Cabai Keriting Merah Bersama Benih Hibrida F1 Tahan Penyakit

Harga Cabe Hari Ini Mandiri Bisnis Yang Menjanjikan

Buah cabai tergolong sebagai sayuran maupun bumbu tergantung dari bagaimana menggunakannya. Pada wilayah Asia Tenggara, cabai populer sebagai bumbu masakan pedas.

Bahkan pada Kota Padang, Sumatera Barat, cabe merah menjadi bahan makanan pokok karena sangat sulit tidak menggunakan cabe untuk olahan masakan.

Harga cabe hari ini menjadi salah satu informasi yang menarik bagi petani, pedagang pasar induk, pedagang kaki lima hingga pemerintah khusus kementerian pertanian dan perdagangan.

Bahkan untuk mendapatkan harga cabe hari ini petani kini sudah bergabung dengan kelompok pertanian yang isinya petani, pedagang cabe hingga toko pertanian. Mereka bergabung membentuk group sosial media seperti Facebook atau group WhatsApp.

Cabe merah kini sudah menjadi peluang usaha hingga mandiri bisnis bagi petani yang mendapatkan porsi lebih bisa kita banding dengan tanaman penghasil bumbu masak yang lain.

Menanam cabe merah menjadi usaha yang harus petani kuasai dan pelajari dengan baik agar mereka bisa meraih sukses dan menghasilkan buah cabe merah dengan kualitas terbaik sesuai pasar.

Harga cabe merah petani saat panen agar mendapat harga yang tinggi jika kualitas yang mereka hasilkan baik. Hal ini tentu hanya bisa kita peroleh saat tanaman cabe sehat karena kita menerapkan cara menanam cabe yang benar dan benar mulai awal hingga panen.

Cabe memang sudah menjadi komoditas hortikultura nasional yang kebutuhannya sangat besar dan masyarakat Indonesia suka dalam keadaan segar. Hal inilah yang seringkali menyebabkan harga cabe seringkali menyebabkan inflasi bagi ekonomi Indonesia.

Menanam Cabai Keriting Merah Yang Baik Penting Bagi Petani

Masyarakat Indonesia yang lebih suka buah cabe dalam kondisi segar juga menyebabkan pemerintah sering mengalami kesulitan menstabilkan harga saat cabe harga mahal karena hasil panen dari petani terlambat.

Harga cabai hari ini saat kondisi curah hujan tinggi terus merangkak naik seiring gagal petani dalam mendapatkan tanaman cabe yang berkualitas terbaik dan tanaman bebas penyakit. Pengendalian hama penyakit saat sulit saat musim hujan.

Berbagai macam usaha petani seolah tidak memberi solusi terbaik bagi tanaman cabe yang  petani pelihara. Penyebab gagal tanam cabe saat musim hujan adalah serangan patek / cacar buah dan layu.

Kondisi kondisi alam seperti ini maka hanya petani yang menggunakan cara menanam cabe yang baik dan benar dari awal yang bisa panen hingga bisa menikmati harga cabe merah yang mahal.

Bagi petani yang sudah menerapkan cara menanam cabe yang benar sejak awal tentu masalah serangan hama penyakit saat hujan bisa petani tekan dengan maksimal. Karena mereka sudah menerapkan strategi budidaya cabe ini dalam kondisi yang sudah mereka prediksi dari awal.

Memang saat ini hanya sebagian petani cabe yang mau dan mampu menerapkan cara menanam cabe yang sesuai dengan musim hujan. Tentu ini sangat berkaitan dengan biaya, tenaga kerja serta kondisi lain.

Jika petani bisa menerapkan cara menanam cabe saat musim hujan agar bebas patek. Petani bisa menikmati hasilnya dengan harga cabe hari ini yang tinggi saat musim hujan.

Menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cabe keriting merah yang kita tanam agar bebas hama penyakit saat kita tanam. Tips dan ulasannya petani bisa baca dalam artikel di bawah ini!.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Musim Hujan Bebas Patek

Tanaman Cabe Komoditi Pertanian Penting Di Indonesia

Cabe Keriting Komoditi Ekspor

Cabe merupakan tanaman budidaya yang cukup sensitif terhadap cuaca, hama dan penyakit.

Menanam cabe secara umum memerlukan ketrampilan dan pengalaman khusus terutama budidaya cabe partai besar. Modal budidaya cabe relatif tinggi dan risiko penanamannya juga cukup tinggi.

Sehingga pada masa-masa tertentu, ditemui kondisi bahwa pasokan cabe kurang karena 2 hal tersebut modal dan risiko. Hal inilah yang dapat membuat harga jual cabe melesat tinggi hingga membuat gempar perekonomian dalam negeri.

Cabai keriting unggul jenis sayuran bernilai ekonomis tinggi dan mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Antioksidan pada cabe keriting berfungsi menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Anti-Oksidan terbanyak terdapat pada cabe hijau.

Zat Capsaicin dalam cabe keriting bermanfaat mengendalikan penyakit kanker. Vitamin C yang terkandung dalam cabe cukup tinggi dan cukup memenuhi kebutuhan harian kita. Capsaicin memberikan sensasi rasa pedas dan kehangatan panas bila menjadi rempah-rempah atau bumbu dapur.

Jenis dan merk Cabe keriting yang bagus mudah petani tanam baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi. Jenis bibit cabe keriting unggul mudah perawatan dan mudah penanaman sehingga dapat petani tanam pada lingkungan rumah.

Bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa membeli pada pasar tradisional. Tanah yang baik untuk cabe keriting adalah tanah yang kaya humus, gembur dan bersifat sarang, tidak tergenang air dan pH tanah sekitar 5 – 6.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Sios Tavi Membuat Petani Untung

Varietas Cabai Keriting Tahan Virus Dan Favorit Petani

cabe keriting, cabe merah, menanam cabe, jual benih cabe, lmga agro
Cabe Keriting Flash F1

Varietas cabai keriting tahan virus dan jenis cabai keriting yang tahan penyakit berikut ini akan menjadi referensi bibit cabe merah keriting yang bagus dan termasuk benih cabe keriting merah tahan penyakit serta bibit cabe hibrida yang bagus untuk usaha budidaya tanaman kebun Anda.

  1. Bibit cabe keriting F1 HAI-LUX produk PT Agrotech Sinarindo ( AGSI ) dengan merk dagang Eston Seed. Cocok pada lingkungan dataran rendah sampai dataran tinggi. Benih cabe keriting HAI-LUX F1 merupakan merk bibit abe keriting yang bagus dan tahan virus kuning Gemini, cabe tahan patek, thrips, mite dan penyakit layu. Jumlah buah 150 – 180 buah/tanaman. Hasil panen 1 kg/tanaman. Umur panen 75 – 80 hst dan potensi hasil 23 – 25 ton/ha. Tahan simpan dan pengangkutan.
  2. Cabe LENTUR F1 Cap Panah Merah. Bibit cabe keriting panah merah cocok untuk dataran tinggi. Cabe LENTUR F1 termasuk jenis cabai keriting yang tahan penyakit seperti tahan layu bakteri dan Phytopthora dan tahan cacar. Lentur, tidak mudah patah dan tahan pengangkutan. Umur panen 100 – 106 hst dan potensi hasil 25 – 29 ton/ha.
  3. Cabai keriting LAJU F1 Cap Panah Merah. Bibit cabe merah keriting yang bagus dan rekomendasi untuk dataran rendah. Cabe keriting LAJU F1 termasuk jenis cabai keriting yang tahan penyakit seperti Tahan Bacterial Wilt dan Phytopthora. Umur panen 90 – 95 hst dan potensi hasil 26 – 27 ton/ha.
  4. Cabai keriting LABA F1 Cap Panah Merah. Bibit cabe keriting Panah Merah rekomendasi untuk dataran rendah sampai menengah. LABA F1 termasuk jenis cabai keriting yang tahan penyakit seperti tahan penyakit layu bakteri dan busuk batang. Umur panen 90 – 95 hst dan potensi hasil 18 – 20 ton/ha.
Baca Terus Cabai Keriting Terbaik Favorit Petani
  1. Benih cabai keriting terbaik RED KRISS dari Takii Seed. Termasuk bibit cabe merah keriting yang bagus dan varietas cabai tahan antraknosa/patek dan layu bakteri. Ujung buah lurus dan tidak mudah menguning. Potensi hasil 27 ton/ha.
  2. Varietas cabai keriting terbaik RIMBUN 3 F1 Cap Kapal Terbang. Bibit cabe merah hibrida yang bagus dan persentase bunga menjadi buah tinggi. Tanaman toleran kekurangan Calcium. Buah lentur sehingga tidak mudah rusak saat dikemas dan pengiriman. Tanaman tahan virus Gemini. Umur panen 84 hst dan potensi hasil 21 ton/ha.
  3. Varietas cabai keriting RED SABEL F1 dari Takii Seed Jepang. Merk bibit cabe keriting yang bagus dan cocok untuk dataran menengah sampai tinggi. Cabe Red Sabel termasuk jenis cabai keriting yang tahan penyakit seperti tahan penyakit layu bakteri, Thrips dan mite. Persentase bunga menjadi buah tinggi. Potensi hasil 25 ton/ha.
  4. Benih cabai keriting terbaik SIOS TAVI F1 dari Bisi International. Varietas cabai tahan antraknosa/patek, layu bakteri hingga sudah anti virus terbaik. Cabe Sios Tavi menjadi bibit cabe keriting tahan virus kuning terbaru saat ini. Ujung buah lurus dan tidak mudah menguning. Potensi hasil 20 ton/ha.

Varietas Cabai Keriting Tahan Virus Dan Favorit Petani ( 2 )

cabe keriting, cabe merah, menanam cabe, jual benih cabe, lmga agro
Cabe Keriting Hai Lux F1
  1. Cabai keriting KASTILO hibrida Cap Panah Merah. Bibit cabe merah keriting yang bagus rekomendasi untuk dataran menengah sampai tinggi. Cabe Kastilo termasuk jenis cabai keriting yang tahan penyakit seperti tahan layu bakteri dan Phytopthora. Buah lentur dan tidak mudah patah. Potensi hasil 25 ton/ha.
  2. Cabe keriting FLASH F1 Cap Kapal terbang. Varietas cabai merah keriting terbaik tahan terhadap kekurangan Calcium. Umur panen 84 hst dan potensi hasil 21 ton/ha.
  3. Cabe keriting IGGO F1 Cap Kapal Terbang. Benih cabai keriting terbaik tahan layu bakteri, virus, hama Thrips dan Aphid. Cocok untuk dataran rendah sampai menengah. tahan pengiriman jarak jauh. Umur panen 70 hst dan potensi hasil 19,8 ton/ha.
  4. Cabai keriting LADO F1 Cap Panah Merah. Bibit cabe keriting Panah Merah rekomendasi untuk dataran rendah sampai tinggi. Varietas cabai tahan antraknosa atau cabe tahan patek dan layu bakteri. Buah lentur dan keras, tidak mudah patah sehingga tahan pengangkutan. Potensi hasil 1,5 kg/tanaman.
  5. Varietas cabai keriting OR TWIST 42 dari Oriental Seed Indonesia. Jenis bibit cabe keriting unggul terbaik tanaman tinggi dengan kanopi yang rapat. Tanaman tumbuh kokoh. Rasa pedas. Umur panen 83 – 86 hst dan potensi hasil 16 – 20 ton/ha.
  6. Cabai keriting TM 999 F1 dari TM SEEDS. Bibit cabe merah keriting yang bagus dan termasuk varietas cabai tahan antraknosa atau cabe tahan patek dan layu. Umur panen 80 – 100 hst. Buah padat dan keras sehingga tahan pengangkutan jarak jauh.
  7. Cabai keriting VERY WELL F1 dari Tunas Seed. Untuk dataran rendah sampai tinggi. Merupakan jenis merk bibit cabe keriting yang bagus dan berukuran besar. Panen umur 85 hst. Persentase bunga menjadi buah tinggi. Tanaman tahan serangan Thrips dan Mite. Potensi hasil 27 ton/ha. Buah lentur dan tidak rusak saat pengepakan.

Baca Juga : Fungsi ZPT Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

Macam-Macam Olahan Cabe Keriting

Cabai keriting unggul diolah sebagai bumbu masakan pemberi rasa pedas. Banyak sekali masakan olahan menggunakan cabe keriting. Baik masakan maupun sambal pedas.

Dan satu lagi yang populer yaitu cabai keriting kering.  Cabe keriting memang sering dibuat kering karena dapat bertahan lama dan rasa pedasnya masih tajam. Cabai merah keriting juga cocok bahan sambal matah, bon cabe dan ayam geprek.

Cabai keriting kering dapat menjadi alternatif bumbu yang tak kalah pedas bila dalam bentuk basah. Cabe kering  sering terdapat dalam kuliner Asia.

Untuk Indonesia, orang Sumatra lebih sering menggunakan cabe merah kering termasuk cabe keriting karena rasa pedasnya lebih tajam bila dalam bentuk kering.

Rasa pedas cabai keriting kering tidak berbeda bila dalam keadaan segar, karena cabe hanya dikeringkan sampai kandungan airnya habis. Bobot cabe kering otomatis lebih ringan namun rasa pedasnya masih kuat dan menyengat.

Untuk menggunakan cabai keriting kering, kita harus merendamnya utuh dalam air panas hingga mengembang dan teksturnya lunak. Setelah itu tiriskan dan gunakan sebagai bumbu masak setelah melalui proses penumbukan, misalnya. Atau dapat juga cabe keriting kering dicincang kasar atau halus sesuai selera.

Selain memberikan rasa pedas yang kuat, cabai keriting kering juga memberikan warna merah yang lebih bagus. Seperti pada masakan sambal goreng atau kari.

Untuk persediaan rumahan, belilah cabe keriting kering seperlunya saja untuk 2 sampai 3 kali pemakaian. Cabe keriting kering akan berkurang rasa pedasnya bila disimpan terlalu lama. Cara menyimpannya dalam wadah tertutup dan kering.

Baca Juga : Menanam Cabe Keriting Benih OR Twist 42 Hibrida

Budidaya Cabe Merah Keriting

Budidaya cabe merah keriting unggul untuk mendapatkan hasil yang maksimal, langkah-langkah budidaya cabe keriting adalah :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *