JUAL DAN MANFAAT BENIH UNGGUL KENIKIR

Peluang Budidaya Kenikir

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa hanya petani yang JELI, ULET dan TIPE PERINTIS yang akan berhasil. Berkaitan dengan ini saya akan membahas dengan peluang pasar dari Tanaman bernama KENIKIR (ULAM RAJA). Kenikir selama ini masih belum banyak membudidayakan secara produktif untuk tujuan konsumsi atau kebutuhan obat herbal.

Namun penulis yakin dengan meningkatnya kebutuhan konsumsi dan obat herbal dari sayuran ini akan semakin meningkatkan jumlah kebutuhan dan konsumsi daun KENIKIR.

Hasil tulisan ini merupakan hasil telaah akan Fungsi dan Manfaat DAUN KENIKIR yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia dan semakin sadarnya masyarakat indonesia akan pentingnya arti hidup sehat.

Hasil Survey dan pengamatan penulis pada pasar Induk Sayur dari hari ke hari permintaan DAUN KENIKIR (ULAM RAJA) untuk Konsumsi segar semakin tinggi. Pada saat saya melakukan Survey pada pasar Induk Sayur Petani 3 tahun lalu, dalam sehari panen sayuran ini hanya 2-3 gerobak FUKUDA (Motor Roda 3).

Kini setelah 3 tahun, permintaan DAUN KENIKIR di Pasar Induk Sayur yang sama sudah 20-25 gerobak FUKUDA (Motor Roda 3). Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa dalam waktu 3 tahun permintaan DAUN KENIKIR ini meningkat hampir 800 %.

KENIKIR atau ULAM RAJA merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin, Amerika Tengah. Tetapi tumbuh liar dan mudah mendapatinya pada Florida, Amerika Serikat, serta Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Spesies ini terbawa ke Asia Tenggara melalui Filipina oleh Spanyol.  

Sayuran ini adalah anggota dari Asteraceae. Manakala tumbuhan bunga yang berwarna kuning jarang penggunaannya sebagai ulam, yang berwarna ungu merupakan sayuran salad yang sangat populer memakannya mentah bersama nasi atau menyacahnya dengan budu, sambal terasi, tempoyak, serta cincalok. Spesies ini sebutannya adalah ulam raja pada Malaysia yang berarti salad raja.

2 Comments on “JUAL DAN MANFAAT BENIH UNGGUL KENIKIR”

  1. selamat malam Pak Budi,
    bagaimana cara dan syaratnya jika ingin jadi: Agen/Distributor/Dealer Resmi untuk penjualan produk2/bibit2 tanaman yg disini ?

  2. Pak budi, saya mau beli benih kenikir untuk saya tanam dirumah buat konsumsi sendiri. Berapa harga 1 packnya pak untuk benih kenikir? Kirim ke daerah jakarta utara. Tolong info ya.makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *