Jual Tray Semai Untuk Persemaian Praktis Hasil Bibit Berkualitas

persemaian, pembibitan, tray semai, pot tray, pot tray semai, nampan semai, baki semai, menanam tanaman, toko online, lmga agro, toko pertanian, benih, bibit, usaha pembibitan, tray semai murah, pot tray murah, harga pot tray semai, harga tray semai, harga pot tray semai

Persemaian Benih Menggunakan Tray Semai

BENIH CABE RAWIT ORI 212, persemaian, jual benih, menanam, toko online, lmga agro
Cabe ORI 212

Istilah kata menyemai adalah menanam benih dengan cara petani tabur atau petani benamkan pada tanah.

Benih akan menjadi bibit dan petani pindahkan lagi pada lahan lebih luas yang sifatnya tetap.

Proses menyemai benih bisa petani lakukan di persemaian dan memanfaatkan tray semai seperti tray semai cabe.

Persemaian juga kita sebut pembibitan, yaitu bertujuan untuk mendapatkan bibit berkualitas, sehat dan kuat. Proses pembibitan benih dapat mengurangi bibit mati saat waktunya pindah ke lahan tetap.

Benih yang petani semai dulu akan menjadi bibit kuat dalam menghadapi kondisi lingkungan ekstrem.

Bibit juga dapat tahan menghadapi serangan patogen yang mengganggu. Juga dapat tahan menghadapi kondisi tanah kurang subur.

Proses persemaian benih biasanya petani lakukan pada tanaman dengan siklus panen menengah hingga panjang. Benihnya juga berukuran kecil.

Namun untuk benih kecil dan siklus hidup pendek, maka tahapan persemaian menjadi tidak efektif lagi. Seperti pada tanaman kangkung dan bayam.

Benih biji besar bisa langsung petani tanam pada lahan luas dan tetap. Tidak perlu melewati proses persemaian dulu.

Biji besar relatif memiliki daya tahan cukup kuat menghadapi kondisi lingkungan ekstrem. Benih ukuran besar memiliki kandungan zat cukup banyak untuk menopang pada awal pertumbuhan.

Dengan persemaian, dapat kita peroleh bibit sesuai syarat tumbuhnya. Sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang baik dan berproduksi maksimal.

Lokasi pembibitan memerlukan tempat khusus dan petani perlakukan secara khusus pula, berbeda bila pada kondisi lapangan.

Tempat persemaian bibit petani lakukan pada tempat terpisah. Biasanya jauh dari areal tanam. Tempatnya juga bisa bersifat permanen atau hanya sementara.

Mengenal Tray Semai, Tempat Semai Praktis

Tray semai, tray dalam Bahasa Indonesia berarti ” baki “, merupakan alat tempat semai berbentuk kotak atau nampan/baki.

Fungsi tray semai sebagai tempat persemaian, merupakan pengganti tempat semai selain polybag, gelas aqua atau hamparan bedeng semai.

Tray pembibitan terbuat dari mika atau campuran bijih plastik. Berbentuk kotak persegi dan dalamnya ada lubang. Lubang tersebut berfungsi untuk menanam atau membenamkan benih.

Ukuran tray semai terdiri dari banyak ukuran dan jumlah lubang. Macam tray pada LMGA AGRO tersedia dengan jumlah lubang 32, 50, 72, 104, 128, dan tray semai 200. 

Dimensi tray semai adalah panjang 55 cm dan lebar 28 cm. Kedalaman lubang semai 5 cm dan lengkap dengan lubang pada bagian bawah tray pembibitan. Lubang berfungsi sebagai tempat keluarnya air siraman.

Jumlah lubang tray benih sesuai dengan jumlah benih yang mau petani semaikan dan jenis tanamannya.

Tanaman yang biasa petani semai menggunakan tray pembibitan adalah benih cabe, tomat, melon, semangka, mentimun, terong, labu, jagung manis, kol, wortel, buncis, paria dan lain-lain.

Harga jual tray semai atau harga tray semai cabe memang lebih mahal dibandingkan bila kita menyemai menggunakan polibag atau bedeng semai.

Biaya yang tinggi bisa sebanding dengan keuntungan kita menggunakan tray pembibitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *