TOMAT TAHAN VIRUS TM VISTA MENGISI SEGMEN PASAR SAVIRO

tm vista lmga agro, tm vista, toma, benih tomat, benih tomat tm vista, tomat tahan virus, lmga agro, jual benih, Tomat Tahan Virus TM Vista Mengisi Segmen Pasar Saviro. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Tanaman tomat (Lycopersium esculentum Mill) adalah tumbuhan setahun, berbentuk perdu atau semak, dan dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.

Tanaman tomat memiliki buah yang berwarna hijau, kuning, dan merah. (Rev 22-01-21).

Buah tomat ini biasa kita gunakan sebagai sayur, buah maupun bumbu masakan. Selain itu, manfaat buah tomat juga bisa kita gunakan sebagai bahan kecantikan misalnya masker tomat. Seiring berkembangnya dunia industri makanan dan minuman, tomat pun dicari sebagai bahan bakunya seperti untuk perusahaan saus tomat, makanan kaleng, dan jus tomat kemasan.

Maka tak heran jika saja hal ini membuat kebutuhan dan permintaan buah tomat sangat tinggi. Permintaan buah tomat yang tinggi pada kalangan rumah tangga maupun industri juga harus terimbangi dengan pasokan tomat yang banyak pula dari para petani.

Untuk memenuhi hal tersebut para petani mulai mengembangkan dan memperluas budidaya tomatnya. Budidaya tomat selain menggunakan lahan sawah yang luas juga bisa menggunakan lahan yang sempit seperti pada perkarangan rumah.

Cara bertanam tomat pada perkarangan rumah dapat menggunakan media pot, polybag, ataupun menanamnya langsung pada tanah. Dengan cara ini kita nilai bisa menghemat biaya perawatan dan menambah pendapatan.

Budidaya tomat kini kian meluas dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Produktivitas tomat yang hasil dari setiap tempat pun berbeda-beda, tergantung penggunaan teknik budidaya dan pemilihan benih tomat. Pemilihan benih tomat sebaiknya menyesuaikan dengan ketinggian daerah budidaya.

JENIS-JENIS BENIH TOMAT

Ada jenis benih tomat yang cocok untuk dataran rendah dan ada yang khusus dataran tinggi. Jika tidak melakukan hal ini maka hasil produktivitas tomat akan kurang maksimal. Berikut ini ada contoh-contoh dari benih tomat baik dari dataran tinggi maupun dataran rendah :

  • Benih tomat dataran rendah : tomat F1 Tymoti, tomat F1 Betavila, tomat F1 Servo, tomat F1 Tombatu, tomat F1 Lentana, tomat F1 Tantyna, tomat F1 Permata, tomat F1 Diamona.
  • Benih tomat dataran tinggi : tomat F1 Marta, tomat F1 Topan, tomat F1 Royal, tomat F1 Warani, tomat F1 Ultima, tomat F1 Optima, tomat F1 Natama Super, tomat F1 Toti, tomat F1 TM Vista, tomat F1 TM Marvel, tomat F1 Saviro.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang tomat dataran tinggi yaitu tomat TM Vista dan tomat Saviro. Kedua jenis tomat ini memiliki bentuk, sifat, dan karakter yang hampir sama. Tomat Saviro merupakan tomat dataran tinggi yang banyak tanam terutama pada daerah sentra tomat Sumatra seperti Berastagi, Dolok Sanggul, Kabanjahe, Tapanuli Utara, dan Toba.

Petani tomat dataran tinggi memang sangat mencari Tomat Saviro ini. Namun sangat sayang sekarang sulit mencari keberadaannya karena kekosongan stok dari pabrik. Karena hal tersebut, petani mulai mencari tomat jenis lain yang memiiliki karakter mirip dengan tomat Saviro yaitu tomat TM Vista.

Tomat TM Vista termasuk tomat tahan virus generasi baru yang memiliki sifat dan karakter tanaman serta buahnya yang mirip tomat Saviro. Untuk lebih jelasnya kita lihat ciri-ciri dari kedua jenis tomat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *