Jual Benih Cabe Lado F1 Murah: Rahasia Sukses Budidaya Yang Terpercaya

Menanam Cabe Terbaik Di Persemaian

Pembibitan Cabe Lado, Cabe Lado, Cabai Lado, Benih Cabe Lado, Bibit Cabe Lado, Cabe Merah Keriting Lado, Bibit Cabe Lado, Benih Cabe Keriting Lado, Panah Merah, East West, Ewindo, Cara Menanam Cabe, Lmga Agro, Toko Pertanian, Toko Benih Sayuran, Toko Tani
Pembibitan Cabe Lado

Benih cabe Lado mempunyai hasil kualitas terbaik jika kita awali dengan persemaian yang benar. Ini harus jadi langkah tahap awal dalam budidaya cabe.

Semai cabe merah keriting Lado bertujuan mendapatkan bibit atau calon tanaman sehat, kuat dan kokoh serta dapat tumbuh seragam melalui proses penyulaman.

Media persemaian yang baik sangat penting untuk menunjang pertumbuhan bibit cabe di persemaian.

Persiapan media persemaian kita sesuaikan dengan sifat masing – masing bahan. Dan diharapkan media persemaian yang kita pilih dapat menumbuhkan bibit cabe yang siap tanam.

Syarat media yang baik untuk persemaian adalah :

  • Media tidak mengandung racun.

  • Bisa mengikat air untuk tumbuhnya benih.

  • Media mengandung cukup unsur hara untuk tanaman.

  • Mampu menyediakan cukup oksigen  selama proses perkecambahan.

  • Media tidak mudah rusak selama proses persemaian dan berkecambahnya benih.

Untuk mendapatkan media yang baik, yaitu yang subur dan gembur bisa kita peroleh dengan cara mencampurkan beberapa bahan media sesuai kebutuhan.

Tanah yang baik untuk persemaian yaitu yang berada pada lapisan subsoil karena pada lapisan ini tanah sedikit mengandung mikro-organisme patogen.

Sebelum kita gunakan, agar gembur dan halus, bahan media harus kita ayak lebih dahulu. Bahan media yang baik adalah campuran tanah, kompos dan pasir dengan perbandingan yang sama.

Bila ada arang sekam pada sekitar Anda, dapat juga kita pakai sebagai campuran media.

Baca Juga : Bibit Cabe Tangguh F1 Benih Terbaru Dari Panah Merah

Cara Mendapatkan Bibit Cabe Berkualitas

Menyiapkan media yang akan kita gunakan, dicampur rata selanjutnya dimasukkan dalam polybag ukuran 8 x 9 cm, terisi sampai 90% dari tinggi plastik. Bagian bawah polybag dilubangi untuk lewatnya air keluar.

Selanjutnya polybag-polybag atur rapi berjajar, tidak terkena sinar matahari langsung. Dapat juga kita beri naungan atau atap penutup dari plastik.

Bila ada biaya lebih, persemaian kita beri jaring untuk menghindari datangnya hama serangga. Siram media semai dengan air secukupnya.

Benih cabe Lado kita rendam dalam air hangat kuku selama 3 – 4 jam lalu keringkan/tiriskan.

Tambahkan ZPT secukupnya atau menggunakan larutan bawang merah untuk mempercepat perkecambahan. 

Setelah benih kita tiriskan, benih ditanam pada media semai satu per satu. Lalu tutup dengan tanah halus secukupnya yang sudah diayak.  

Semprot dengan insektisida untuk mencegah serangan semut atau serangga lainnya. Semprot media bila tampak kering.

Biasanya benih akan tumbuh serempak pada hari ke-6 atau ke-7. Benih cabe Lado akan menjadi bibit siap tanam setelah 23 – 25 hari setelah semai.

Cara Pemupukan Budidaya Cabe

Pemberian pupuk daun dan ZPT pada tanaman cabe menggunakan cara semprotkan langsung ke daun dan batang. Berbeda dengan pemberian pupuk melalui akar tanaman.

Namun ada pula pemberian ZPT saat pembenihan dengan cara merendam benih dalam air yang sudah kita beri ZPT sebelum benih anda semai.

Kelebihan penyemprotan melalui daun adalah tanaman lebih cepat menyerap unsur hara dalam pupuk bila kita bandingkan melalui akar.

Pemupukan cabe keriting harus sesuai dengan fase serta umur tanaman cabe saat ini.

Nutrisi dan unsur hara tanaman yang sesuai membuat produktivitas cabe Lado East West ini akan bisa produksi optimal.

Pupuk melalui daun tidak merusak tanah dan tunas dapat cepat tumbuh. Pemupukan lewat daun juga efektif pada tanah yang kurang subur dan pada lahan kering.

Petani menyemprotkan pupuk daun karena pupuk daun terdapat juga unsur mikro. Hal ini tidak terdapat pada pupuk seperti Urea, SP-36, ZA, TSP hingga KCl.

Unsur hara mikro lengkap berkualitas terbaik serta jadi kebutuhkan tanaman memang sedikit tetapi perannya sangat penting bagi tanaman.

Kekurangan unsur mikro esensial mengakibatkan pertumbuhan tanaman budidaya kita kurang maksimal.

Budidaya cabe keriting walaupun lebih mudah dan mempunyai daya adaptasi yang luas. Budidaya cabai ini tetap membutuhkan pengetahuan, ketekunan dan konsentrasi agar hasil panen cabe bisa balik modal.

Begitu juga dengan ZPT, petani memilih memberikan ZPT dengan tepat.

ZPT  selain untuk memacu pertumbuhan tanaman dapat mencegah gugurnya bunga dan buah, memperbaiki mutu buah dan hasil buah meningkat.

Dari hasil penelitian dan pengamatan, pemberian ZPT dapat meningkatkan hasil sampai 50% yang juga dengan dukungan  pemupukan yang berimbang.

Kami sarankan untuk memberikan ZPT pada benih cabe Lado F1 sesuai yang tertera pada kemasan dan tidak berlebihan.  Penyemprotan yang baik adalah pada pagi hari saat tanaman aktif ber-fotosintesis. 

Baca Juga : Tanaman Cabai Lado Andalan Cap Panah Merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *