Benih Jagung Ketan Kumala Peluang Bisnis Baru Petani

Jagung Ketan Kumala, Kagung Pulut Kumala, Jagung Putih Kumala, Jagung Ketan, Jagung Pulut, Jagung Putih, East West, East West Seed, Panah Merah, Lmga Agro, Toko Pertanian
  • Kalori : 355 Kalori
  • Protein : 9,2 gr
  • Lemak : 3,9 gr
  • Karbohidrat : 73,7 gr
  • Kalsium : 10 mg
  • Fosfor : 256 mg
  • Ferrum : 2,4 mg
  • Vitamin A : 510 SI
  • Vitamin B1 : 0,38 mg
  • Air : 12 gr

Dan bagian yang dapat kita makan 90 %.

Untuk ukuran yang sama, meski jagung mempunyai kandungan karbohidrat lebih rendah. Namun mempunyai kandungan protein lebih banyak.

Jagung merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya terselesaikan dalam 80-150 hari.

Bulir Jagung mempunyai warna yang beragam. Warna bulir jagung penentunya adalah oleh warna endosperma dan lapisan terluarnya (aleuron).

Satu tongkol jagung dapat memiliki bermacam-macam bulir dengan warna berbeda. Karena setiap bulir terbentuk dari penyerbukan oleh serbuk sari yang berbeda-beda.

Salah satu jenis jagung yang belum banyak tergarap potensi pasar nya adalah Jagung Ketan.

Jagung ketan juga sering kita sebut dengan nama jagung pulut dan jagung ketan (Jagung Pulut) ini sebenarnya sudah lama kita kenal.

Namun pada zaman dulu benih yang tergunakan adalah jagung lokal dengan hasil per luasan masih kecil pada kisaran 2 – 3 Ton/Ha.

Sekilas Info Jagung Ketan

Jagung ketan, juga dikenal sebagai jagung pulut, adalah variasi jagung yang memiliki tekstur lengket dan kandungan pati yang lebih tinggi daripada jagung biasa.

Nama “pulut” merujuk pada sifat klebranya yang mirip dengan beras pulut atau ketan.

Jagung ketan memiliki biji yang berwarna putih atau kuning pucat dan biasanya digunakan dalam hidangan tradisional di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Di sana, jagung ketan sering digunakan untuk membuat kue-kue tradisional, makanan penutup, atau hidangan lezat lainnya.

Salah satu hidangan yang populer menggunakan jagung pulut adalah kuih ketan atau kue ketan.

Kue ketan biasanya terbuat dari jagung pulut yang dikukus atau direbus, kemudian disajikan dengan berbagai topping atau saus seperti kelapa parut, gula merah cair, atau santan.

Selain itu, jagung ketan juga dapat digunakan dalam hidangan gurih seperti lemang.

Lemang adalah hidangan tradisional Malaysia yang terdiri dari beras ketan dan jagung pulut yang dimasak dalam bambu dan dibakar di atas api.

Jadi, jagung ketan adalah variasi jagung yang memiliki tekstur lengket dan sering digunakan dalam hidangan tradisional di beberapa negara Asia Tenggara.

5 Comments on “Benih Jagung Ketan Kumala Peluang Bisnis Baru Petani”

  1. salam kenal,

    artikel yang suiiiippp bgt.

    kalo mau order bibit jagung pulut bagaimana ya… hp blum bisa di hubungi BB blum di invite…
    kasih info donk….

    1. salam kenal ibu,,,mohon maaf dengan keterlambatan merespon pertanyaan ibu. Untuk order bisa langsung telp atau sms nomor yang tercantum. Kalau hp belum bisa dihubungi dikarenakan padatnya telp masuk, mohon terus untuk dicoba. Demikian pula untuk BB, mohon konfirm nama BB via sms untuk di invite. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *