Fungsi ZPT Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

Beri Penilaian
zpt, zat pengatur tumbuh, Giberellin, zpt adalah, harga zpt, bigest, lmga agro, jual bigest murah, bigest 40 ec
ZPT Bigest 40 EC

Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) adalah persenyawaan organik yang dalam jumlah sedikit saja dapat merangsang, menghambat hingga mengubah pola pertumbuhan dan perkembangan tanaman. ZPT yang tanaman hasilkan kita sebut fitohormon. Rev. 15/01/21.

Hormon tumbuhan (fitohormon) adalah sekumpulan senyawa organik, baik yang terbentuk secara alami maupun buatan manusia (sintetik) dan hormon atau ZPT memiliki peran yang penting dalam dunia pertanian.

Pemahaman mengenai jenis, fungsi hingga dosis penggunaan hormon terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman adalah hal yang perlu dan khususnya bagi petani untuk ketahui. Karena penggunaan ZPT tersebut harus memberikannya dengan tepat.

Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dalam dosis sedikit saja mampu memberikan efek atau reaksi secara biokimia, fisiologis dan morfologis bagi tanaman budidaya.

ZPT bukan termasuk hara atau nutrisi, perbedaan terletak pada fungsi, bentuk maupun senyawa penyusunnya.

Tanaman secara alami mampu memproduksi ZPT sendiri (endogen) untuk mendukung pertumbuhannya dan selain itu pertumbuhan tanaman juga bisa terpengaruhi oleh hormon dari lingkungannya (eksogen).

Hormon eksogen inilah merupakan hormon pertumbuhan tanaman buatan manusia (sintetik) yang memiliki peran sama seperti hormon endogen.

Saat ini sudah banyak tersedia produk pupuk serta fungisida yang ada kandungan Zat Pengatur Tumbuh, baik yang terbuat dari bahan kimia maupun organik. Misalnya : Atonik, Super Gibb, Biggest, Wonder Gibb, Anrin Inhibitor dan sebagainya.

JENIS ZPT

Jenis-jenis Zat Pengatur Tumbuh yang umum masyarakat kenal antara lainnya auksin, sitokinin, giberelin, etilen/etena/gas etilen, paclobutrazol dan inhibitor.

Berikut ini akan kita ulas lebih dalam mengenai fungsi/manfaat dari masing-masing Zat Pengatur Tumbuh tersebut :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.