JUAL DAN MANFAAT BENIH UNGGUL KENIKIR

Kenikir

KENIKIR (ULAM RAJA) adalah tumbuhan tahunan yang berbatang pipa dengan garis-garis yang membujur. Tingginya dapat mencapai 1 m dan daunnya bertangkai panjang dan duduk daunnya berhadapan, sehingga terbagi menyirip menjadi 2-3 tangkai.  

Apabila meremasnya maka baunya seperti damar. Bunganya tersusun pada bongkol yang banyak terdapat pada ujung batang dan pada ketiak daun-daun teratas, berwarma oranye berbintik-bintik kuning pada tengah-tengahnya, dan bijinya berbentuk paruh.

Tersebar pada Amerika Tengah yang suhunya panas. Ia menyukai iklim panas yang tak begitu lembab, tanah yang berpasir dan subur, tanah terbuka dan penyinaran matahari yang penuh. Pada Indonesia, sayuran ini banyak tanam pada Jawa dan dataran rendah hingga pegunungan sampai ketinggian 1.200 mdpl. Biasanya tanam pada sekitar rumah sebagai tanaman hias.

Untuk sayuran dapat menggunakan daun kenikir yang masih muda dan pucuknya, bisa makan mentah-mentah dan rebus untuk lalap. Masyarakat Jawa sudah biasa menggunakan sebagai salah satu pelengkap pecel. Pada pasar-pasar tradisional dapat menemui sayuran ini.

Penggunaan tumbuhan ini dapat untuk penyedap dan merangsang nafsu makan. Menurut laporan, kenikir dapat mengusir serangga (dengan menanam sayuran ini antara tumbuhan tersebut dan alang-alang).

Dengan biji dapat memperbanyak tumbuhan KENIKIR ini, namun sayang sekali tumbuhan ini pada musim hujan mudah terserang hama jamur.

2 Comments on “JUAL DAN MANFAAT BENIH UNGGUL KENIKIR”

  1. selamat malam Pak Budi,
    bagaimana cara dan syaratnya jika ingin jadi: Agen/Distributor/Dealer Resmi untuk penjualan produk2/bibit2 tanaman yg disini ?

  2. Pak budi, saya mau beli benih kenikir untuk saya tanam dirumah buat konsumsi sendiri. Berapa harga 1 packnya pak untuk benih kenikir? Kirim ke daerah jakarta utara. Tolong info ya.makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *