BUDIDAYA MELON ERNA MUTIARA BUMI PETANI PEMULA

PUPUK DASAR DALAM BUDIDAYA MELON ERNA

Pembagian  pupuk dasar di budidaya melon Erna Cap Mutiara Bumi ini di bagikan secara merata di kedalaman 15 – 20 Cm ( sedalam perakaran melon ), jangan di permukaan. Pembagian pupuk dasar harus di lakukan secara rata ke semua bedengan sehingga nanti pertumbuhan tanaman melon Erna juga akan seragam. Proses pembagian pupuk dasar di bedengan yang tidak merata akan menyebabkan banyak permasalahan di tanaman.

  • PEMASANGAN MULSA  DAN PEMBUATAN LUBANG PUPUK BUDIDAYA MELON PEMULA

Setelah pupuk dasar standar LMGA AGRO ini di bagikan secara merata, maka ratakan kembali bedengan. Langkah berikutnya adalah memasang plastik mulsa untuk budidaya melon Erna. Pemasangan mulsa hitam perak atau mulsa perak – perak harus di lakukan saat terik matahari. Pemasangan yang terik dan panas menyengat membuat mulsa lentur dan akhirnya kencang. Jangan lupa di beri pasak pada mulsanya sehingga tidak robek terkena angin.

Budidaya Melon Erna produk PT. Prabu Agro Mandiri setelah pemasangan mulsa selesai adalah membuat lubang tanam dan lubang pupuk. Jarak tanam ideal untuk menanam melon Erna adalah 60 x 60 Cm di musim kemarau. Untuk di musim penghujan toko pertanian LMGA AGRO merekomendasikan jarak tanam aman 70 x 70 Cm. Buat lubang tanam dengan alat pelubang mulsa yang berdiameter 4″ ( 4 Inchi ). Jangan lupa sekalian buat lubang pupuk jaraknya 15 Cm dari lubang tanam dengan diameter lubang 2″ ( 2 Inchi ). Alat pelubang mulsa dan pelubang pupuk bisa anda beli di toko pertanian LMGA AGRO. Setelah lubang tanam dan lubang pupuk di buat, maka kegiatan selanjutnya adalah memasang bambu penyangga ( Ajir ). Ajir bambu harus segera di pasang untuk menghindari kalau ada angin kencang mulsa tidak robek serta terbawa angin.

PEMASANGAN MULSA DI BUDIDAYA MELON ERNA

Setelah bedengan tanaman melon di tutup dengan mulsa biarkan terlebih dahulu selama 7 hari, dengan tujuan agar sebagian pupuk tercampur dengan tanah, tanah stabil dan dingin. Sehingga tanaman tidak banyak yang mati karena efek dari pupuk ( Amoniak ) yang menguap. Setelah 7 hari proses penanaman budidaya melon Erna sudah bisa di lakukan. Proses tanam di lakukan pagi hari yaitu jam 06.00 – 10.00 atau kalau sore hari bisa di lakukan jam 15.00 – 17.00. Hindari pindah tanam tanaman melon siang hari, karena akan banyak tanaman yang mati.

  • PERAWATAN TANAMAN MELON YANG BAIK DAN BENAR STANDAR LMGA AGRO

Budidaya melon Erna  yang baik dan benar adalah yang susuai dengan kebutuhan dibutuhkan tanaman melon. Berdasarkan pengalaman yang di dapat di lapang maka toko pertanian LMGA AGRO mempunya standar Budidaya dalam perawatan melon antara lain adalah :

       1. Pembersihan tunas air di budidaya melon Erna

Budidaya melon Erna akan di temui tunas air dalam tanaman. Tunas air adalah tunas yang ada di tanaman melon yang tidak produktif, walaupun daun kalau memang tidak produktif bisa di hilangkan. Tunas air di tanaman melon biasanya keluar di ketiak daun. Melon hanya di pelihara satu batang utama. Itu yang menghendaki buah satu pertanaman, kami menyarankan cara ini bagi petani pemula budidaya melon.

Sedangkan bagi petani yang sudah berpengalaman budidaya melon Erna bisa dibuahkan lebih dari satu. Bahkan kalau sudah terampil bisa 2 – 4 buah per tanaman. Untuk yang di buahkan lebih satu bisa menempuh dengan cara di pelihara cabang 2 atau tiga.

MEMBUAHKAN MELON LEBIH SATU DI BUDIDAYA MELON ERNA

Bisa juga di lakukan dengan memotong batang utama di ruas ke 5. Kemudian biarkan tunas tumbuh dan di pelihara 3 yang sama besar untuk di jadikan batang utama. Dari sinilah melon Erna di buahkan. Dengan cara ini maka kita akan mendapatkan buah yang seragam dan sama besar dalam budidaya melon.

       2. Seleksi buah dalam budidaya melon Erna

Budidaya melon Erna Cap Mutiara Bumi memerlukan seleksi buah sehingga di peroleh bakal buah yang nantinya seragam, besar dan bentuk sempurna. Buah melon terbaik adalah yang terletak di ruas ke 11, 12, 13 dan 13. Kegiatan seleksi buah bisa dilakukan saat buah melon berukuran telor ayam kampung. Buah melon Erna yang kita pilih adalah mempunyai ciri sebagai berikut : Ukuran seragam, bentuk agak lonjong, tidak ada luka, serta bentuk sempurna. Buang bakal buah yang busuk, cacat, ada bekas tusukan, tidak seragam, letak di luar ruas 11 – 14. Seleksi harus di lakukan secara ketat dan hati – hati agar kita memperoleh buah yang sempurna. Aktivitas seleksi dalam budidaya melon ini sangat penting dan akan mempengaruhi keberhasilan kita selanjutnya.

       3. Pembersihan gulma dalam budidaya melon Erna

Budidaya melon Erna PT. Prabu Agro Mandiri agar tanaman tumbuh sempurna dan tidak terserang gemini virus, lahan harus bersih dari  GULMA ( Rumput ). Gulma yang tumbuh dalam jumlah banyak menyebabkan tanaman terganggu dan mudah terserang penyakit. Pupuk yang kita berikan akan di ambil oleh rumput. Pengendalian gulma bisa secara manual dengan alat seperti cangkul dan sabit.

MENCEGAH GULMA DI AREA BUDIDAYA MELON ERNA

Pengendalian gulma dengan menggunakan herbisida harus di lakukan secara hati – hati agar tanaman melon tidak ikut tersemprot. Selama budidaya melon Erna gulma harus selalu di bersihkan untuk menjamin pupuk yang kita berikan hanya di serap oleh tanaman melon Erna.

        4. Pembuangan melon yang terserang cacar dan lalat buah

Seleksi buah di lakukan dalam budidaya melon Erna, segera buang apabila ada buah yang terserang cacar buah atau ada gejala di serang oleh lalat buah. Cara ini akan menghindarkan kita dari serangan busuk buah yang bisa terjadi secara masal. Serangan cacar buah dan lalat buah biasanya akan tinggi di saat kita menanam melon di musim penghujan. Buah yang terserang cacar dan lalat buah harus di pendam biar tidak menular.

        5. Pencegahan serangan layu jamur dan bakteri dalam budidaya melon Erna

Menanam melon Erna Cap Mutiara Bumi tidak akan jauh dari serangan yang namanya layu. Serangan mati layu bisa di sebabkan karena jamur maupun bakteri. Keduanya akan dominan menyerang apabila kita Budidaya melon di musim penghujan. Namun bukan berarti serangan layu jamur dan bakteri di tanaman melon tersebut tidak bisa di lakukan pencegahan. Trik ini semula di praktekkan oleh Toko pertanian  on line harga murah LMGA AGRO dan petani binaannya. Sekarang saya tulis di tulisan artikel ini, semoga bermanfaat bagi petani Indonesia. Tentunya bagi mereka yang mau mencoba dan mempraktekkan di tanaman masing – masing.

BACA JUGA : Beli produk Panah Merah

Budidaya Melon Erna dalam menghadapi permasalahan layu baik jamur atau bakteri lebih baik kalau sifatnya mencegah. Pencegahan layu dalam menanam melon Erna bisa di lakukan dengan cara pengocoran dengan obat anti layu “ ARASHI “.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *