BENIH CABE BESAR PILAR F1 CAP PANAH MERAH

BENIH CABE BESAR PILAR F1, CABE BESAR PILAR, CABE PILAR CAP PANAH MERAH
BENIH CABE BESAR PILAR F1

WWW.LMGAAGRO.COMBenih cabe besar Pilar F1 merupakan benih cabe besar hibrida yang memiliki banyak keunggulan. Benih cabe besar Pilar F1  dapat dibeli di Toko pertanian On Line LMGA AGRO  Bp. Budi : Telp. 082141747141 atau SMS/WA 08125222117. Benih cabe besar Pilar F1 cocok untuk ditanam di Indonesia yang beriklim tropis dan dapat diandalkan karena memiliki potensi hasil yang tinggi. Banyak varietas jenis cabe yang terus dibuat oleh pabrikan benih karena tanaman cabe merupakan komoditas penting di Indonesia.

Cabe besar merupakan sayuran favorit orang Indonesia karena sebagian besar orang Indonesia menyukai makanan yang berasa pedas. Makanan pedas mampu meningkatkan nafsu makan dan menimbulkan rasa bahagia dan senang bagi penyuka makanan pedas.

BENIH CABE BESAR PILAR F1 CAP PANAH MERAH

Benih cabe besar Pilar F1 cap Panah Merah merupakan benih cabe besar unggul direkomendasikan untuk  dataran menengah hingga dataran tinggi. Buah berukuran besar dan berwarna merah cerah mengkilap. Benih cabe ini diproduksi oleh PT East West Seed Indonesia. Tanaman cabe besar Pilar F1 merupakan jenis tanaman yang tinggi dan toleran terhadap suhu iklim tropis.

Cabe besar pilar F1 juga merupakan jenis benih cabe besar F1 dataran tinggi. Benih cabe besar Pilar F1 ini memiliki ketahanan dari penyakit layu, bakteri dan penyakit Phythopthora, dapat dipanen pada umur 100 – 110 hst. Buah yang dipanen memiliki bobot per buah 19 – 20 g. Potensi hasil 18 – 22 ton/ha.

Cabe besar pilar F1 merupakan tipe tanaman tegak dan tinggi, buahnya berbentuk silindris memiliki panjang rata-rata 17 cm dan diameter 2 cm. Buah berwarna merah mengkilap yang tebal, tidak mudah pecah dan toleran ujung buah kuning.

Penyakit Busuk Phythopthora

Penyakit busuk phytopthora yang menyerang tanaman cabe besar setara dengan serangan penyakit layu Fusarium dan layu bakteri ataupun antraknosa. Penyakit phytophtora sering kurang diperhatikan hingga menimbulkan kerugian pada budidaya cabe besar.

Penyakit Phytopthora disebabkan oleh cendawan atau patogen Phytopthora capsici yang mampu menimbulkan kerusakan parah pada hampir semua bagian tubuh tanaman cabe. Karena itulah, cendawan tersebut sering disebut plant destroyerof capsicums atau perusak tanaman cabe-cabean. Bagian tanaman yang diserang mulai dari akar, batang, hingga pada buah cabenya.

BACA JUGA : BENIH CABE PILAR LMGA AGRO

CABE BESAR

Cabe besar termasuk pada cabe merah, memiliki nama latin Capsicum annum. Cabe merah ada 2 jenis yaitu cabe besar dan cabe keriting. Cabe merah besar memiliki warna buah yang merah menyala, bentuk buah yang besar, gemuk, panjang dan ujung yang lancip.

Memasak cabe merah biasanya dengan diulek/diblender dan dijadikan bumbu sambal goreng, balado, ayam rica-rica, rendang dan masakan bumbu merah lainnya. Kulitnya yang kaku dan kokoh sering dijadikan hiasan masakan atau garnis.

Cabe merah keriting sesuai namanya bentuknya keriting dan warna merah terang. Ukuran buah panjang dan lancip dengan diameter yang kecil. Rasa dari cabe keriting tidak begitu pedas dan biasanya diolah dengan dipotong serong sebagai campuran tumisan.

SYARAT TUMBUH TANAMAN CABE BESAR

Menanam benih cabe besar Pilar F1  potensi hasil tergantung pada lingkungan penanamannya. Cabe besar Pilar F1 cocok tumbuh di datarn menengah sampai dataran tinggi. Mendapatkan sinar matahari selama 8 – 10 jam per harinya. Suhu lingkungan yang sesuai antara 24 – 28 °C. Kelembaban harus terus dijaga yaitu sebesar 80 % dan pH tanah sekitar 6 – 7.

BACA JUGA : CARA PETANI SUKSES BUDIDAYA CABE

Tanaman dapat ditanam pada tanah sawah maupun tegalan. Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman cabe yaitu yang memiliki banyak bahan organik, bertekstur remah, gembur tidak terlalu liat, tidak terlalu porous dan liat, dan bebas dari penyakit.

CARA MENANAM CABE BESAR

Cara Menyemai Benih Cabe Besar Pilar F1

Menyemai bibit menggunakan benih cabe besar Pilar F1 yang unggul. Benih dipilih adalah benih yang utuh dan sehat, sebelum ditanam benih direndam dalam air hangat selama 3 jam. Benih yang baik adalah benih yang tenggelam.

Penanaman benih dapat menggunakan polybag atau menggunakan baki semai atau media bedengan. Lokasi untuk menyemai terhindar sinar matahari dan air hujan langsung. Atau bisa juga menggunakan naungan dari paranet atau ditutup plastik atau koran yang dapat dibuka tutup.

BACA JUGA : CARA SUKSES MENANAM CABE BAJA HASIL 29 TON

Penyemaian pada bedengan yang bertanah gembur dapat ditutup alang-alang setelah benih ditanam. Hal tersebut bertujuan agar benih tidak tergerus air hujan langsung dan hilang. Bedengan ditabur pupuk kandang dan TSP agar bibit cepat tumbuh.

Persiapan Lahan Menanam Cabe Besar

Persiapan lahan dilakukan sambil menunggu bibit tumbuh. Pertama lahan dibersihkan dari kotoran, batu dan gulma. Lalu tanah digemburkan, dibajak atau dicangkul kemudian ditaburi pupuk kandang. Setelah selesai, lalu membuat bedengan dengan lebar 1 m dan panjangnya 1,5 m atau disesuaikan dengan luas lahan kita.

BENIH CABE BESAR PILAR F1, CABE PILAR F1, BENIH CABE PILAR, CAP PANAH MERAH
BENIH CABE BESAR PILAR F1

Tinggi bedengan 30 cm dan jarak antar bedengan 40 cm. Setelah itu bedengan dapat dibiarkan selama 1 minggu. Setelah 1 minggu, bedengan dapat ditutup dengan mulsa plastik hitam perak. Pemasangan mulsa sebaiknya pada siang hari karena saat matahari terik, mulsa plastik mudah dipasangkan pada bedengan.

Setelah mulsa terpasang pada bedengan, langkah selanjutnya yaitu membuat lubang tanam dengan jarak tanam cabe 60 – 70 cm dengan pola zig-zag.

Cara Menanam Bibit Cabe Besar Pilar F1

Saat menanam bibit yang tepat adalah setelah muncul 3 helai daun dan saat curah hujan tidak terlalu banyak. Setelah lahan siap juga ditami, bibit dapat dipindah ke lahan tetap. Bibit dikeluarkan dari media semai lalu ditanam pada lubang tanam yang sudah siap sebelumnya.

Selanjutnya ditutup tanah dan tanaman disiram air sampai basah. Di sekitar tanaman bisa ditambahkan pupuk kandang untuk menyediakan unsur hara bagi tanaman.

Cara Perawatan Tanaman Cabe Besar Pilar F1

Saat musim kemarau, penyiraman lebih sering dilakukan yaitu setiap hari saat pagi dan sore hari. Dapat juga melakukan penggenangan lahan namun dilakukan dengan interval 2 minggu sekali.

Bila ada bibit yang ditanam tersebut mati, sakit atau tampak kurang segar atau rusak maka bibit segera diganti dengan bibit yang baru dan yang sehat. Penyulaman tanaman dilakukan sampai berumur 2 minggu saja. Tanaman cabe selama tumbuhnya perlu dipasangkan ajir.

BACA JUGA : CABAI BESAR PILAR F1 RAJA CABAI DATARAN TINGGI

Tongkat bambu ditancapkan kurang lebih 4 cm dari pangkal batang. Pemasangan ajir dapat dimulai pada hari ke-7 setelah tanam dan saat tanaman berumur 1 bulan, tanaman diikatkan pada ajir.

Pupuk susulan Tanaman Cabe Besar

Pupuk susulan diberikan 2 minggu sekali dengan cara diberikan langsung pada lubang tanam. Cara pemberian pupuk susulan yang praktis yaitu menggunakan pupuk organik cair dengan perbandingan 100 ml per tanaman.

Dalam pupuk cair tersebut dapat juga ditambahkan pupuk NPK, atau campuran Urea, TSP dan KCL. Atau dapat juga menggunakan pupuk kandang atau kompos sebanyak 500 – 700 g per tanaman. Selanjutnya pemberian pupuk diberikan setiap selesai pemanenan.

Perempelan atau Pemotongan Tunas Liar

Perempelan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas produksi cabe besar. Perempelan dilakukan pada bagian tunas-tunas samping yaitu memotong 2 – 3 tunas liar yang tumbuh pada batang utama tanaman.

Tujuan pemotongan tunas liar ini adalah untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah sehingga penampilan tanaman cabe akan bagus dan berbuah lebat.

Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Cabe Merah Besar

Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan secara mekanis dan kimiawi. Secara mekanis dilakukan sejak pembibitan yaitu dengan melakukan perawatan tanaman yang baik dan benar.

Lahan tanaman harus selalu bersih dari rumput-rumput liar yang kadang dijadikan tanaman inang. Kelembaban tanah diperhatikan dan tidak terlalu lembab atau basah yang dapat menyebabkan tanaman cepat busuk.

BACA JUGA : PENANGGULANGAN PATEK PADA TANAMAN CABAI

Panen cabe besar Pilar F1 dapat dilakukan pada umur 100 – 110 hst saat buah cabe besar berwarna merah cerah, buah sudah keras, panjang buah sudah maksimal dan pemukaan buah tampak mengkilap.

BENIH CABE BESAR PILAR F1, CABE PILAR, CABE MERAH PILAR, CABE BESAR F1 PILAR, CAP PANAH MERAH
BENIH CABE BESAR PILAR F1

Interval pemanenan 2 – 5 hari sekali sesuai dengan kematangan buah.  Potensi hasil cabe besar Pilar F1 adalah 18 – 22 ton/ha. cara panen yaitu dengan memetik cabe besar beserta tangkainya agar dapat bertahan lama selama disimpan. Pemetikan buah cabe besar saat pagi hari karena buah masih tampak segar bila pagi hari.

Demikian ulasan kami tentang benih cabe besar Pilar F1 cap Panah Merah beserta cara menyemai bibit dan cara menanam cabe besar. Lebih jelas tentang benih cabe besar Pilar F1 cap Panah merah dapat konsultasi dengan  kami di Toko On Line LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi) menyediakan benih, pestisida, pupuk, dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau.

BACA JUGA : JUAL MURAH BENIH CABAI COLUMBUS CAP KAPAL TERBANG

Kami juga melayani konsultasi GRATIS budidaya pertanian tanaman hortikultura. Hubungi LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117. Selamat mencoba .

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *