, tidak ada khawatir bibit terinjak atau jatuh.

Cara memindahkan atau melepas bibit dari tray persemaian juga lebih mudah dan cepat. Dibandingkan bila menyemai benih di polybag. Perakaran bibit juga terhindar dari kerusakan saat bibit dilepas dari tray semai.

Tray LMGA AGRO bisa digunakan berulang-ulang kali untuk pembibitan. Hal ini karena bahan tray LMGA AGRO kuat, tebal dan tahan pecah atau retak. Perhitungan biaya teknis dan tenaga, pembibitan di tray semai justru lebih murah, mudah dan cepat. Kebutuhan bibit yang akan ditanam lebih gampang dihitung.

Setelah dipakai, tray semai dapat dicuci kemudian dikeringanginkan. Setelah kering kemudian dapat disimpan di tempat kering, bersuhu kamar dan tidak kena sinar matahari langsung. Cara tersebut membuat tray bibit tahan lama dan awet.

BACA JUGA : TRAY SEMAI SOLUSI CERDAS PRAKTISDAN IRIT PETANI HORTIKULTURA

PERSIAPAN PERSEMAIAN MENGGUNAKAN TRAY SEMAI

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan persemaian di tray semai antara lain :

  • Benih hibrida ( tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro ).
  • Media semai ( tanah, kompos, pupuk kandang, sekam, dan lain-lain disesuaikan benih tanaman yang akan disemai).
  • Insektisida ( larutan Furadan untuk merendam benih ).
  • Tray semai, polybag atau gelas aqua dan lain-lain.
  • Air hangat kuku ( merendam benih ).
  • Kain kaos/koran/daun pisang.
  • Pasir, plastik bening, bambu dan karung goni.

Air hangat kuku digunakan untuk mempercepat proses perkecambahan. Gunakan plastik bening sebagai  atap sungkup/naungan tempat persemaian. Bambu digunakan untuk kerangka atap naungan.

Kain kaos/koran/daun pisang sebagai wadah untuk mengecambahkan benih. Karung plastik digunakan untuk menutup persemaian.

Media semai ( tanah, kompos dan lain-lain ) diaduk rata hingga homogen. Sebelumnya diayak hingga halus, setelah itu dimasukkan ke wadah semai tray semai atau polybag. Selanjutnya siram air hingga basah.

Proses pembibitan dianjurkan berada di tempat terbuka, tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Tempat pembibitan terlindungi dari hujan danteriknya sinar matahari. Sungkup naungan dibuat dari plastik bening dan kerangka dari bumi.

Ukuran kerangka bambu lebar bawah 1 – 1,25 m, tinggi 80 – 100 cm, dibuat bentuk melengkung setengah lingkaran. Panjang disesuaikan dengan kebutuhan persemaian benih.

LANGKAH-LANGKAH PERSEMAIAN BENIH PADA TRAY SEMAI
  1. Benih direndam dalam air hangat kuku selama kurang lebih 2 jam.
  2. Lama perendaman tergantung dari ketebalan kulit benih. Semakin tebal maka semakain lama perendamannya. Bisa antara ½ jam sampai 2 jam. Agar cepat berkecambah, air rendaman diberi irisan bawang merah.
  3. Siapkan tray semai, 1 bagian sekam bakar, 1 bagian cocpeat, aduk rata. Lalu masukkan ke dalam tray semai. Tekan-tekan tanah dan tray semai dipukul-pukul pelan agar media bergerak ke bawah memenuhi bagian tray semai.
  4. Media dalam tray semai ditusuk dengan jari lalu masukkan benih. Lalu beri tanah sedikit dan tekan-tekan benih. Perawatan berupa rutin menyiram air.
  5. Kangkung dan bayam, benamkan 2 benih dalam 1 lubang. Untuk sawi dan pokcoy, cukup 1 benih.
  6. Letakkan di tempat lembab semalaman atau di atas kain basah. Bila terlihat ada ekor berwarna putih maka langsung jemur di panas matahari sekitar 2 jam. Jika sudah muncul batang, bibit dapat diletakkan di bawah terik matahari sepanjang hari.
  7. Beri sungkup naungan dari karung plastik selama 24 jam. Dan tunggu sampai benih muncul 3 – 4 daun sejati. Atau kira-kira berumur 7 – 10 hari. Benih menjadi bibit yang siap untuk ditanam.
  8. Amati perkembangan bibit, jaga jangan sampai terjadi etiolasi ( perpanjangan batang mengikuti arah cahaya ). Etiolasi menyebabkan pertumbuhan tidak normal.

Cara melepaskan bibit dari tray semai, dimana bibit akan dipindahkan ke lahan tetap atau wadah yang lebih besar. Sering juga disebut polybag pembesaran. Manfaat tray pembibitan adalah agar bibit dapat tumbuh lebih baik.

Tapi justru cara melepaskan bibit yang kurang tepat, justru dapat merusak perakaran bibit. Pertumbuhan bibit yang baik ditandai dengan pertumbuhan akar yang sehat dan penuh. Bila waktu sudah cukup dan telah tumbuh 3 – 4 helai daun sejati, bibit dilepaskan dari tray pembibitan.

Caranya yaitu dengan cara dicongkel pelan menggunakan alat yang pipih atau tipis.

MENANAM CARA HIDROPONIK DENGAN TRAY

Jika bibit masih terasa sulit dilepas, maka dapat ditekan dari bawah bagian lubang. Untuk mendorong bibit dan agar media tidak terlalu menempel di dinding tray semai. Dan akhirnya bibit dapat dilepaskan.

CARA TANAM CABE, HIDROPONIK, POT, CARA MENANAM CABE, tray semai, cabe rawit, toko online, lmga agro JUAL BIBIT CABE, JUAL BENIH CABE, HARGA MURAH, LMGA AGRO
Tray Semai Untuk Benih F1 Cabe Rawit LMGA Agro

Menanam secara hidroponik sangat disarankan melakukan persemaian benih terlebih dahulu. Tujuannya dapat diketahui daya tumbuh tanaman. Secara umum, daya tumbuh benih tanaman maksimal 80%. Artinya dari 10 benih yang ditanam hanya 8 benih akan tumbuh. Sehingga agar berhasil maksimal, perlu dilakukan tahap persemaian benih.

Alat dan bahan untuk persemaian menanam hidroponik hampir sama dengan menanam dalam tanah. Kita memerlukan benih ( untuk percobaan sedikitnya cukup 10 benih dulu ), air hangat, tray semai, media semaidan sprayer kecil.

Media semai sebaiknya menggunakan sekam bakar dan cocopeat atau Rockwool. Benih dibenamkan pada media semai. Perawatan selanjutnya adalah menyiramnya dengan rutin.

Bibit siap dipindahkan setelah muncul daun sejati 2 lembar atau lebih. Media tanam menggunakan sekam bakar dan cocopeat dengan perbandingan 1 : 1. Media dicampur merata, hilangkan batu-batu dan sampah bila ada.

Bibit yang sudah tumbuh, lepaskan dari tray semai. Caranya jangan dicabut. Gunakan sendok kecil atau batang es krim untuk mencongkel bibit. Angkat bersama media semainya dan pindahkan bersama medianya.

Letakkan tanaman ke media hidroponik dan tempatkan di tempat sejuk. Hindarkan dari sinar matahari selama 2 hari. Tujuannya agar tanaman dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

BACA JUGA : MEMBUAT MEDIA SEMAI YANG BAIK DAN BENAR

BAHAN-BAHAN MEDIA SEMA TRAY BIBIT

Syarat bahan tersebut menjadi media untuk menyemaikan benih adalah mempunyai porositas baik, dapat mempertahankan kelembaban dengan baik dan kaya nutrisi dan mineral. Bahan-bahan untuk media semai dicampurkan menjadi satu lalu diisikan ke tray semai.

Arang sekam salah satu media semai yang sering digunakan. Arang sekam dapat meningkatkan nilai pH tanah dan merupakan bahan penyedia unsur Phospor ( P ). Manfaat fosfor adalah untuk pembelahan sel, memperkuat batang, meningkatkan percepatan pertumbuhan akar.

Fosfor juga dapat memperbaiki kualitas bibit. Arang sekam juga berfungsi untuk meningkatkan sistem pertukaran udara ( aerasi ) pada akar tanaman.

Kompos merupakan pupuk organik yang menguntungkan bila digunakan untuk media semai pada pembibitan. Kompos telah melalui proses fermentasi. Bermanfaat untuk memperbaiki sifat biologi dan kimia tanah atau media semai.

Selain kompos, juga dapat menggunakan pupuk kandang fermentasi. Manfaatnya untuk memacu pertumbuhan tanaman dan menjaga kesehatan fisik bibit.

Kompos sebagai pupuk organik sesuai untuk media semai karena kandungan kompos memiliki unsur mikro dan makro untuk kebutuhan tanaman. Kompos juga berfungsi sebagai pengendali dari hama dan penyakit tanaman.

Cocopeat/sabut kelapa bermanfaat baik bagi pertumbuhan akar tanaman. Cocopeat meningkatkan kemampuan tanah dalam hal pertukaran udara. Sehingga tanah mampu dalam menjaga kelembaban dengan baik.

Manfaat Dolomit atau kapur pertanian adalah untuk memperbaiki pH media semai dari kondisi asam menjadi pH netral. Kondisi media semai pH netral dapat meningkatkan aktivitas organisme tanah dalam menguraikan unsur hara. Contohnya seperti cocopeat, kompos dan lain-lain.

Pemberian Dolomit berfungsi mencegah pencucian pada berbagai unsur hara dalam media semai. Dolomit berfungsi memperbaiki struktur tanah.

BACA JUGA : CARA SEMAI BENIH PEPAYA YANG BAIK DAN BENAR

LANGKAH PERSEMAIAN BENIH DALAM TRAY SEMAI

Siapkan wadah tray semai sesuai kebutuhan Anda, berapa lubang tanam yang dipilih. Masukkan media tanam di setiap kotak tray. Tekan media semai dengan jari/kayu kecil untuk membuat lubang tanam sedalam 1 cm. Letakkan benih pada lubang tanam sebanyak 1 – 2 benih.

Selanjutnya letakkan tray di tempat agak teduh, terlindungi dari hujan dan sinar matahari langsung. Lakukan perawatan secara rutin, yaitu penyiraman sampai benih tumbuh.

Biasanya benih akan berkecambah dalam seminggu setelah disemai. Pengamatan pertumbuhan benih tetap dilakukan untuk mengantisipasi adanya bibit yang tidak tumbuh atau mati.

Persemaian sebaiknya sering diperiksa agar terhindar gangguan hama atau penyakit. Penyakit yang sering menyerang di persemaian adalah busuk daun dan busuk akar. Keduanya dapat dicegah dengan selalu menjaga kelembaban di persemaian, tidak terlalu basah. Bila perlu dapat disemprotkan pestisida yang tepat.

Sampai pada bibit tumbuh besar dan memiliki 3 – 4 helai daun, bibit sudah siap ditanam di lahan tetap atau pot lebih besar. Pemindahan bibit hendaknya dilakukan dengan hati-hati mengingat akarnya masih lemah. Sebelum pemindahan bibit, siram media semai sampai cukup basah agar lebih mudah proses pemindahannya.

Media semai untuk menanam benih harus terjamin ketersediaan nutrisinya. Media tanam harus mengandung bahan organik dan unsur hara yang lengkap.

Media tanam yang baik terdiri dari campuran tanah dan bahan-bahan organik dengan kandungan hara tinggi. Ketersedian air pada tray semai harus mencukupi bagi tanaman. Tingkat kelembaban juga relatif  harus stabil dan menguntungkan tanaman.

MEDIA TANAM PERSEMAIAN PADA TRAY SEMAI

Lapisan tanah yang baik untuk persemaian adalah lapisan bagian atas ( top soil ). Lapisan top soil berada pada kedalaman tidak lebih dari 5 cm. Wilayah hutan merupakan jenis tanah yang baik. Selain itu juga tanah di bawah tanaman bambu baik untuk persemaian.

Jenis tanahnya memiliki karakteristik ideal untuk pertumbuhan bibit. Merupakan campuran dari lempung dan pasir. Lempung bermanfaat sebagai perekat media tanam dan pasir berfungsi meningkatkan porositas air.

Agar semakin kaya unsur hara, dapat ditambahkan kompos atau pupuk kandang. Juga bisa pupuk organik lainnya seperti pupuk hijau, bokashi, humus dan lain-lain.

Terpenting adalah media tanam harus dalam bentuk komposisi halus. Caranya yaitu dengan mengayaknya. Struktur media tanam kasar tidak baik bagi pertumbuhan benih. Akar bibit yang masih kecil masih terlalu lembut, kesulitan bergerak di struktur tanah yang kasar.

Biasanya campuran antara tanah dan pupuk organik perbandingannya 1 : 1. Namun hal ini disesuaikan dengan kondisi masing-masing media tanam. Media tanam yang baik adalah bila diberi air dan digenggam erat, tanah tersebut tidak pecah dan juga tidak becek.

BACA JUGA : PERSEMAIAN SEHAT DAN TERHINDAR PENYAKIT DUMPING-OFF

PERSEMAIAN DI TRAY SEMAI, POLYBAG DAN CETAKAN

Secara umum membuat media tanam untuk persemaian adalah mencampur tanah top soil dengan pupuk organik. Pupuk organik bisa kompos atau pupuk kandang yang sudah matang. Perbandingannya 1 : 1.

Untuk persemaian tray, campuran media tadi dimasukkan ke dalam tray. Lalu dipadatkan secukupnya agar media tanam bisa mengikat tanaman. Tray siap sebagai media tanam.

Persemaian polybag, campuran media tanam adalah tanah dicampur arang sekam ( 1 : 1 ). Pilih polybag dengan ukuran disesuaikan ukuran bibit. Biasanya untuk persemaian, polybag dipilih yang berukuran kecil. Media semai polybag siap ditanami.

Persemaian berupa cetakan-cetakan berbentuk kotak. Menggunakan media tanam yang sama, tanah dan pupuk organik. Diratakan dijadikan bentuk bedeng cetakan. Sirami air secukupnya sebelum ditanami benih.

Fungsi air agar campuran media tanam saling mengikat satu sama lain ( solid ) hingga mudah dibentuk dan kuat. Selanjutnya cetakan digunakan membentuk adonan membentuk kotak-kotak kecil. Lubangi bagian atas kotak-kotak sampai sedalam 1 – 2 cm lalu masukkan benih. Media semai bentuk cetakan siap ditanami.

Persemaian bentuk bedeng, menggunakan campuran tanah top soil dan pupuk organik komposisi 1 : 1. Bentuk bedengan pada campuran tanah dan pupuk organik tadi. Ketebalan campuran sekitar 5 – 7 cm. Ketebalan ini optimal dan tepat untuk bibit baru tumbuh.

Perawatan bedengan yaitu penyiraman air secukupnya, lalu benih ditebarkan atau dibuat lajur-lajur. Usahakan benih tidak saling bertumpukan agar semua benih dapat tumbuh semua.

Buatlah tiang penyangga dari bilah bambu yang dilengkungkan dan pasang paranet sebagai penutup. Cetak-cetak media semai diletakkan di bawah paranet untuk melindungi dari hujan, terik sinar matahari dan serangan hama.

Penutup bedeng semai bisa dibuat permanen dari paranet atau sistem buka tutup dari plastik bening. Sistem buka tutup sangat berguna saat turun hujan. Bibit akan terlindungi dari kucuran air hujan langsung.

TRAY SEMAI TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO

Plastik bening dibuka tutup saat pagi hari, siang hari yang terik dapat ditutup untuk mengurangi penguapan. Tanaman yang cocok persemaian sistem bedengan ini adalah sayuran daun berumur pendek yaitu sawi, caisim, pakcoy dan lain-lain.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE RAWIT ORI 212AURA SEED HARGA PROMO

Tray semai berbahan plastik sebagai wadah penanaman benih untuk kemudian dipindahkan ke lahan tetap.

Toko Pertanian Online LMGA Agro jual tray semai dalam bentuk baki semai. Tray semai terdapat dengan berbagai jumlah lubang disesuaikan jenis tanaman yang akan disemai. Jumlah lubang tray pembibitan dimulai dari berjumlah 50 sampai 200 lubang semai disesuaikan kebutuhan.

Tray semai adalah pot tray bibit merupakan wadah tanam sementara benih, sampai waktu tertentu dan bibit cukup kuat untuk dipindah ke lahan tetap. Tray semai berbentuk nampan/tatakan terdiri dari banyak lubang tanam.

Demikian artikel judul Tray Semai Untuk Persemaian Praktis dan Bibit Berkualitas. Hubungi Toko Pertanian Online LMGA Agro 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Jual tray semai berbagai jumlah lubang sesuai kebutuhan Anda untuk persemaian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan untuk bercocok tanam. Seperti benih-benih hibrida sayuran dan buah, jenis-jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami melayani juga konsultasi pertanian gratis.

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap mengantar pesanan Anda cepat, aman dan dapat dipercaya. Melalui jasa ekspedisi JNE, TIKI, POS dan KI8 siap mengantar juga tray semai untuk persemaian praktis sampai ke tempat tujuan di seluruh wilayah Indonesia. Semoga artikel kami bermanfaat. Salam sukses…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *