JUAL BENIH CABE MERAH RESTU CAP KAPAL TERBANG

  • Melakukan pemupukan dasar yang lengkap, tepat dan seimbang.

  • Mengendalikan serangga vektor penyebar virus/jamur/bakteri, dengan menyemprotkan pestisida yang tepat dan sesuai dosis yang tertera di petunjuk kemasan. Toko pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi mengenai pestisida yang tepat untuk mengatasi gangguan yang terjadi di lapangan.

  • Pemakaian mulsa plastik hitam perak juga efektif untuk menekan serangan hama. Mulsa plastik dimana warna perak yang bagian atas dapat memantulkan cahaya matahari dan di siang hari menakutkan bagi hama seperti aphids dan thrips. 

  • Melakukan rotasi atau pergiliran  tanaman  untuk memutus siklus hidup organisme pengganggu.

Pada dasarnya asalkan syarat tumbuhnya terpenuhi, tanaman cabe dapat tumbuh optimal dan baik di segala musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan.

Dan berdasarkan dari pengalaman yang telah dilakukan, waktu yang ideal yaitu menanam cabai di musim kemarau dan panennya dilakukan di musim hujan.

Hal ini untuk menghindari fluktuatifnya harga cabe yang tidak pasti selain itu serangan hama dan penyakitnya lebih rendah.

Budidaya cabe baik di musim hujan maupun musim kemarau sama-sama beresiko gagal panen. Penyebab kegagalan dari cara menanam cabe di dua musim tersebut terletak pada penyebabnya. Yaitu bila di musim kemarau gagal panen karena kekurangan pasokan air tetapi di musim penghujan berlebihan pasokan airnya.

Budidaya cabe di musim hujan seringkali ditemui kondisi cuaca yang tidak kondusif, curah hujan yang tinggi diikuti kelembaban yang tinggi pula.

Beberapa jamur dan bakteri berkembangbiak dengan cepat dengan kondisi lingkungan yang demikian.

Tak sedikit justru petani yang memilih  melakukan penanaman cabe di musim penghujan karena pasokan air yang selalu tersedia di musim penghujan.

BACA JUGA : JUAL ALAT KOCOR TANAMAN MURAH ANDALAN PETANI

HAMA TANAMAN CABE
  1. Ulat GrayakSpodoptera litura ). Sering disebut dengan ulat tentara karena menyerang dengan cara berkelompok dan bergerombol dalam jumlah banyak. Ulat grayak menyerang daun muda sampai daun tua. Daun yang terinfeksi akan berlubang meranggas. Ulat grayak juga dapat menghabiskan seluruh daun tanaman.

  2. Ulat Buah ( Helicoverpa sp. ) menyerang buah cabe yang muda dan masih hijau dengan cara membuat lubang dan memakan daging buah. Buah yang terserang akan berlubang di bagian dalam dan kemudian buah menjdi menguning dan rontok.

  3. Kutu KebulBemisia tabaci ). Hama ini berwarna putih, bersayap dan tubuhnya diselimuti serbuk putih mirip lilin. Hama ini menyerang dan menghisap cairan daun tanaman sehingga sel-sel jaringan daun menjadi rusak. Kutu kebul merupakan vektor utama virus Gemini penyebab penyakit Bulai.

  4. Lalat Buah menginfeksi buah cabe dengan cara menusukkan ovipositornya atau menyimpan telurnya dalam buah dan setelah itu menetas di dalam buahnya. Telur lalat yang telah menetas akan menjadi larva dan memakan daging buah hingga buah menjadi busuk, menguning dan rontok. Serangan lalat buah dapat dicegah dan dikendalikan dengan memasang perangkap berupa atraktan atau lem perangkap.

Demikian artikel tentang Cabe Merah Restu F1 dari PT BISI International Tbk. Benih dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 (telepon) dan 08125222117 (sms/wa). Kami juga melayani konsultasi pertanian gratis yang bisa Anda sampaikan pada jam dan hari kerja.

BACA JUGA : BENIH CABE BESAR PILAR F1 CAP PANAH MERAH

Toko pertanian Online LMGA Agro siap mengirim pesanan benih cabe merah Restu cap Kapal Terbang atau jenis varietas lain juga sarana dan prasarana pertanian, dengan cepat di seluruh wilayah Indonesia menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *